Mitos Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Semua orang tua ingin merawat bayi mereka dengan cara terbaik. Anda mendengarkan setiap saran yang diberikan oleh orang tua Anda di keluarga atau oleh teman-teman Anda ketika datang untuk merawat bayi Anda. Sebagai hasilnya, Anda bahkan mulai mempercayai mitos kuno dan berpikir bahwa itu baik untuk bayi kita. Tetapi benarkah demikian? Berikut akan kami bahas informasi tentang mitos perawatan bayi baru lahir yang umum dan fakta yang terkait dengannya.

1. Mitos: Pijat minyak adalah tradisi kuno yang tidak perlu dilakukan.

Fakta: Pijat dengan minyak sudah lama ada dalam budaya India, tetapi ini tidak berarti bahwa praktik kuno ini harus diganti atau dilakukan tanpa itu. Memijat bayi dengan minyak dianjurkan karena membantu sirkulasi darah yang lebih baik di tubuh bayi Anda dan juga membantu mendorong mereka untuk tidur.

2. Mitos: Tumbuh gigi pada bayi dapat menyebabkan demam.

Fakta: Proses tumbuh gigi pada bayi dimulai sekitar usia 6 bulan dan berlanjut hingga usia 24 bulan. Bayi yang lebih muda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga mereka mudah tertular infeksi atau penyakit lainnya. Jika bayi Anda demam dan ia mulai tumbuh gigi pada saat yang sama, hal itu tidak berarti ia menderita demam karena tumbuh gigi. Anda mungkin melihat sedikit peningkatan suhu bayi Anda jika ia tumbuh gigi, tetapi itu tidak bisa dikatakan demam. Namun, jika bayi Anda demam, maka jangan menganggapnya sebagai gejala tumbuh gigi. Bawalah dia ke dokter agar Anda dapat saran yang terbaik.

3. Mitos: Menggendong bayi dalam jangka waktu yang lama dapat membuat bayi menjadi manja.

Fakta: Satu-satunya cara komunikasi bayi adalah dengan menangis. Menangis adalah cara bayi mendapatkan perhatian orang tuanya dan memenuhi kebutuhannya. Selain itu, selama bulan-bulan awal, bayi membutuhkan lebih banyak kontak kulit ke kulit dan membutuhkan kenyamanan yang konstan. Jadi, jika Anda menggendong bayi Anda, maka tidak ada yang salah dan Anda tidak memanjakannya. Namun, tentu saja Anda juga tidak perlu menggendongnya sepanjang waktu.

4. Mitos: Ibu menyusui harus makan makanan hambar.

Fakta: Sebagai ibu menyusui Anda mungkin diminta untuk menghindari makanan tertentu yang dapat menyebabkan alergi seperti kacang-kacangan, susu, kedelai, kacang tanah, kerang, ikan, dan lain-lain. Namun di luar itu, Anda dapat makan makanan apapun yang Anda inginkan karena dapat membantu bayi Anda mengembangkan rasa untuk berbagai makanan melalui ASI. Hanya saja, Anda harus benar-benar menghindari alkohol, minuman berkafein dalam jumlah berlebihan, dan makanan berbahaya lainnya. Selama beberapa hari Anda juga perlu menghindari makanan pedas tetapi bukan berarti Anda harus makan makanan hambar.

5. Mitos: Bayi yang diberi susu formula lebih sehat.

Fakta: ASI harus menjadi satu-satunya sumber nutrisi bagi bayi selama enam bulan pertama hidupnya. Namun, jika karena alasan tertentu Anda tidak dapat menyusu bayi Anda, Anda akan diminta untuk memberikan susu formula kepada bayi Anda. Hal ini mungkin dapat dikatakan sehat tetapi tidak lebih sehat daripada ASI karena ASI penuh dengan nutrisi dan antibodi yang tidak bisa disandingkan dengan susu formula.

6. Mitos: Bayi yang baru lahir harus selalu berada di dalam rumah.

Fakta: Bayi yang baru lahir biasanya sangat rentan dan membutuhkan perhatian ekstra, oleh karena itu orang menyarankan untuk tidak membawanya keluar. Tetapi tidak ada salahnya membawa bayi Anda keluar dan membiarkannya menghirup udara segar kecuali kondisi cuaca sangat buruk. Membawa bayi Anda keluar rumah juga merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun kekebalan bayi Anda.

7. Mitos: Sereal beras harus ditambahkan ke botol susu sebelum tidur agar tidur mereka nyenyak.

Fakta: Seorang bayi harus diberi hanya ASI dan memberinya makan atau minum melalui botol harus dihindari, sampai atau kecuali Anda tidak dapat melakukannya tanpa itu. Tetapi jika Anda memberikan susu formula, maka Anda harus menunggu setidaknya 4 hingga 5 bulan sebelum Anda menambahkan jenis sereal dalam makanan bayi Anda karena dapat menyebabkan komplikasi medis pada bayi seperti obesitas dan masalah medis lainnya.

8. Mitos: Bayi juga harus diberi minum air.

Fakta: Tidak. Air tidak boleh diberikan kepada bayi sebelum usia enam bulan karena ASI memiliki cukup air untuk memuaskan rasa haus dan lapar bayi.

9. Mitos: Bayi dapat tidur lebih baik jika diletakkan di atas perutnya.

Fakta: Bayi harus selalu dibuat tidur terlentang dan jangan pernah di perut mereka. Membuat bayi tidur dengan perut di bawah membuatnya berisiko terkena SIDS atau sindrom kematian bayi mendadak. Jadi, selalu buat dia tidur terlentang.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Apakah Anak Anda Belum Bisa Atau Telat Berbicara?

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Sebagai orang tua, tentunya Anda akan bersabar menanti kata pertama yang dapat diucapkan anak Anda yang juga dapat membuat Anda merasa kecewa atau khawatir ketika mereka mereka masih belum dapat berbicara. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar anak-anak yang tampaknya “terlambat” belajar berbicara dapat mengejar tanpa masalah pada saat mereka berusia sekitar 2 tahun. Sekitar satu dari empat anak adalah pembicara yang terlambat — dan sebagian besar tidak memerlukan bantuan khusus untuk membuat mereka dapat melakukannya. Berikut adalah garis besar perkembangan anak Anda dalam perkembangan wicara mereka dan bagaimana cara mengetahui apakah Anda perlu menemui spesialis.

Apa Yang Normal?

Meskipun kemampuan wicara berkembang dengan cara yang hampir sama untuk semua anak, waktu yang dibutuhkan dapat sangat bervariasi. Aturan umumnya, anak-anak harus dapat mengatakan satu kata pada sekitar usia 1 tahun, kombinasi dua kata pada 18 bulan hingga 2 tahun, dan kalimat dengan tiga kata sebelum mereka berusia 3 tahun. Menurut hasil evaluasi keterlambatan bicara anak, kemampuan pemahaman sang anak sama pentingnya dengan seberapa banyak dia berbicara. Misalnya, meskipun seorang anak berusia 18 bulan hanya dapat mengatakan 50 hingga 100 kata, dia dapat lebih memahami sesuatu walaupun dia tidak dapat berbicara banyak. Jika anak membuat gerakan seperti menunjuk dan dapat mengikuti instruksi, hal tersebut membuktikan bahwa anak Anda mengerti dan berkomunikasi, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan keterlambatan mereka.

Alasan di Balik Keterlambatan Bicara

Keturunan dan tabiat dapat membuat seseorang terlambat berkembang, contohnya orang tua yang menawarkan setiap kebutuhan anak (dengan bertanya seperti “Apa kamu mau minum susu?”) daripada membiarkan mereka berbicara atau meminta sendiri. Beberapa anak yang cenderung menjadi pembicara yang terlambat termasuk:

  • Anak laki-laki: Mereka sering mengembangkan kemampuan wicara lebih lambat daripada perempuan, meskipun biasanya hanya ada jeda sekitar satu hingga dua bulan. Pada usia 16 bulan, anak laki-laki menggunakan sekitar 30 kata, sedangkan anak perempuan cenderung menggunakan sekitar 50 kata.
  • Bayi prematur: Bayi yang lahir awal seringkali membutuhkan waktu lebih lama daripada yang lain untuk mencapai tahap dia dapat menguasai sesuatu, namun pada usia 2 tahun mereka biasanya dapat mengejar anak sebayanya. Ahli anak mengatakan bahwa ketika mengukur perkembangan bayi prematur, orang tua harus mulai menghitung dari tanggal jatuh tempo anak, bukan tanggal kelahirannya.
  • Anak kembar: Para ahli memperkirakan bahwa sebanyak 50 persen dari semua anak kembar mengalami keterlambatan bahasa. Prematuritas, berat badan saat lahir yang rendah dan intervensi medis saat lahir—yang semuanya terjadi lebih sering dalam melahirkan anak kembar—dapat berkontribusi pada keterlambatan bahasa.
  • Anak-anak dengan infeksi telinga kronis: Jika cairan di telinga bertahan selama berbulan-bulan pada suatu waktu—terutama selama tahun pertama, ketika seorang anak mulai memproses bahasa—hal ini dapat menyebabkan pendengaran yang buruk dan menunda kemampuan wicara.
  • Anak-anak yang fokus pada keterampilan lain: Jika seorang anak terlambat bicara tetapi perkembangan keseluruhannya berjalan sesuai jadwal, ia mungkin hanya mencoba untuk menyempurnakan satu keterampilan, misalnya seperti berjalan.

Tanda-Tanda Anak Anda Mungkin Mengalami Keterlambatan

Sebelum anak Anda mencapai usia 2 tahun, ada banyak variasi dalam apa yang dianggap normal. Tetapi beberapa tanda yang mungkin menunjukkan ia membutuhkan bantuan:

  • Pada usia 1 tahun: Dia tidak mengoceh atau berbicara dalam kalimat buatannya sama sekali, atau dia sepertinya tidak mengerti atau merespons ketika Anda berbicara.
  • Pada usia 18 bulan: Dia belum mengatakan setidaknya satu kata.
  • Pada usia 2 tahun: Dia mengatakan hanya beberapa kata dan berkomunikasi sebagian besar melalui gerutu dan menunjuk, atau dia kehilangan keterampilan bahasa—entah kosa katanya telah menyusut atau dia tidak lagi banyak bicara.
  • Pada usia 2,5 tahun: Dia masih berbicara dalam suku kata tunggal, menjatuhkan konsonan akhir, atau tidak memiliki kosakata sekitar 50 kata.
  • Pada usia 3 tahun: Orang asing tidak bisa mengerti pelafalannya, atau dia berbicara hanya menggunakan frasa dua kata yang sederhana.

Apa Yang Harus Dilakukan?

Sebelum usia 2,5 tahun, mendengarkan suara Anda adalah cara yang bagus bagi anak Anda untuk belajar berbicara, jadi bacalah dengan lantang, nyanyikan lagu dan ajukan pertanyaan terbuka untuk mengundang percakapan. Meniup gelembung dapat mengembangkan otot-otot mulut, dan telepon mainan dapat mendorong mereka untuk berbicara.

Sebagian besar anak-anak yang terlambat bicara pada akhirnya akan menyusul anak sebayanya. Tetapi jika Anda memiliki kekhawatiran tentang anak Anda, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter anak Anda. Waktu terbaik untuk mendapatkan bantuan profesional adalah ketika anak Anda sekitar 2,5—usia ketika anak yang terlambat berkembang biasanya mengejar ketinggalan mereka.

Ketahuilah bahwa banyak orang-orang sukses yang dulunya tidak dapat mulai berbicara sampai mereka berusia 2 tahun—dan, dalam beberapa kasus, 4 tahun!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Apakah Anda Minum Air Dengan Cara Yang Salah?

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Minum air bisa salah? Tentunya Anda pasti bingung karena minum banyak air selalu identik dengan kesehatan. Namun pada kenyataannya, ada saat di mana Anda seharusnya tidak minum air atau mungkin Anda minum pada waktu yang salah. Yuk, kita lihat di bawah ini!

  • Langsung minum air sesudah makan.

Ingatlah untuk tidak minum terlalu cepat sebelum atau sesudah makan karena air akan mencairkan cairan pencernaan. Minumlah air 30 menit sebelum makan untuk membantu pencernaan dan satu jam setelah makan untuk memungkinkan tubuh menyerap nutrisi.

  • Menenggak air dengan cepat dan dalam jumlah banyak.

Hal ini paling sering dilakukan ketika seseorang merasa haus. Kenyataannya, minum air terlalu cepat akan menyebabkan tubuh Anda mengeluarkan sebagian besar sebagai air seni yang akan berdampak memperlambat proses hidrasi. Minum terlalu banyak air juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan, membuat cairan bergerak dari darah Anda ke dalam sel Anda dan membuatnya membengkak.

  • Tidak minum air setelah bangun tidur di pagi hari.

Tubuh Anda membutuhkan rehidrasi setelah beberapa jam tidur. Minumlah satu gelas air setelah bangun tidur untuk membantu mengaktifkan organ dalam Anda. Air akan membantu menghilangkan semua racun sebelum Anda mulai makan pertama pada hari itu.

  • Tidak minum air sebelum tidur.

Minum dengan segelas air sebelum tidur untuk mengisi kembali hilangnya cairan tubuh yang bisa terjadi pada malam hari. Namun berhati-hatilah agar tidak minum terlalu banyak sebelum tidur karena hal ini akan membuat Anda ingin buang air dan mengganggu tidur Anda.

  • Minum terlalu banyak air saat olahraga berat.

Ada suatu kondisi yang disebut hiponatremia, biasanya ditemukan pada atlet yang memiliki daya tahan tinggi. Dengan hiponatremia, darah menjadi terlalu encer karena terlalu banyak air dan kadar sodium turun ke tingkat yang sangat rendah. Ini dapat menyebabkan mual, sakit kepala, kebingungan, kelelahan, dan dalam kasus ekstrim, koma dan kematian. Namun kasus ini termasuk jarang karena untuk menderita hiponatremia, jumlah air yang diminum dapat mencapai satu galon.

  • Minum air dengan pemanis atau rasa buatan.

Pemanis atau rasa buatan tentunya mengandung gula yang akan mengakibatkan obesitas dan kerusakan pada gigi jika Anda mengkonsumsinya secara teratur. Selain itu setiap pemanis buatan mengandung kandungan yang belum tentu baik bagi tubuh Anda. Jika tujuan Anda minum air adalah untuk kesehatan atau menghindari dehidrasi, jauhi air dengan pemanis buatan.

  • Minum air untuk mengurangi rasa pedas.

Senyawa kimia yang bertanggung jawab untuk sensasi terbakar yang bisa Anda rasakan ketika makan makanan pedas disebut capsaicin. Capsaicin adalah molekul non-polar dan larut dalam molekul non-polar lainnya. Minuman seperti susu, yang mengandung molekul non-polar, akan meredakan rasa pedas. Sedangkan air? Air adalah zat polar dan hanya akan menyebarkan capsaicin di sekitar mulut Anda membuat rasa pedas semakin buruk.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

9 Tips Mengatasi Insomnia

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Insomnia adalah ketidakmampuan untuk tertidur, tetap tidur, atau memenuhi jumlah jam tidur yang dibutuhkan individu. Gejalanya dapat meliputi sulit tidur, sering bangun di malam hari, bangun terlalu pagi, kantuk di siang hari, sulit berkonsentrasi, dan mudah marah. Insomnia dapat bersifat akut (berlangsung satu hingga beberapa malam) atau kronis (berlangsung dari sebulan hingga bertahun-tahun).

Gangguan tidur seringkali merupakan gejala dari penyakit atau kondisi lain, seperti depresi, sakit kronis, obat-obatan, atau stres, yang mungkin menjelaskan mengapa banyak orang yang mengalaminya. Berikut adalah beberapa cara untuk membantu mengatasi insomnia Anda:

  1. Bangun pada waktu yang sama setiap hari. Mungkin Anda tergoda untuk bangun siang di akhir pekan, terutama jika Anda memiliki tidur yang buruk selama seminggu. Namun, jika Anda menderita insomnia, Anda harus bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk melatih tubuh Anda untuk bangun pada waktu yang konsisten.
  2. Kurangi alkohol dan kafein. Kafein tidak hanya menyebabkan kesulitan memulai tidur, tetapi juga dapat menyebabkan sering terbangun. Alkohol mungkin memiliki efek sedatif untuk beberapa jam pertama setelah dikonsumsi, namun kemudian dapat menyebabkan gairah yang membuat tidur malam menjadi tidak nyenyak. Jika Anda menggunakan obat-obatan yang bertindak sebagai stimulan, seperti dekongestan atau inhaler asma, tanyakan kepada dokter Anda kapan mereka harus diambil untuk membantu meminimalkan dampak pada tidur Anda.
  3. Batasi tidur siang. Walaupun tidur siang tampak seperti cara yang tepat untuk mengejar kekurangan tidur, kenyataannya tidak selalu demikian. Penting untuk menetapkan dan mempertahankan pola tidur yang teratur dan melatih diri untuk membiasakan tidur dengan beberapa faktor seperti suasana gelap dan waktu tidur yang konsisten. Tidur siang dapat mempengaruhi kualitas tidur pada malam hari.
  4. Berolahraga secara teratur. Olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur. Namun, berolahraga tepat sebelum tidur dapat memiliki efek stimulan pada tubuh dan hal itu harus dihindari. Cobalah untuk menyelesaikan kegiatan olahraga setidaknya tiga jam sebelum Anda berencana untuk tidur.
  5. Batasi aktivitas di tempat tidur. Jika Anda menderita insomnia, jangan membaca, belajar, menelepon atau chatting. Selain itu, hindari menonton televisi atau mendengarkan radio. Semua aktivitas ini dapat meningkatkan rasa waspada dan membuat Anda sulit untuk tertidur.
  6. Jangan makan atau minum tepat sebelum tidur. Makan larut malam atau makan camilan sebelum tidur dapat mengaktifkan sistem pencernaan dan membuat Anda tetap terjaga. Selain itu, minum banyak cairan sebelum tidur dapat membanjiri kandung kemih yang membuat Anda harus sering mengunjungi kamar mandi dan mengganggu tidur Anda.
  7. Buat lingkungan tidur Anda nyaman. Suhu, pencahayaan, dan kebisingan harus dikontrol untuk membuat kamar tidur kondusif untuk membuat Anda tidur atau tetap tertidur. Tempat tidur Anda harus terasa nyaman dan jika Anda memiliki hewan peliharaan yang tidur di kamar bersama Anda, pertimbangkan untuk membiarkan hewan peliharaan tidur di tempat lain jika peliharaan Anda cenderung membuat kebisingan di malam hari.
  8. Selesaikan semua kekhawatiran Anda sebelum tidur. Jika Anda merasa berbaring di tempat tidur memikirkan hari esok, pertimbangkan untuk menyisihkan waktu – mungkin setelah makan malam – untuk meninjau hari itu dan membuat rencana atau daftar yang Anda harus lakukan untuk hari berikutnya. Tujuannya adalah untuk menghindari melakukan hal-hal ini ketika Anda mencoba untuk tidur.
  9. Kurangi rasa stres. Ada sejumlah terapi relaksasi dan metode pengurangan stres yang mungkin ingin Anda coba untuk menenangkan pikiran dan tubuh sebelum tidur. Contohnya termasuk relaksasi otot, teknik pernapasan, meditasi, atau yoga.
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Pelajari Pertolongan Pertama Untuk Mengobati Luka

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Banyak kegiatan sehari-hari yang tampak tidak berbahaya, namun sebenarnya mengandung risiko membuat Anda terluka jika tidak berhati-hati. Tangan Anda bisa saja terluka karena pisau ketika Anda sedang memasak, atau bisa saja memar terkena palu ketika Anda sedang membetulkan rak. Selain itu, jika Anda memiliki anak yang aktif, tentunya tidak heran jika dia sering mengalami luka atau goresan setelah mereka kembali dari bermain. Sebelum luka-luka tersebut membuat Anda panik, pelajari cara mengetahui kapan luka dan memar itu serius dan apa yang harus Anda lakukan untuk merawatnya.

Perbedaan Antara Luka Potong, Benjolan, dan Memar

Luka potong dan memar, dengan atau tanpa pembengkakan, pada dasarnya adalah hal yang sama. Hanya saja, yang satu terjadi di permukaan tubuh dan yang satunya terjadi di bawah permukaan, yaitu di jaringan lunak di bawah kulit. Benjolan dan memar adalah kerusakan yang terjadi pada jaringan lunak di bawah kulit. Faktanya, warna hitam atau biru yang Anda lihat saat memar adalah gumpalan darah yang terbentuk di bawah kulit.

Anda tidak perlu meminta bantuan medis ketika seseorang menderita luka, goresan, benjolan, atau memar dalam kondisi berikut:

  • Luka cedera kecil (sekitar 1/2 inci).
  • Tidak ada perdarahan, atau hanya sedikit pendarahan.
  • Tidak terlalu kesakitan.
  • Tidak merasakan mati rasa atau kesemutan.
  • Tidak menderita kelumpuhan apa pun.
  • Tampak tidak memiliki patah tulang atau dislokasi pada sendi. (Jika mereka sangat kesakitan dan bahu, kaki, lengan, atau pergelangan kaki tampak bergelantung tidak wajar, ada kemungkinan mereka mengalami patah tulang atau dislokasi.)

Pertolongan Pertama Untuk Luka Potong dan Goresan

Berikut adalah prosedur pertolongan pertama yang sederhana untuk merawat goresan dan luka kecil:

  • Jika area yang terluka memiliki goresan kulit, cuci dengan sabun lembut dan air hangat.
  • Oleskan krim atau semprotan antibakteri lain untuk mencegah infeksi.
  • Tutupi luka dengan pembalut kasa steril dan selotip atau plester.

Pertolongan Pertama Untuk Memar

Memar pada tangan, jari, kaki, dan jari kaki dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada memar yang terjadi pada lutut, tulang kering, atau lengan. Memar pada tangan dan kaki dapat menyebabkan hambatan dalam aktivitas. Misalnya, jari kaki yang memar dapat menyulitkan seseorang untuk berjalan, atau jari tangan yang memar mungkin akan menjauhkan Anda dari komputer untuk bekerja. Jika Anda atau seseorang di sekitar Anda mengalami pembengkakan kecil atau memar yang parah setelah menabrak sesuatu atau jatuh, segera hubungi dokter Anda.

Karena memar dan pembengkakan tidak menembus kulit, ada perbedaan dalam perawatan pertolongan pertama. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengobati berbagai jenis memar atau luka pada bagian bawah permukaan kulit:

Pertolongan Pertama Untuk Kulit Melepuh

Kulit melepuh adalah iritasi yang terisi penuh oleh cairan di bawah permukaan kulit. Lepuh darah adalah lepuh merah yang mengandung darah. Tidak ada yang berbahaya dari lepuhan, tetapi jika disertai dengan rasa sakit, demam yang berlebihan, atau lepuhan bertambah besar, Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

  • Segera oleskan kompres es pada memar untuk mengurangi pembengkakan. Jika Anda tidak memiliki kompres es, gunakan es yang dibungkus kain dan jadikan sedingin yang Anda bisa buat.
  • Jika memungkinkan, angkat area memar sehingga lebih tinggi dari jantung. Hal ini menjaga darah dari “penggumpalan” di daerah memar yang dapat menciptakan lebih banyak pendarahan internal dan pembengkakan.
  • Jaga agar memar berada di posisi tinggi selama kurang lebih 15 menit jika lukanya kecil. Jika memar parah dan menutupi sebagian besar tubuh, mintalah bantuan orang lain. Tempatkan memar yang parah pada posisi tinggi setidaknya selama satu jam atau sampai tim perawatan darurat yang terlatih tiba.
  • Jika memar tampaknya tidak membaik dan lebih dari 24 jam telah berlalu, temui dokter Anda.

Cari bantuan medis segera jika ada pembengkakan di sekitar memar, terutama jika terjadi pada sendi. Hal ini bisa menandakan bahaya pada saraf, otot, dan tulang.

Pertolongan Pertama untuk Pendarahan Internal

Pendarahan internal disebabkan oleh kerusakan pada dinding pembuluh darah, yang sangat disayangkan, tidak dapat dihentikan dengan prosedur pertolongan pertama. Hal terbaik untuk dilakukan adalah meminta bantuan segera pada medis karena pendarahan internal bisa menjadi serius dan dapat mempengaruhi organ vital seseorang. Berikut adalah gejala-gejala ketika seseorang mengalami pendarahan internal:

  • Kulit pucat dan lembab
  • Panas dingin
  • Tangan dan kaki terasa dingin
  • Pupil mata membesar
  • Denyut nadi cepat dan lemah
  • Pembengkakan besar di lokasi cedera
  • Warna hitam dan biru yang berubah dengan cepat pada luka

Ingatlah untuk selalu berhati-hati ketika melakukan aktivitas karena luka dan cedera bisa terjadi kapan saja. Semoga petunjuk-petunjuk di atas bermanfaat ketika Anda membutuhkannya!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Fakta Menarik Tentang Makanan

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Siapa sih yang tidak suka makan? Walaupun semua orang suka makan, tetapi tidak semua orang mengetahui fakta lengkap di balik makanan yang mereka konsumsi. Di luar dugaan, beberapa fakta di antaranya ternyata ada yang cukup menarik, lho! Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang makanan yang mungkin akan membuat Anda kaget.

  • Tiram mentah masih hidup saat Anda memakannya.

Kemungkinan besar, tiram mentah masih hidup saat Anda memakannya. Tiram membusuk begitu cepat sehingga koki harus menyajikannya dengan sangat cepat – yaitu selagi mereka masih hidup. Beberapa varietas kerang dapat bertahan hidup di luar air hingga dua minggu, itulah sebabnya tiram disimpan dalam kondisi yang diatur khusus. Begitu mereka mati, mereka tidak lagi aman untuk dikonsumsi.

  • Kentang dapat menyerap dan memantulkan sinyal wi-fi.

Ketika Boeing ingin menguji sinyal wireless mereka di pesawat baru pada tahun 2012, mereka menempatkan tumpukan kentang di kursi. Karena kandungan air dan kimianya yang tinggi, kentang menyerap dan memantulkan sinyal radio dan wireless seperti halnya manusia.

  • Madu adalah satu-satunya makanan yang tidak akan pernah kadaluarsa.

Madu dalam keadaan alami sangat rendah kelembaban dan sangat asam: dua pertahanan utama terhadap pembusukan makanan. Dalam lingkungan dengan kelembapan rendah dan asam tinggi seperti toples tertutup, bakteri akan segera mati. Hal ini bisa menjelaskan mengapa para arkeolog menemukan pot-pot madu dari ribuan tahun yang lalu yang masih tampak segar.

Namun, madu adalah satu-satunya makanan yang akan bertahan selamanya dapat dikatakan sebagai mitos karena garam, gula, dan beras mentah juga memiliki masa simpan yang abadi.

  • Wortel pada awalnya berwarna ungu.

Menurut National Carrot Museum di Inggris, wortel pertama awalnya berwarna ungu atau putih dengan akar tipis.
Wortel oranye yang kita kenal dan makan hari ini sebenarnya adalah hasil dari mutasi genetik pada akhir abad ke-16.

  • Salmon ternak awalnya berwarna putih dan kemudian diwarnai merah muda.

Salmon liar berwarna merah muda alami karena banyaknya udang dalam makanan mereka. Namun, salmon yang dibesarkan di peternakan biasanya mengkonsumsi makanan ikan yang dicampur karotenoid (pigmen tanaman) untuk meniru rona alami salmon liar.

  • Biskuit akan merusak gigi lebih cepat daripada permen.

Ungkapan “permen akan merusak gigi” mungkin telah dibor ke kepala Anda sejak Anda masih kecil. Tetapi ada banyak makanan di luar sana yang lebih buruk untuk kesehatan gigi Anda daripada permen, seperti biskuit. Pernah Anda perhatikan bagaimana biskuit menjadi lengket di mulut saat dikunyah? Biskuit yang lengket di sela-sela gigi dapat membuat bakteri berpesta lebih lama di dalam mulut Anda.

  • Orang-orang pernah berpikir bahwa tomat itu beracun.

Di Eropa abad ke-18, tomat dijuluki “apel racun,” karena bangsawan seringkali sakit dan mati setelah memakannya. Mereka tidak tahu bahwa penjelasannya ada hubungannya adalah karena peralatan makan mereka. Keasaman tomat yang tinggi akan menyebabkan keracunan timbal dari piring-piring timah yang digunakan oleh aristokrat kaya. Seiring dengan popularitas pizza yang naik pada abad ke-19 di Italia, perlahan-lahan orang mengubah pandangan mereka terhadap tomat.

Berikut juga masih ada beberapa fakta singkat namun juga menarik mengenai makanan sehat:

  • Brokoli mengandung dua kali lebih banyak vitamin C dari yang dimiliki jeruk.
  • Apel mengandung 25% udara, maka dari itu apel mengapung di air.
  • Alpukat memiliki kandungan protein paling tinggi di antara buah-buahan.
  • Kubis mengandung 91% air dan ketimun mengandung 96% air.
  • Lemon mengandung gula lebih banyak dari pada stroberi.
  • Jahe dapat mengurangi 25% nyeri otot akibat olahraga.
  • Apel memiliki hampir 10 ribu macam variasi.
  • Telur segar akan tenggelam dalam air, sementara telur yang busuk akan mengambang.

Bagaimana? Cukup menarik bukan? Semoga fakta-fakta di atas dapat menambah wawasan Anda!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Mengapa Wanita Lebih Rentan Gangguan Tiroid?

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Sekitar 2 miliar orang di seluruh dunia saat ini menderita kekurangan yodium. Dan cukup menarik untuk kita ketahui bahwa wanita lebih cenderung memiliki kekurangan yodium dan penyakit tiroid daripada pria. Sebagai perbandingan, satu dari tiga wanita cepat atau lambat akan menghadapi masalah ini.

Tubuh manusia mengandung sekitar 25 mg yodium. Sebagian besar yodium berkumpul di kelenjar tiroid yang mengatur metabolisme, sehingga kekurangan yodium merupakan masalah yang sangat serius bagi tubuh yang akan mengarah pada pengembangan beberapa penyakit yang mempengaruhi perkembangan mental dan fisik.

Karena wanita lebih rentan mengalami perubahan hormon yang mendadak, tubuh wanita juga sangat sensitif terhadap perubahan hormon apa pun dan bereaksi lebih tajam daripada tubuh pria yang “tenang”. Itu sebabnya kekurangan yodium sering menyebabkan komplikasi pada sistem reproduksi wanita, namun tidak pada pria.

Salah satu penyebab umum mengapa wanita lebih sering mengalami gangguan tiroid adalah penyakit Graves. Penyakit Graves adalah gangguan autoimun yang menyebabkan kelenjar tiroid menjadi aktif secara berlebihan yang mengakibatkan hipertiroid. Hal ini disebabkan oleh respon sistem kekebalan tubuh yang abnormal yang menyebabkan kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid. Penyakit Graves paling umum terjadi pada wanita di atas usia 20. Walaupun semua orang dapat mengalami penyakit Graves, wanita jauh lebih mungkin mengembangkan penyakit Graves daripada pria, dengan rasio 7 banding 1.

Selain penyakit Graves, alasan umum lainnya adalah karena kehamilan. Wanita hamil paling sensitif terhadap kekurangan yodium karena selama masa hamil, sistem hormonal wanita mengalami tantangan yang serius. Selain itu, pada minggu ke 16 hingga 17, janin mulai mengembangkan kelenjar tiroidnya sendiri dan mulai mengambil yodium dari sang ibu.

Karena kekurangan yodium dan penyakit tiroid sangat umum pada wanita, maka disarankan untuk mengkonsumsi garam beryodium dan juga menjalani pemeriksaan ultrasonografi kelenjar tiroid secara berkala terutama untuk wanita berusia 40 tahun ke atas. Semakin cepat masalah terdeteksi, maka akan semakin mudah perawatannya.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Penghilang Rasa Sakit Alami

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Ketika orang mengalami sakit kepala ringan, nyeri otot atau rasa sakit lainnya, mereka biasanya langsung berlari ke obat-obatan penghilang sakit dan nyeri yang dapat dibeli di apotik. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan rutin obat-obatan ini dapat menyebabkan efek samping jangka panjang seperti kerusakan usus, gagal hati dan masih banyak lagi. Sebelum Anda memilih untuk minum obat, cobalah pertimbangkan pengobatan alternatif yang alami di bawah ini untuk menghilangkan rasa sakit.

1. Jahe

Jahe adalah obat anti-inflamasi kuat yang lebih efektif daripada obat-obatan seperti ibuprofen atau obat untuk menghilangkan rasa sakit. Jahe memblokir pembentukan senyawa inflamasi dan juga memiliki efek antioksidan yang memecah peradangan dan keasaman yang ada dalam cairan di dalam sendi.

2. Kunyit

Bumbu yang unik ini memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-kanker. Kunyit juga meningkatkan sirkulasi dan mencegah pembekuan darah. Bahan aktif yang terdapat dalam kunyit dapat menurunkan kadar dua enzim dalam tubuh yang menyebabkan peradangan.

3. Capsaicin

Berasal dari cabai, obat ini mengurangi nyeri pada saraf, otot, dan sendi dengan menghentikan zat kimia yang dikenal sebagai zat P yang mengirim transmisi sinyal rasa sakit ke otak. Tersedia dalam bentuk gel atau krim, dapat dioleskan tiga hingga empat kali sehari

4. Akar Valerian

Akar valerian adalah tanaman herbal yang berasal dari Eropa dan sebagian wilayah Asia. Tanaman ini terkenal sebagai “penenang alami” yang membantu meringankan insomnia, rasa tegang, cemas, stres, dan nyeri saat menstruasi. Minumlah secangkir teh herbal valerian untuk menghilangkan rasa sakit alami dan nyeri tubuh.

5. Magnesium

Suplemen magnesium dapat membantu mengurangi rasa sakit migrain, kejang otot, dan gangguan yang mempengaruhi otak dalam memproses sinyal rasa sakit (fibromyalgia). Sangat mudah bagi seseorang untuk menjadi kekurangan magnesium, contohnya dengan mengkonsumsi alkohol yang berat. Makanan yang paling banyak mengandung magnesium adalah makanan seperti biji bunga matahari dan biji labu, namun sayangnya kebanyakan orang tidak sering mengkonsumsinya.

6. Akar Kucing

Tanaman herbal ini mudah ditemui di pinggir jalan, lapangan rumput, maupun lereng bukit. Akar kucing dikenal dapat mengatasi asam urat, rematik, gangguan pencernaan, dan rasa sakit di dalam tubuh. Karena akar kucing dapat memberi efek samping seperti diare atau rasa mual, gunakan sesuai dosis yang disarankan: 250 hingga 1000 miligram kapsul dalam satu hingga tiga kali sehari.

7. Boswellia

Umumnya dikenal sebagai kemenyan India, boswellia mengandung komponen aktif seperti resin yang mengurangi peradangan, nyeri sendi, dan rasa sakit. Boswellia juga dapat dikonsumsi sebagai suplemen.

8. Kulit Pohon Willow Putih

Kulit pohon willow putih mengandung salisin, yang dalam perut kita akan diubah menjadi asam salisilat — komponen utama Aspirin. Secara sintetik, ini dapat mengiritasi lambung, tetapi secara alami melalui kulit pohon willow putih akan menjadi efektif dalam mengurangi rasa sakit, peradangan, dan demam. Dosis yang dianjurkan adalah 1 hingga 2 tetes setiap harinya.

9. Minyak atau aroma terapi

Minyak seperti chamomile atau lavender dapat digosokkan pada dahi, dada, atau pada bagian yang mengalami radang sendi untuk mengendurkan otot dan menenangkan pikiran. Sedangkan aroma terapi dapat meredakan stres yang sering kali merupakan akar dari rasa sakit kita.

Walaupun tanaman herbal adalah pengobatan alami, satu hal yang perlu diingat adalah Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai dosis yang dapat Anda konsumsi karena setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Kapan Saja Waktu Terbaik Untuk Minum Air?

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Tahukah Anda bahwa minum air bisa menjadi penyelamat hidup? Walau terdengar berlebihan, tetapi air minum yang jernih dan bersih sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh Anda tetap berfungsi dengan lancar.

Ingin minum lebih banyak air untuk bermanfaat bagi kesehatan Anda? Tidak disangka-sangka, ternyata minum air pun memiliki waktu sendiri yang tepat. Berikut ini adalah saat-saat kapan tubuh Anda paling membutuhkan air minum.

1. Minumlah Air Saat Pertama Kali Anda Bangun

Bayangkan menyalakan mesin mobil Anda dan langsung memasukkannya ke gigi tanpa menunggu mesin untuk melakukan pemanasan. Hal itu adalah bencana yang menunggu untuk terjadi. Hal yang sama berlaku untuk tubuh manusia. Tanpa air untuk bangun dan menyalakan tubuh di pagi hari, tubuh Anda mungkin kosong, terutama jika Anda melewatkan sarapan.

Segelas air dingin setelah Anda bangun memberitahu tubuh Anda bahwa inilah waktunya untuk berjalan dengan normal. Sistem sirkulasi Anda membutuhkan cairan untuk menyingkirkan radikal bebas yang membandel dan residu dari kalori terbakar yang digunakan selama metabolisme pada malam hari.

2. Minumlah Air Sebelum Makan

Minum air putih sebelum makan membantu Anda merasa lebih kenyang; hal ini berarti Anda akan cenderung mengurangi makanan Anda.

Ketika Anda terhidrasi, lambung juga disiapkan untuk makanan; air membangunkan indera perasa dan melembabkan lapisan lambung sehingga makanan yang rapuh atau asam tidak akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Dengan segelas air membasahi mulut akan membersihkan sisa-sisa rasa dari makanan sebelumnya untuk persiapan makanan yang akan disantap.

3. Minumlah Air Saat Anda Lapar

Jika Anda lapar di antara jam makan, minumlah segelas penuh air minum untuk melihat apakah Anda mengalami dehidrasi. Terkadang orang berpikir mereka lapar ketika mereka benar-benar haus. Minum air sebelum atau saat makan camilan akan membantu Anda merasa kenyang lebih cepat dan membantu menjaga asupan kalori tetap terkendali.

4. Minumlah Air Sebelum Berolahraga

Tergantung pada suhu, kelembaban, dan tingkat cairan tubuh Anda, Anda mungkin memerlukan satu atau beberapa gelas air untuk melindungi tubuh dari dehidrasi selama dan setelah berolahraga.

Hidrasi sangat penting untuk menjaga diri dari serangan panas dalam cuaca hangat dan radang dingin dalam suhu dingin karena sirkulasi tubuh Anda memainkan peran protektif di kedua suhu ekstrim dan membutuhkan air agar sirkulasi berfungsi dengan baik.

5. Minumlah Air Setelah Berolahraga

Setelah olahraga yang intens, Anda mungkin perlu minum banyak air untuk mengganti cairan yang hilang melalui keringat dan buang air kecil. Jumlah yang Anda perlukan bergantung pada berat badan, kesehatan, dan apakah Anda berolahraga dalam kondisi panas atau lembab – terutama untuk jangka waktu lama.

Pastikan untuk tidak minum terlalu banyak air terlalu cepat atau Anda bisa mengalami kram perut.

6. Minumlah Air Saat Anda Berada Di Tempat Yang Banyak Kuman

Jika Anda berada di sekitar orang sakit di rumah sakit atau di tempat kerja dan sekolah, minumlah lebih banyak air daripada biasanya untuk membantu membersihkan kuman dan virus yang mungkin diambil tubuh Anda. Tubuh yang terhidrasi dengan baik mendorong bakteri dan virus untuk bergerak bersama sehingga mereka tidak menetap dan berkembang biak dalam sistem Anda.

7. Minumlah Lebih Banyak Air Saat Anda Sakit

Saran yang diberikan ibu Anda masih berlaku: ketika Anda sakit, Anda perlu minum banyak cairan termasuk air untuk menjadi lebih baik.

Minum delapan gelas air setiap hari (8 ons per gelas) masih merupakan standar yang baik bagi kebanyakan orang, tetapi cairan lain seperti teh, jus, dan sup juga dihitung dalam total asupan cairan Anda.

8. Minumlah Air Saat Anda Lelah

Jika Anda merasa perlu tidur siang tetapi tidak dapat melakukannya, minumlah segelas atau dua gelas air.

Tahukah Anda bahwa kelelahan adalah salah satu tanda dehidrasi? Karena kemampuannya untuk bergerak cepat ke seluruh tubuh, air dapat mencapai otak Anda dan memberi Anda, katakanlah, sedikit dorongan sebelum menghadiri pertemuan atau ketika Anda harus mengejar batas waktu pekerjaan, bahkan jika Anda tidak cukup tidur.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Olahraga Untuk Ibu Hamil

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Mempertahankan rutinitas olahraga yang teratur selama kehamilan Anda dapat membantu Anda tetap sehat. Olahraga teratur selama kehamilan dapat memperbaiki postur Anda dan mengurangi beberapa rasa tidak nyaman secara umum seperti sakit punggung dan rasa letih. Terdapat bukti bahwa aktivitas fisik dapat mencegah diabetes gestasional (diabetes yang berkembang selama kehamilan), menghilangkan stres, dan membangun lebih banyak stamina yang diperlukan untuk persalinan.

Jika Anda seorang yang aktif secara fisik sebelum masa kehamilan, Anda dapat melanjutkan aktivitas Anda dalam jumlah sedang. Jangan mencoba berolahraga sebanyak yang Anda lakukan sebelumnya; lakukan apa yang paling nyaman untuk Anda sekarang.

Jika Anda tidak pernah berolahraga secara teratur sebelumnya, Anda dapat memulai program olahraga dengan aman selama kehamilan setelah berkonsultasi dengan dokter Anda, tetapi jangan mencoba aktivitas baru yang berat. Berjalan kaki dianggap olahraga aman untuk dimulai saat hamil.Disarankan untuk berolahraga 30 menit atau lebih per hari pada sebagian besar jika tidak semua hari dalam seminggu kecuali Anda memiliki komplikasi medis atau kehamilan.

Olahraga Apa Saja Yang Aman Selama Kehamilan?

Kebanyakan olahraga aman dilakukan selama kehamilan selama dilakukan dengan hati-hati dan tidak berlebihan. Aktivitas yang paling aman dan paling produktif adalah berenang, jalan cepat, sepeda statis dalam ruangan, atau mesin untuk berjalan langkah. Kegiatan ini membawa sedikit resiko cedera, bermanfaat bagi seluruh tubuh Anda, dan dapat terus dilakukan hingga sebelum melahirkan.

Tenis dan badminton pada umumnya merupakan kegiatan yang aman, tetapi perubahan keseimbangan selama kehamilan dapat mempengaruhi gerakan. Kegiatan lain seperti jogging dapat dilakukan dalam jumlah sedang, terutama jika Anda melakukannya sebelum kehamilan. Anda mungkin ingin memilih latihan atau kegiatan yang tidak memerlukan keseimbangan atau koordinasi yang baik, terutama di masa kehamilan.

Aktivitas Apa yang Harus Dihindari Selama Kehamilan?

Ada aktivitas dan olahraga tertentu yang dapat membahayakan jika dilakukan selama kehamilan. Di antaranya termasuk:

  • Menahan napas Anda selama aktivitas apapun
  • Kegiatan yang dapat mengakibatkan jatuh (seperti ski dan menunggang kuda)
  • Olahraga seperti kasti, sepak bola, bola basket, dan bola voli
  • Semua olahraga yang dapat menyebabkan trauma perut yang ringan seperti aktivitas yang membutuhkan gerakan atau perubahan arah yang cepat
  • Aktivitas yang membutuhkan untuk melompat, memantul, atau berlari
  • Menekuk lutut yang dalam, sit-up penuh, menaikkan kedua kaki, dan mencoba menyentuh jari kaki saat kaki berdiri lurus
  • Gerakan memutar pinggang saat berdiri
  • Gerakan olahraga berat diikuti oleh periode panjang tanpa aktivitas
  • Berolahraga dalam cuaca panas dan lembab

Berikut adalah beberapa panduan olahraga untuk wanita hamil:

  • Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman serta bra yang mendukung.
  • Pilih sepatu yang dirancang untuk jenis olahraga yang Anda lakukan. Sepatu yang tepat adalah perlindungan terbaik dari cedera.
  • Berolahragalah pada permukaan yang datar dan rata untuk mencegah cedera.
  • Konsumsi kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kehamilan Anda (300 kalori lebih banyak per hari daripada sebelum Anda hamil) serta program latihan Anda.
  • Berikan jeda setidaknya satu jam setelah makan sebelum mulai berolahraga.
  • Minumlah air sebelum, selama, dan setelah berolahraga.
  • Setelah melakukan latihan di lantai, bangunlah secara perlahan dan bertahap untuk mencegah pusing.
  • Jangan pernah berolahraga sampai kehabisan tenaga. Jika Anda tidak dapat berbicara dengan normal saat berolahraga, Anda mungkin terlalu memaksakan diri dan harus memperlambat aktivitas Anda.

Peringatan Untuk Wanita Hamil

Berhenti berolahraga dan konsultasikan dengan dokter Anda jika:

  • Merasakan nyeri dada
  • Memiliki nyeri perut, nyeri panggul, atau kontraksi yang persisten
  • Mengalami sakit kepala
  • Merasa tidak adanya atau penurunan jumlah pada gerakan janin
  • Merasa letih, pusing, mual, atau pusing
  • Merasa dingin atau lembab
  • Mengalami pendarahan vagina
  • Mengeluarkan cairan dari vagina secara tiba-tiba atau tetesan cairan yang terus menerus
  • Merasa detak jantung menjadi tidak teratur atau cepat
  • Tiba-tiba bengkak di pergelangan kaki, tangan, wajah, atau nyeri pada betis
  • Sesak nafas
  • Kesulitan berjalan
  • Otot terasa lemas

Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai program latihan.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather