4 Tempat Bermain di Luar… di Jakarta!

Semua orang yang pernah ke Jakarta pasti tau: mencari kehijauan dan tempat bermain di luar di kota besar ini sangat susah! Di mana yah, kita bisa mengajak anak-anak piknik atau bermain di luar? Ancol? Selain itu ada apa lagi yah?

Ada kok, tempat-tempat bermain di luar yang lain di Jakarta! Kalau anak-anak sudah bosan main di lapangan dekat rumah, coba lah tempat-tempat ini:

1. Taman Menteng
taman1
Untuk keluarga yang sibuk, ada taman ini di Jakarta Pusat! Taman Menteng mempunyai tempat bermain untuk anak-anak, lapangan basket, jogging path dan juga dekat makanan-makanan di dekatnya!
sumber foto

2. Hutan Mangrove, Pantai Indah Kapuk
taman2
Banyak orang tau PIK sebagai daerah restoran-restoran trendy yang sering difoto orang dan di post di Facebook. Tapi apakah Anda tau bahwa PIK juga mempunyai taman alam? Hutan mangrove ini satu-satunya di Jakarta, dan selain jalan-jalan, Anda bisa menyewa canoe. Wah, asik juga yah!
sumber foto

3. Taman Monas
taman3
Kita semua tau Monas, ya itu Monumen Nasional – tapi kapan terakhir kalinya kita kesana? Selain dekat dengan banyak museum dan tempat-tempat budaya, taman ini juga sebenaranya sangat besar, dan pada malam hari, memberikan water dance show  gratis!
sumber foto

4. Scientia Square Park
taman4
Scientia square park ini pas untuk semua yang mempunyai anak aktif! Walau agak jauh dari Jakarta Pusat di Tangerang, taman ini mempunyai banyak aktfitas dan tempat bermain untuk semua umur!
sumber foto

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

4 Tips Untuk Orang Tua Berkerja Untuk Mempunyai Waktu Dengan Anak!

 

imageDi jaman sekarang, tidak aneh untuk dua-duanya papa dan mama berkerja. Memang sih, dengan harga yang selalu naik, mungkin ini bukan nya “tidak aneh” dan justru salah satu “keperluan” keluarga modern.

Tapi namanya orang tua itu pasti ingin melihat anaknya bertumbuh dan juga pasti ingin bisa bermain dan mengajarkan anak nya banyak hal. Kali ini kami membawa tips-tips untuk ini!

1. Tinggallah dekat tempat kerja

Banyak orang yang berkerja di kantor tengah kota tinggalnya lumayan jauh karena harga rumah yang lebih terjangkau. Tapi dengan adanya apartment, mungkin Anda bisa mendapatkan tempat tinggal yang dekat dengan kantor yang juga terjangkau harganya. Walaupun tempat-tempat ini lebih kecil, keberadaan ayah dan ibu lebih penting untuk si kecil.

2. Membuka bisnis kecil sendiri

Yang ini ada resikonya, tapi di jaman sekarang tidak aneh untuk banyak orang untuk mulai jualan lewat internet, yang membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan pembeli. Jika Anda mempunyai ide dan modal untuk bisnis, mempunyai bisnis bisa membuat Anda bos Anda sendiri, dan Anda bisa berkerja dari manapun.

3. Berikanlah hari Sabtu dan Minggu untuk anak-anak

Walaupun Anda mungkin lelah, berikanlah hari Sabtu dan Minggu, dan hari libur lain untuk bisa bersama dengan anak-anak. Ini bukan berarti Anda harus mengajak mereka ke mal atau liburan – ini bisa menjadi hal-hal kecil, seperti makan siang bersama di rumah, nonton TV bersama atau bermain catur bersama. Tradisi kecil-kecil seperti ini pasti akan diingat anak-anak dan Anda juga untuk seumur hidup!

4. Telpon anak-anak saat jam istirahat

Walaupun hanya sebentar, dan hanya suara pun, bisa bicara basa-basi dengan anak-anak saat jam istirahat bisa melegakan Anda dan mereka juga! Jaman sekarang, Anda juga bisa memakai Skype di smartphone, jadi mungkin Anda bisa video call dengan anak-anak Anda!

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Ingin mendidik anak untuk menyukai matematika? Ini caranya!

for-reading-752607_640
Banyak anak-anak yang mulai mengeluh tentang matematika sejak kecil – mungkin Anda, yang sekarang sudah dewasa pun masih ingat susahnya belajar matematika pas jaman-jaman sekolah.

Jadi kepikiran nih: kalau anak kecil pun bisa langsung membenci matematika, apakah kebencian terhadap matematika ini normal untuk manusia? Kalau benar begitu, apakah kita hanya bisa mengatakan kepada anak-anak bahwa, suka atau tidak suka, matematika itu penting dan harus di pelajari?

Tapi menurut penilitian di University of Chicago, sebenarnya masalahnya bukan di situ.

Matematika tidak seperti seni yang mereka bisa nikmati dengan buku mewarnai, atau seperti bahasa yang bisa di pelajari dari cerita anak-anak dan dongeng yang menarik untuk si kecil. Karena ini, waktu anak-anak memulai sekolah, hal-hal seperti seni dan bahasa langsung terlihat familiar dan nyaman.

Di kebalikannya, karena mereka tidak terbiasa dengan matematika, pelajaran ini terlihat susah dan aneh. Dan karena ini lah anak-anak kecil pun sering bilang bahwa mereka tidak menyukai pelajaran yang penting ini.

Jadi apa yang kita bisa lakukan sebagai orang tua? Membuat matematika manjadi sesuatu yang menarik untuk anak-anak dari masa kecil! Anda bisa bermain game dan membaca cerita-cerita yang ada sisi menghitung bersamanya.

Jangan khawatir kalau Anda sendiri ragu-ragu dengan daya matematika diri sendiri. Di jaman sekarang, banyak buku buku dan aplikasi smart phone untuk membantu Anda dan anak Anda.

Dari semua aplikasi smart phone matematika ini, yang paling terkenal adalah Bedtime Maths, yang memberikan orang tua untuk membaca cerita-cerita waktu tidur yang mempunyai sisi matematika! Aplikasi ini telah di test oleh University of Chicago dan hasil mereka bilang: iya! Anak-anak yang mendengarkan cerita matematika yang lucu-lucu ini memang jadi lebih pintar di pelajaran ini saat mulai sekolah!

Aplikasi mereka gratis untuk iPhone dan Android! Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Naughty or Nice? Guide Hadiah Natal Populer 2015

Enak yah jadi anak jaman sekarang? Mereka mempunyai banyak pilihan maininan dan baju! Dengan Hari Natal minggu depan, Anda pasti sudah mendengar apa saja yang anak-anak Anda inginkan dari Sinter Klaas!

Tapi sebagai orang tua, kita pasti bertanya-tanya: apakah mainan ini oke untuk anak? Dan dengan lebih banyak variasi dan teknologi baru, pertanyaan ini menjadi lebih susah dengan setiap tahun yang datang.

Karena itu kami di Ryan Collection mengumpulkan beberapa kado-kado yang umum di inginkan oleh anak-anak di tahun 2015 dan membahasnya untuk Anda!

1. VTech Kidizoom Smart Watch
01
Menurut Amazon US, ini adalah salah satu mainan top pilihan anak-anak. Memang sih, anak-anak suka ngikutin apa yang di lakukan papa dan mama dan dengan Apple Watch tahun ini, wajar saja versi anak-anaknya ini menjadi populer.

VTech Kidizoom Smart Watch itu memang di buat spesial buat anak-anak, jadi di banding smart phone atau watch yang lain, smart watch ini cuman mempunyai beberapa feature, semuanya yang di buat spesial untuk seorang anak.

Anak anda bisa memakainya untuk bermain game dan mengambil foto-foto, tapi tidak akan bisa masuk ke internet dan membeli app baru. Karena ini, hadiah ini pas untuk anak yang suka teknologi – dia bisa bermain dengan teknologi terbaru tapi dengan aman.

2. Sims 4
02
Mungkin Anda sudah pernah dengar tentang seri The Sims. Tahun ini, EA game mengeluarkan game ke-empat di seri yang super populer ini. Sims adalah rumah boneka digital yang bisa di design sendiri dan pas untuk mengembangkan kreatifitas.

Tapi Anda harus tau bahwa Sims 4 itu di rekomendasi untuk anak 12 keatas. Ini karena game ini mempunyai beberapa sex scenes, walaupun tidak jelas, dan juga, seorang Sims bisa jalan-jalan dengan telanjang.

3. Minecraft: Story Mode
03
Kalau Sims adalah rumah boneka digital, Minecraft adalah Lego digital. Game orijinal Minecraft tidak mempunyai cerita dan aman untuk anak berumur apa saja, tapi bagaimana dengan game barunya yang mempunyai cerita, Minecraft: Story Mode?

Game ini di jual sebagai family friendly, tapi akhirnya mendapatkan rating 12+ karena dia sering memakai kata-kata kotor (di bahasa Inggris).

4. Fisher-Price Smart Toy Bear
04
Merek Fisher-Price pasti di ketahui oleh kebanyakan orang tua! Perusahaan ini sudah lama membuat mainan-mainan yang educational untuk anak-anak dan mainan baru mereka – Smart Toy Bear (ada versi monyet nya juga!) adalah produk baru mereka yang lagi hot sekarang.

Smart Toy Bear adalah sebuah komputer yang bisa berinteraksi dengan anak Anda dan bisa di update dengan wi-fi. Fisher-Price menjamin bahwa mainan ini aman dan informasi pribadi tidak bisa di baca oleh beruang yang manis ini.

Menurut orang tua yang telah membelinya, walupun beruang ini canggih, dia masih empuk dan enak di peluk!

5. Star Wars Bladebuilders Jedi Master Lightsaber
05
Dengan film Star Wars yang terbaru, banyak anak-anak di sekeliling dunia menginginkan mainan Star Wars untuk Natal ini! Set ini adalah salah satu mainan yang paling keren dari seri yang besar ini.

Beda dengan pedang-pedangan lain, Bladebuilders mengiatkan kreatifitas. Seorang anak bisa bikin lightsaber sendiri dan ganti-ganti kalau bosan. Bagian-bagian dari mainan ini cukup besar dan aman buat anak berumur apa pun — tapi untuk jaga-jaga, Anda mungkin ingin di sana pas si kecil pura-pura menjadi seorang Jedi Master. Pasti tau, banyak anak-anak suka loncat-loncat kalau lagi mainan pedang!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Liburan di Salju! 5 Tips Untuk Liburan ke Negara Dingin Bersama Anak

anak salju
Walaupun di Indonesia tidak ada salju, dengan  menjamurnya travel di jaman sekarang, banyak orang tua yang ingin liburan ke tempat yang dingin dan bersalju pada akhir tahun ini!

Tapi apa yang harus kita siapkan untuk liburan ke tempat dingin? Kita kan tidak biasa dingin-dingin di Indonesia!

Ryan Collection punya beberapa tips untuk Anda supaya vacation Anda nyaman dan senang!

1. Cari jaket yang waterproof
Kedinginan itu bukan hanya dari angin atau udara tapi juga dari kebasahan! Anda harus ingat bahwa salju itu adalah air yang bisa meleleh di badan anak anda dan membuatnya basah. Jadi berikanlah jaket waterproof kepada mereka supaya mereka bisa hangat lebih lama!

2. Pakailah bahan-bahan natural
Jaman sekarang, banyak baju-baju yang di buat oleh bahan-bahan baru. Tapi bahan natural seperti wool adalah sebuah klasik yang terjamin hangat walaupun basah.

3. Pilihlah sepatu yang benar
Sepatu yang benar itu penting di musim dingin – mereka bukan hanya akan melindungi kaki si kecil dari dingin tapi akan membantunya jalan di atas jalan-jalan yang licin dan bersalju. Carilah boots-boots yang cocok untuk musim salju ini di toko spesial baju-baju dan perlengkapan musim dingin atau kalau tidak, di toko-toko yang berasal dari negara yang mempunyai salju. Boots yang baik bukan hanya hangat, tapi juga stabil – misalnya sepatu ini.

4. Belilah heat pouch saat sudah sampai di sana
Heat pack adalah penghangat badan kecil yang bisa di taruh di kantong atau di dalam baju. Walaupun barang ini jarang ada di Indonesia, mereka adalah barang yang cukup umum di negara dingin. Belilah beberapa untuk menghangatkan anak yang tidak biasa dengan udara dingin,

5. Baju berwarna terang yang ceria adalah yang paling baik!
Bukan cuma karena si kecil pasti akan kelihatan manis banget memakai baju yang terang di salju, tapi juga karena ini lebih aman! Menurut penilitian Carnegie Mellon University, memakai baju terang bisa mencegah kecelakaan mobil di kondisi salju karena si anak akan lebih terlihat saat lagi jalan kaki.

Nah, satu lagi nih, untuk bonus – jangan lupa untuk foto-foto yah! Waktu-waktu di salju bersama anak pasti akan menjadi kenangan yang indah bagi seluruh keluarga!

Untuk tips naik pesawat bersama anak, Anda juga bisa cek post kami mengenai topik ini!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

7 Tips Untuk Olah Raga Bersama Anak!

Anak olah ragaDengan banyak game dan aktifitas yang bisa dilakukan di dalam rumah, anak-anak jaman sekarang suka malas olahraga. Apa lagi kalau tinggal di kota – dengan polusi dan bahaya-bahaya lain di luar, bukan cuma anak juga, tapi sebagai orang tua kita mungkin juga agak takut untuk membiarkan anak-anak yang masih kecil bermain di luar tanpa jagaan ketat.

Tapi dengan begini, anak-anak kurang bergerak dan berolahraga. Bagaimana caranya supaya kita bisa menggiatkan olah raga pada anak-anak?

1. Menonton olahraga, bisa buat anak mau mencoba olahraga itu dan anda bisa daftarkan dia ke grup atau kursus olahraga anak-anak. Misalnya, pas musim bola anda bisa mengajak anak nonton dan mengajarkan tetang keseruan sepak bola, atau juga basketball dan kompetisi silat.

Ada juga kartun-kartun olahraga yang di buat untuk anak-anak: misalnya, Inazuma Eleven, kartun Jepang tentang sepak bola yang sekarang lagi bertayan di Kompas TV. Film-film silat yang bisa bikin si anak mau mengambil kelas silat, karate atau wushu supaya bisa keren seperti Bruce Lee dan Jackie Chan!

2. Ajak dia belajar balet atau gymnastic, mungkin anak anda kurang suka aktifitas yang kompetitif dan lebih tertarik ke hal-hal kesenian Anda bisa mengajaknya untuk mencoba les balet atau gymnastic dan mengajarinya untuk bisa expresif dengan tubuh! Siapa tau, mungkin di rumah anda ada prima ballerina masa depan!

3. Ice Skating di mal atau pergi berenang, di negara panas seperti Indonesia, ice skating dan berenang bisa menjadi olah raga yang buat si anak merasa sejuk dan ketagihan! Olahraga ini juga bisa di lakukan oleh seluruh keluarga, bermain-main di atas es atau di dalam air.

4. Jalan-jalan bersama keluarga, bisa menggiatkan anak untuk bergerak. Anda bisa naik kuda bersamanya di Puncak, naik sepeda di Ancol, atau pun untuk anak yang lebih berani, mendaki gunung-gunung dan bersama-sama melihat alam yang indah. Ini bukan hanya bagus untuk kesehatan tapi bisa memberikan anak-anak kecil kenang-kenangan yang indah bersama keluarganya.

5. Dengarkanlah keluhan anak anda tentang lesnya kalau anda mendaftarkan dia ke kelas atau grup olahraga. Siapa tau, mungkin anak anda kurang cocok dengan gurunya atau dengan regu timnya. Lihatlah situasi dan jangan buat anak anda merasa bahwa olahraga itu salah satu hal yang harus di lakukan dari pada hal menyenangkan!

6. Be positive tentang olahraga. Yah, maklum memang kita sebagai orang tua mau anak kita untuk bisa mencapai hal yang terbaik untuknya. Tapi coba untuk selalu mengatakan sesuatu yang positif tentang olahraga kepada si anak.

Misalnya, jangan bilang kepada anak bahwa dia harus olahraga supaya mengurangi berat badan, tapi bilanglah kepadanya bahwa olahraga itu adalah hal yang menyenangkan. Jangan  berkomentar negatif pada anak kalau timnya kalah saat main bola atau lainnya, tapi bilang masih ada kesempatan lain kali.

Dan juga jangan mengomentari negatif pada anak tentang olahraga yang dia pilih. Punya anak perempuan yang suka silat? Jangan bilang hal itu buat dia menjadi ‘kayak anak cowo’. Mungkin buat kita ini adalah sekedar lelucon, tapi ini bisa buat anak tidak mau ke kursusnya lagi karena takut dikomentari orang tua yang dia cintai.

Yang penting adalah anak anda senang dengan olahraga apa pun dan anda terus mendukung dia!

7. Anda juga harus giat olahraga! Anak-anak belajar dari perilaku anda, jadi kalau anda ingin anak anda senang olahraga, anda juga harus memperlihatkan kepadanya bahwa olahraga itu adalah hal yang menyenangkan bagi anda.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

9 Tips Untuk Naik Pesawat Bersama Anak

Plane and Kids

Musim liburan ini adalah waktu yang cocok untuk jalan-jalan bersama keluarga. Sebagai orang tua, kita pasti ingin memberikan anak-anak kenang-kenangan masa kecil yang berharga.

Tapi setiap semua orang tau, jalan-jalan bersama anak-anak bisa juga merepotkan. Apalagi kalau harus naik pesawat.

Beberapa tip supaya anda bisa terbang nyaman bersama anak anda:

1. Berikan anak anda backpack kecil yang bisa di bawa oleh dia sendiri. Tas ini bisa di pakai untuk snack untuk si anak, satu mainan favorit dan kalau ada tempat juga bisa di pakai anda untuk menyimpan kebutuhan childcare seperti botol, tissue dan pampers.

Lebih bagus lagi kalau setiap anak punya snack sendiri di tas, biar tidak berantem saat di pesawat.

2. Anda sendiri bagus nya bawa satu backpack besar dan juga satu tas yang bisa anda bawa di tangan. Ini supaya anda bisa mempunyai tas darurat yang penuh dengan keperluan darurat seperti snak, tissue, obat dan pampers dan juga tas besar yang berisi hal-hal yang bisa anda butuhkan, seperti botol,susu formula atau mungkin juga nursing cover. Kalau anda membawa laptop, taruh lah laptop di bagian backpack yang gampang di ambil.

3. Waktu bawa mainan, jangan bawa mainan yang banyak bagian kecil-kecil atau terpisah-pisah seperti puzzle atau kartu. Bukan hanya tidak banyak tempat untuk main ini, tapi juga karena bagian-bagian nya gampang hilang. Kalau anak punya mainan yang hilang bisa nangis atau marah-marah dan bisa bikin perjalanan anda menjadi tidak menyenangkan.

4. Ingat untuk bawa pampers extra dan sekitar 2-3 pak tissue basah. Kadang-kadang perjalanan bisa tertunda dan anda akan membutuhkan ini untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan anak dan anda sendiri juga.

5. Masukan semua passpor dan dokumen anak anda ke dalam satu tas yang anda pegang. Berikan kepada mereka hanya pada di gerbang imigrasi dan langsung ambil balik pas sudah lewat.

6. Pakai baju yang nyaman dan simple. Ini untuk anak-anak dan anda juga. Jangan pakai boots atau ban pinggang karena hal-hal seperti itu akan harus di lepas pas cek keamanan di bandara. Lebih bagus lagi kalau anda pakai baju yang berkantong: anda bisa masukin paspor, tiket ataupun tissue di dalam kantong anda supaya anda bisa mengambilnya dengan mudah.

7. Biarkanlah anak-anak yang lebih tua main dengan game atau phone mereka kalau anda bersama anak yang lebih kecil. Mereka gak akan kemana-mana dan lebih baik mereka diam main dari pada ngambek-ngambek. Untuk jaga-jaga, ingat untuk bawa mobile bank dan USB charger untuk barang-barang elektronik.

8. Suruh anak-anak ke toilet sebelum naik pesawat walaupun anak-anak bilang gak butuh. Bilangin aja kepada anak-anak entar kalau pas naik mau pipis gak bisa lho.

9. Untuk bayi, ganti pampers sebelum naik pesawat walaupun masih terlihat lumayan bersih. Anda mau merasa yakin bahwa pampers bayi anda aman dan nyaman untuk di pesawat.

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather