Tradisi Tahun Baru Imlek Di Berbagai Negara

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Tahun Baru Imlek pada dasarnya adalah waktu bagi keluarga dan teman untuk berkumpul bersama. Namun, setiap negara merayakan Imlek dengan cara dan tradisi mereka sendiri yang unik. Yuk, mari kita lihat bagaimana mereka merayakannya!

Vietnam

Tahun Baru Vietnam, juga dikenal sebagai Tet, adalah salah satu festival paling sakral bagi warga Vietnam. Berdasarkan kalender lunar, Tet biasanya dirayakan pada akhir Januari atau awal Februari.

Tet adalah waktu untuk bertemu dan bercengkrama dengan keluarga sekaligus menghormati leluhur. Harapan untuk keberuntungan dan awal baru di tahun mendatang dilambangkan dengan makanan Mam Ngu Qua (nampan lima buah), bunga dan tanaman (bunga pohon persik), yang dapat ditemukan di rumah-rumah, pasar, dan toko.

Perayaan ini umumnya berlangsung selama 3 hari, tetapi juga dapat berlangsung selama seminggu, di mana orang minum dan makan mut (buah manisan), banh chung (kue persegi yang terbuat dari beras ketan diisi dengan kacang-kacangan dan daging babi), dan mang (sup rebus rebung dan babi).

Korea

Tahun Baru Imlek di Korea dikenal sebagai Seollal. Seollal adalah waktu untuk memberi hormat kepada leluhur dan untuk bertemu dengan keluarga dan teman lama. Ini juga merupakan waktu untuk merangkul tradisi budaya dan kuliner Korea. Tidak jarang melihat orang-orang mengenakan Hanbok (pakaian tradisional), melakukan ritual leluhur, memainkan permainan tradisional, dan mendengarkan cerita-cerita rakyat kuno.

Tteokguk (sup kue beras), Galbi Jjim (iga pendek yang direbus) dan Jeon (pancake Korea) adalah beberapa makanan lezat yang akan Anda temui selama perayaan Seollal.

China

Tahun Baru Imlek di China adalah waktu paling penting bagi orang-orang Tiongkok untuk menghormati leluhur mereka dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Makan malam tahun baru di rumah dianggap sebagai makanan paling penting pada tahun tersebut.

Jutaan orang akan mencoba pulang sebelum makan malam, yang menyebabkan lalu lintas menjadi sangat padat di seluruh penjuru negara dan dapat dikatakan sebagai migrasi manusia tahunan terbesar di dunia. Makanan memainkan peran penting untuk menghubungkan orang, bersantai, dan menghargai kerja keras mereka selama setahun.

Kantong merah berisi hadiah uang (angpao) selalu dipertukarkan dan tren baru belakangan ini adalah memberikan angpao melalui platform digital. Hari ke-15 pada bulan lunar menandai akhir perayaan tahun baru tradisional secara resmi.

Kamboja

Di Kamboja, Tahun Baru Imlek (dikenal sebagai Tahun Baru China) bukanlah hari libur umum, tetapi banyak warga Kamboja terutama yang memiliki warisan budaya Tiongkok juga ingin merayakannya.

Mirip dengan Tahun Baru Imlek di Tiongkok, pada Malam Tahun Baru orang memasak banyak makanan tradisional Tiongkok untuk berdoa kepada leluhur, diikuti dengan makan malam keluarga besar.

Pada hari tahun baru, orang-orang juga memberikan angpao kepada teman dan kerabat yang datang berkunjung. Beberapa keluarga juga menyewa penari singa atau barongsai untuk tampil di tempat kerja mereka untuk menyambut tahun baru.

Filipina

Tahun Baru China biasanya hanya dirayakan oleh orang-orang Tionghoa Filipina, tetapi saat ini di kalangan masyarakat umum ada kebiasaan yang berkembang yaitu dengan memberikan kue bulan dan kue beras tahun baru (tikoy). Pada malam tahun baru, ada kembang api di Chinatown seluruh negeri dan tarian naga di mal menjadi lebih umum.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Kenapa Malas Berjalan Kaki?

 www.ryangrosir-online.com
“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Berdasarkan penelitian dari Universitas Stanford (2017), rata-rata penduduk dunia berjalan 4.961 langkah dalam sehari. Orang Hong Kong memiliki penduduk yang paling rajin berjalan kaki yaitu 6.880 langkah per hari. Sedangkan penduduk Indonesia merupakan penduduk yang paling malas sedunia dalam hal berjalan kaki, yakni 3.513 langkah per hari. Mengapa demikian?

Jika ditelaah alasannya, sebenarnya cukup logis mengapa penduduk Indonesia malas jalan kaki. Penyebab utamanya adalah desain kota-kota di Indonesia yang tidak ramah untuk pejalan kaki. Jalanan trotoar yang sempit dan sering kali berbatu atau tidak diaspal dengan baik membuat para pejalan kaki menjadi tidak nyaman. Selain itu terkadang trotoar menjadi tempat berjualan atau tempat parkir untuk sepeda motor, atau bahkan menjadi jalur sepeda motor itu sendiri ketika mereka ingin menyalip di jalan.

Penyebab lainnya adalah banyaknya orang yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi karena harga kendaraan, terutama sepeda motor, dan bensin di Indonesia relatif lebih murah dibandingkan di negara lain. Selain itu, ada juga faktor penduduk Indonesia yang padat terkadang menyebabkan orang enggan berdesakan jika mereka menggunakan kendaraan umum. Kendaraan pribadi di Indonesia juga menjadi patokan “status” atau terkadang orang ingin mengendarai kendaraan pribadi karena rasa gengsi.

Faktor keamanan juga menjadi penyebab mengapa orang malas jalan kaki. Dengan kondisi trotoar yang tidak rata atau sering kali dijadikan jalur motor untuk menyalip, berjalan kaki tidaklah selalu aman dan rawan akan kecelakaan. Selain itu, berdesakan dalam kendaraan umum juga merupakan situasi di mana pencopet dapat beraksi.

Selain itu, juga ada faktor cuaca dan kebersihan. Indonesia merupakan negara tropis di mana cuaca panas selalu terjadi hampir setiap hari sehingga mudah bagi orang di luar rumah untuk berkeringat walaupun mereka hanya berjalan kaki sebentar. Selain itu udara di perkotaan banyak yang sudah terkena polusi dari asap kendaraan sehingga orang menjadi tidak betah lama-lama berada di luar.

Setelah mengetahui alasan mengapa orang di sini malas berjalan kaki, mungkin Anda pun setuju dan juga enggan berjalan kaki dan lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi walau jarak menuju tujuan Anda hanya sekitar 300 meter. Akan tetapi, tahukan Anda berjalan kaki memiliki manfaat untuk kesehatan dan sesungguhnya dianjurkan untuk dilakukan?

Berikut adalah beberapa manfaat berjalan kaki:

  • Membuat panjang umur
  • Menyehatkan jantung
  • Membakar lemak
  • Mengurangi risiko nyeri sendi
  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Setelah mengetahui manfaat berjalan kaki di atas, apakah Anda masih ingin tetap menggunakan kendaraan pribadi? Tentunya susah untuk mengubah kebiasaan selama ini yang sudah dilakukan, apa lagi dengan keadaan jalanan di negara kita yang memang tidak mendukung untuk pejalan kaki. Akan tetapi alangkah baiknya jika kita mulai sedikit demi sedikit berjalan kaki lebih banyak dari biasanya dan juga berantisipasi untuk pemerintah negara kita agar menciptakan keadaan yang kondusif untuk para pejalan kaki.facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Ketahui Karakteristik Seseorang Dari Bunga Favorit Mereka

 www.ryangrosir-online.com
“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands” Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Kita semua memiliki bunga yang menarik perhatian kita, tetapi tahukah Anda apa yang sebenarnya dilambangkan oleh bunga favorit Anda? Banyak bunga yang memiliki arti unik yang mungkin belum pernah Anda dengar.

Inilah beberapa bunga yang mungkin merupakan favorit Anda—dan apa yang mereka katakan tentang kepribadian Anda.

Mawar

Mawar dapat memiliki beberapa arti berbeda tergantung pada warnanya. Mawar merah melambangkan cinta dan hasrat, sedangkan mawar merah muda berarti anugerah, kebahagiaan, dan kelembutan. Mawar putih berarti kemurnian, kepolosan, penghormatan, dan keheningan; mawar kuning melambangkan awal baru, suka cita dan persahabatan; dan mawar oranye melambangkan keinginan dan antusiasme.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Anda hampir selalu berpikir dengan hati Anda. Walaupun Anda tampak klasik, Anda tidak pernah ketinggalan jaman. Anda tahu cara membuat pernyataan dan membuatnya tampak mudah.

Tulip

Tulip juga dapat memiliki arti berbeda tergantung pada warnanya. Secara keseluruhan, tulip biasanya diterima untuk melambangkan cinta yang sempurna atau sejati, dan ketenaran. Tulip merah dianggap sebagai pernyataan cinta, tulip kuning dikatakan berarti “ada sinar matahari dalam senyum Anda”, sedangkan tulip putih melambangkan kelayakan dan pengampunan.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Anda penuh perhatian dan percaya diri dan gaya pribadi Anda banyak berubah berdasarkan suasana hati Anda, tetapi entah bagaimana selalu tampak rapi dan terkoordinasi.

Aster

Bunga aster biasanya mewakili kepolosan, harapan, dan kesucian. Untuk aster gerbera, yang memiliki warna-warna cerah, melambangkan keceriaan.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Anda adalah seorang optimis yang dapat menemukan hal baik dalam situasi buruk apa pun—dan Anda mungkin juga orang yang bersemangat di pagi hari. Anda selalu tahu apa yang harus dikatakan untuk membuat orang lain tersenyum.

Lilac

Secara keseluruhan, lilac melambangkan masa muda yang polos, atau kegembiraan pada masa muda, tetapi mereka juga dapat memiliki arti yang berbeda berdasarkan warna mereka. Misalnya lilac ungu yang berarti cinta pertama, sedangkan lilac putih melambangkan kerendahan hati dan kepolosan.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Anda suka pada hal-hal berbau nostalgia—foto-foto lama dari masa lalu Anda, barang antik, menonton acara pertunjukan lama—dan Anda menyukai gaya vintage.

Bunga Matahari

Bunga matahari menandakan rasa kagum karena mereka selalu mengarah pada matahari, serta dedikasi atau cinta yang berdedikasi, dan pikiran murni.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Aktivitas favorit Anda? Mencari teman baru. Anda menyukai berada di sekitar orang dan menjadi pusat perhatian. Anda tampak cerah dan hangat, dan Anda selalu dapat mengatakan sesuatu dengan berani.

Anggrek

Anggrek melambangkan keindahan eksotis, penyempurnaan, perhatian, dan pesona yang matang. Mereka juga merupakan simbol kewanitaan yang berwibawa dan mulia.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Anda memiliki banyak pengetahuan dan misterius—Anda tidak pernah menjadi orang paling ribut atau paling glamor di dalam ruangan, tetapi orang-orang masih tertarik kepada Anda. Anda selalu fokus terhadap hal-hal detil dan selalu tepat.

Lili

Umumnya bunga lili melambangkan kemurnian dan keindahan, meskipun maknanya juga berubah tergantung pada warna dan jenisnya. Lili putih melambangkan kesopanan dan keperawanan, lili kuning mewakili keriangan atau keceriaan, dan lili oranye melambangkan gairah.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Anda adalah pekerja keras yang gembira, bersemangat, dan Anda tidak takut untuk merasa bangga dengan prestasi Anda. Anda selalu untuk mencoba melakukan sesuatu dengan sempurna dan Anda tahu bagaimana untuk tampak menonjol dalam kerumunan orang.

Anyelir

Anyelir melambangkan hal yang berbeda berdasarkan warnanya. Anyelir merah mewakili cinta, kebanggaan dan kekaguman sementara anyelir merah muda melambangkan cinta seorang wanita atau ibu. Anyelir ungu mewakili ketidakteraturan, anyelir kuning berarti atau penolakan, dan anyelir putih melambangkan kepolosan dan cinta murni.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Kualitas terbaik dari penyuka anyelir adalah bahwa apa pun yang terjadi, Anda tetap rendah hati. Anda memiliki banyak suasana hati, tetapi terlepas dari apa yang Anda rasakan, Anda akan tetap sama: sederhana tetapi menakjubkan.

Jadi, apakah bunga favorit Anda?facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Pahami Arti Tangisan Bayi

 www.ryangrosir-online.com
“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Karena bayi belum bisa berbicara, maka mereka hanya bisa berkomunikasi lewat tangisan ketika mereka merasa resah atau membutuhkan sesuatu. Perlu diingat jika bayi Anda benar-benar kesal atau tangisan mereka menjadi tangisan histeris, Anda akan kesulitan untuk menghentikannya. Sebelum mereka sampai menangis histeris, mereka biasanya akan mencoba berkomunikasi dengan Anda dengan berbagai tanda.

Jika Anda sudah terbiasa dengan tangisan anak, Anda akan lebih mudah mengidentifikasi maksud di balik tangisan mereka sebelum tangisan mereka semakin menjadi-jadi. Sampai Anda terbiasa, coba pahami beberapa tanda dan penyebab mereka menangis berikut ini.

Lapar
Ketika bayi menjadi lapar, mereka akan refleks untuk menghisap. Bayi Anda akan mulai berusaha membuat suara untuk mendapatkan perhatian Anda, tetapi lidahnya akan didorong ke langit-langit mulutnya.

Tidak nyaman
Biasanya bayi yang menangis dengan mulut terbuka dan napas pendek berarti bayi Anda merasa tidak nyaman. Kemungkinannya adalah dia bisa saja merasa gatal, popok basah, dingin, atau ingin berada di posisi yang berbeda.

Kolik
Jika anak Anda menangis sambil mendorong napasnya keluar seperti mencoba bersendawa, kemungkinan dia merasa tidak nyaman karena dia mengalami kolik atau banyaknya gas dalam usus akibat dari enzim untuk mencerna ASI. Cobalah untuk menggendong bayi dengan posisi tegak sambal menepuk punggung secara pelan untuk mengeluarkan gas dalam perutnya. Anda juga dapat mencoba memberi kompres handuk air hangat untuk perutnya.

Sakit
Bayi akan menangis ketika dia merasa tidak enak badan. Anda dapat mencoba untuk mengukur suhu badannya atau memeriksa apakah buang airnya normal. Terkadang mereka juga bisa dapat sakit seperti batuk atau pilek yang menyebabkan hidung mereka tersumbat. Segera bawa ke dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat.

Mengantuk
Ketika bayi Anda membuat suara “oh” selama napas panjang yang lambat, suara tersebut adalah teriakan mereka ketika menguap yang bisa berarti dia ingin menyampaikan bahwa dia mengantuk. Tetapi Anda harus memahaminya sebagai “Bawa aku ke tempat tidurku dan lakukan hal-hal yang biasa Mama lakukan sebelum aku tidur!”

Tanda-tanda yang disebutkan di atas adalah beberapa yang dapat diidentifikasi dari cara mereka menangis. Akan tetapi ada beberapa penyebab lain yang tidak bisa ditebak misalnya ketika anak ingin digendong atau bisa juga saat mereka tidak nyaman dikelilingi keramaian saat Anda mereka mengajak mereka pergi. Ingatlah juga untuk selalu membaca situasi di sekitar bayi agar Anda bisa lebih mudah memahami tangisan mereka.facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

9 Bukti Kasih Sayang Orang Tua Walau Mereka Jauh

 www.ryangrosir-online.com
“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Bagi Anda atau anak yang tinggal jauh dari orang tua, apakah yang Anda rasakan? Apakah Anda merasa bebas tinggal sendiri ataukah Anda rindu pada orang tua? Tahukah Anda bahwa orang tua Anda selalu memikirkan Anda walaupun Anda tinggal jauh dari mereka? Berikut adalah hal-hal yang pasti pernah Anda alami yang merupakan bukti bahwa orang tua Anda tetap menyayangi Anda.

1. Walaupun tidak bertemu muka secara langsung setiap hari, mereka pasti menanyakan kabar lewat suara.
Orang tua mana yang tidak pernah menanyakan kabar anaknya? Meskipun mereka tidak bisa mengunjungi, pasti ada saatnya Anda dihubungi lewat telepon. Cukup dengan mendengar Anda baik-baik saja akan membuat mereka tenang jadi jangan lupa untuk selalu mengabari orang tua Anda!

2. Selain kabar, mereka ingin tahu kegiatanmu.
Orang tua juga pasti ingin tahu anaknya melakukan kegiatan apa saja selama tinggal sendiri. Jangan heran jika mereka terus-menerus misscall kalau Anda tidak menjawab-jawab padahal mereka hanya ingin tahu apa yang Anda lakukan hari itu. Mereka hanya khawatir jika terjadi sesuatu pada Anda maka dari itu sebisa mungkin angkatlah telepon atau balas chat mereka.

3. Mereka akan mengirimkan paket.
Isinya mungkin bisa snack atau makanan lain atau bisa saja baju dan kebutuhan Anda yang lain. Biasanya mereka akan menawarkan atau mungkin malah rajin mengirim paket secara berkala tanpa diminta.

4. Bukan cuma mengirim paket, tapi juga uang.
Walaupun Anda tidak meminta, terkadang mereka juga bisa saja mengirim Anda uang lebih untuk kebutuhan Anda. Siapa tahu ketika Anda ditelpon mereka tiba-tiba minta Anda untuk mengecek rekening dan tahu-tahu saldo Anda bertambah.

5. Jika mereka tidak sempat mengunjungi Anda, kerabat lain yang akan mengunjungi Anda.
Bisa jadi saudara, paman, atau tante Anda yang diminta orang tua untuk datang melihat keadaan Anda atau mungkin terkadang mereka akan datang dengan membawa paket titipan dari orang tua Anda.

6. Orang-orang terdekat Anda seperti teman atau pacar terkadang ditanyakan.
Mungkin tampak seperti ingin mengganggu kehidupan pribadi Anda, tapi sebenarnya orang tua Anda peduli dan ingin tahu jika hubungan Anda dengan teman atau pacar masih baik-baik saja.

7. “Kapan pulang ke rumah?”
Pertanyaan yang pasti ditanya jika Anda sedang libur panjang. Sempatkanlah untuk pulang selalu karena orang tua Anda pasti sangat rindu dengan Anda.

8. Tidak pulang-pulang, mereka yang menjenguk.
Jangan kaget kalau tiba-tiba orang tua Anda datang mengunjungi Anda karena Anda tidak pulang-pulang. Mereka bahkan mungkin mengambil cuti kerja hanya untuk melihat wajah kalian, lho!

9. Selalu berdoa untuk Anda.
Walaupun Anda mungkin tidak tahu, orang tua akan selalu mendoakan kesehatan dan keselamatan anaknya. Jika ada berita kriminal di televisi apalagi terjadi di dekat tempat Anda tinggal, pasti mereka akan segera menghubungi Anda untuk berhati-hati.

Dari semua hal di atas pasti setidaknya ada satu atau dua yang pernah Anda alami jika Anda tinggal jauh dari orang tua. Hal itu membuktikan mereka sayang pada Anda, lho! Tunjukkanlah bahwa Anda juga sayang pada mereka!facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Perlukah Satu Rumah Punya Lebih Dari Satu Televisi?

 www.ryangrosir-online.com
“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Walaupun smartphone, tablet, dan laptop mungkin kini sangat berpengaruh dalam hidup kita, perangkat-perangkat tersebut masih belum bisa sepenuhnya menggantikan televisi. Setelah berakar lama di ruang keluarga, banyak televisi yang kini pindah atau juga diletakkan di kamar tidur, dapur, dan bahkan kamar mandi.

Ada kalanya di sebuah rumah, televisi dinyalakan pada pagi hari dan terus dibiarkan menyala sepanjang hari — baik ada yang menonton atau tidak — sampai saat sebelum tidur. Ada juga di rumah lain di mana semua kegiatan dilakukan di dekat televisi seperti makan, melipat pakaian, mengerjakan pekerjaan rumah, membaca, dan bermain di ruang tamu sehingga anggota keluarga dapat menonton televisi. Ketika ada tamu datang berkunjung, menonton televisi pun sering menjadi kegiatan untuk hiburan. Ini adalah pola yang cukup konsisten di mana televisi menjadi pusat aktivitas.

Menonton televisi dapat mengurangi produktivitas ketika seseorang sudah terbiasa melakukan sesuatu sambil menonton atau harus dekat dengan pesawat televisi. Keluarga yang tidak memiliki akan lebih mungkin terlibat dalam diskusi keluarga, pekerjaan rumah tangga, atau bermain dengan anak-anak. Begitu televisi dapat diakses, kegiatan-kegiatan ini akan menurun, begitu juga berbagai tempat di mana kegiatan ini terjadi karena orang akan cenderung melakukan kegiatan sambil menonton.

Jauh sebelum orang bisa menonton lewat smartphone atau menggunakan internet, mereka mencari cara untuk menggeser waktu dan tempat agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Televisi kedua biasanya ada untuk alasan ini. Dengan adanya televisi lebih dari satu, orang dapat melanjutkan kegiatan mereka seperti di dapur atau kamar mandi sambil menonton.

Namun sekarang ini, tidak banyak orang yang menganggap televisi sebagai kebutuhan karena mereka lebih sering menggunakan smartphone dan tablet untuk menonton, tetapi mereka masih membeli televisi karena kebiasaan lama sulit dihentikan. Tampaknya semakin tua Anda, semakin besar kemungkinan Anda memiliki televisi sendiri. Terkadang manajemen langganan untuk internet atau perangkat seluler terlalu sulit atau merepotkan untuk orang yang sudah tua. Televisi lebih menyediakan saluran yang konsisten dan Anda hanya perlu membayar tagihan bulanan.

Mungkin tidak semua orang ingin memiliki televisi sampai di kamar mandi, tetapi jika memungkinkan bagi kita untuk memiliki perangkat kedua, memang akan lebih menawarkan kebebasan dan pilihan. Jika Anda hanya memiliki satu televisi, hal itu akan memberikan titik sentral untuk berkumpul di rumah dengan keluarga dan teman — sesuatu yang tidak mudah dilakukan dengan smartphone atau tablet.

Jadi apakah perlu memiliki lebih dari satu televisi dalam satu rumah? Walaupun satu televisi sebenarnya cukup, namun memiliki lebih dari satu pesawat televisi juga bukan merupakan hal yang salah. Setiap keluarga berbeda karena mereka perlu penyesuaian dengan kebutuhan mereka karena sulit bagi orang yang sudah terbiasa melakukan aktifitas sambil menonton untuk produktif jika hanya memiliki satu televisi. Walaupun jaman sudah berubah, televisi akan tetap menjadi sesuatu yang menyita perhatian Anda.facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Bagaimana Menghadapi Anak Yang Mendengar Berita Tragedi?

 www.ryangrosir-online.com
“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Apa yang harus Anda lakukan jika anak Anda yang masih kecil melihat berita mengenai teroris atau berita tragedi lainnya? Dengan maraknya kejadian yang terjadi dengan mengenaskan belakangan ini, tentunya ada beberapa orang tua yang bingung bagaimana menjelaskan dan menghadapi anak mereka yang masih kecil.

Kita sebagai orang tua juga tidak mungkin bisa membatasi media sepenuhnya karena bisa saja menonton berita di televisi atau membaca berita dari gadget mereka, mereka juga bisa mendengar berita dari temannya di sekolah. Anak Anda mungkin akan bertanya pada Anda mengenai berita tersebut dan tentunya Anda tidak ingin anak Anda merasa takut atau ingin mereka tahu banyak karena mereka masih terlalu muda.

Berikut mungkin dapat menjadi beberapa saran untuk menghadapi anak Anda yang bertanya pada Anda dalam situasi ini.

1. Dengarkan dan klarifikasi. Himbaulah anak-anak Anda untuk berbicara tentang apa yang sudah mereka ketahui, biarkan mereka mengajukan pertanyaan, dan kemudian berikan informasi sederhana sebagai klarifikasi yang sesuai dengan usia mereka. Semua informasi yang Anda berikan harus hitam dan putih. Walaupun dunia bisa menjadi tempat yang kejam, tetapi anak-anak kecil tidak bisa menangani kebenaran yang mengerikan. Anak-anak yang lebih muda perlu diyakinkan bahwa ini tidak akan terjadi pada mereka. Untuk anak-anak yang sedikit lebih besar, ada baiknya kita membantu mereka membedakan antara kebenaran dan rumor.

2. Fokuslah pada orang yang membantu. Untuk anak-anak yang masih kecil, akan lebih baik dan membantu jika mereka melihat hal yang positif dalam situasi yang menakutkan. Salah satunya adalah dengan mencari orang-orang yang membantu dalam kejadian. Sebagai contoh, jika anak-anak mendengar tentang kebakaran di daerah tersebut, bicaralah tentang petugas pemadam kebakaran pemberani yang segera tiba di lokasi. Jika mereka mendengar tentang bencana alam, bicarakan tentang orang-orang yang datang untuk membantu mereka yang membutuhkan – menyediakan makanan, memberi tempat tinggal, dan menyumbangkan uang.

3. Batasi tontonan anak terutama liputan berita. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, anak bisa saja membaca atau mendengar berita dari temannya atau dari gadget. Akan tetapi dengan membatasi tontonan mereka setidaknya akan membantu untuk mengurangi kemungkinan bagi mereka untuk mendengar berita menakutkan. Sampai sang anak berusia sekitar 7 tahun, ada baiknya Anda tidak menjelaskan hal-hal sulit kepada anak Anda kecuali jika mereka yang bertanya lebih dulu karena mereka mendengarnya dari orang lain.

4. Yang terpenting adalah, berikan rasa aman. Yakinkan anak-anak bahwa orang dewasa dalam kehidupan mereka ada untuk membantu dan melindungi mereka. Yakinkan mereka bahwa mereka aman dan dicintai – bahwa mereka selalu dapat bertanya atau menyampaikan perasaan mereka kepada Anda dan bahwa Anda akan selalu di pihak mereka. Jalankan rutinitas seperti biasanya karena dengan memberi mereka keteraturan dalam hidup juga akan membuat mereka tahu bahwa segala sesuatu terus berjalan dan segalanya akan baik-baik saja walaupun mereka merasa takut.facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Mengajari Anak Untuk “Mengelola” Uang

 www.ryangrosir-online.com
“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Otak anak diprogram untuk menyerap dan meniru perilaku di sekitar mereka, yang berarti bahwa jika Anda menanamkan keterampilan untuk mengelola uang yang tepat, akan semakin mudah bagi mereka untuk menjadi lebih bertanggung jawab atas keuangan mereka sendiri di masa depan.
Berikut beberapa strategi yang dapat membantu Anda mengajarkan anak tentang prinsip agar mereka menjadi cerdas secara finansial.

Temukan Peluang Untuk Belajar
Akan ada saat di mana anak Anda pasti akan menghabiskan uang saku mereka secara langsung daripada menahan diri untuk membeli barang-barang yang lebih mahal yang mereka minta. Daripada memberi mereka lebih banyak uang atau membelikannya langsung untuk mereka, gunakan saat itu sebagai peluang untuk menunjukkan bahwa uang adalah sumber daya yang terbatas dan harus dipertimbangkan untuk jangka waktu yang panjang.
Ajak mereka untuk membahas tentang barang lebih mahal yang dapat mereka beli jika mereka menabung. Anda juga dapat memberikan contoh dari pengalaman Anda sendiri baik ketika Anda menghabiskan uang tanpa berpikir atau ketika Anda berhasil menabung untuk membeli rumah dan mobil.

Tunjukkan Bahwa Uang Diperoleh Dari Kerja Keras
Pekerjaan rumah adalah cara paling mudah untuk mengajarkan bahwa uang tidak diperoleh dengan cuma-cuma. Anda bisa memberi mereka imbalan uang saku tambahan jika mereka melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu atau mencuci yang mungkin tidak ingin mereka lakukan anak, tetapi mereka akan dapat belajar bahwa mereka harus melakukannya jika mereka ingin mendapat uang lebih. Namun, beberapa orang tua terkadang menemukan bahwa metode ini tidak selalu mengajarkan pengelolaan uang, kuncinya adalah bagaimana mengaturnya.
Sebagai contoh, Anda dapat memberi imbalan uang dalam jumlah berbeda tergantung pada sulitnya pekerjaan yang anak lakukan. Hal ini akan mendorong anak untuk berdiskusi tentang berapa yang akan mereka dapatkan dan ini akan membantu mereka untuk mengendali keuangan mereka dari pada memperlakukan uang sebagai sesuatu yang didapat dengan cuma-cuma.

Minta Mereka Membuat Catatan
Ketika anak Anda secara konsisten mendapatkan imbalan uang dari tugas-tugas rumah, penting halnya untuk mereka dapat menghitung apa yang mereka gunakan dengan uang tersebut. Anda harus sering menekankan hal ini setiap memberikan mereka uang. Mereka akan mulai memperhatikan kebiasaan belanja mereka yang boros dan mengidentifikasi pembelian sia-sia mana yang harus dihindari. Untuk dapat mendkung hal ini, ajari mereka untuk menyimpan bon pembelian atau mencatat apa yang dibeli agar mereka dapat mengingat apa yang mereka beli.

Manfaatkan Bantuan Visual
Meskipun celengan dengan bentuk lucu mungkin tampak menarik untuk digunakan, anak Anda tidak dapat melihat hasil dari mengumpulkan koin mereka. Gunakan toples bening atau wadah transparan sehingga anak Anda dapat melihat proses dari menimbunnya uang yang mereka tabung secara rajin. Dengan begini, konsep menabung akan lebih mudah dilihat dan dipahami.
Anda juga dapat membuka rekening bank untuk anak yang sudah lebih besar. Hal ini akan memberi mereka kesempatan untuk belajar mengenai buku bank, yang bertindak sebagai bantuan visual. Setiap kali ada mereka menyetor, mereka dapat melihat berapa banyak uang yang dimasukkan ke rekening mereka dan bagaimana jumlah tabungan mereka berubah dari bulan ke bulan.

Dorong Mereka untuk Menetapkan Tujuan Menabung
Akan ada perasaan sukses dan berhasil dan jika seseorang mencapainya tanpa jalan pintas atau menerima bantuan. Salurkan pola pikir ini ketika Anda ingin mengajari anak untuk berlatih mengelola uang mereka. Jika mereka ingin gadget terbaru, sarankan mereka untuk membelinya sendiri dan bantu mereka mengembangkan rencana menabung. Proses menyisihkan uang dengan tujuan spesifik dalam pikiran dapat memperkuat kemampuan anak untuk menjadi pintar mengenai uang dan dapat membeli barang yang mereka inginkan tanpa bantuan orang lain.

Tidak ada kata terlalu cepat untuk mulai mengajar anak-anak Anda menjadi cerdas secara finansial. Banyak orang yang tidak belajar mengatur keuangan pribadi sampai pada akhirnya sudah terlambat dan terlibat dalam hutang. Maka dari itu, mengajarkan keterampilan ini sejak dini adalah hal penting untuk menyiapkan anak-anak Anda agar sukses di kemudian hari.facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Kapan Sebaiknya Memperkenalkan Smartphone Atau Tablet Pada Anak?

 www.ryangrosir-online.com
“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Sejak saat mereka dapat memegang sebuah benda di tangan mereka, anak-anak mungkin akan mencoba untuk memegang smartphone atau tablet Anda. Dengan banyaknya mainan atau aplikasi yang mungkin berguna untuk anak Anda, mungkin Anda mempertimbangkan untuk memperkenalkan anak Anda ke perangkat-perangkat tersebut.
Berikut adalah beberapa tips bermanfaat tentang kapan dan bagaimana cara memperkenalkan anak Anda ke salah satu atau dua teknologi ini.

Tunggu Hingga Pra-sekolah
Hanya karena balita suka menekan tombol dan menonton video bukan berarti mereka siap untuk berhadapan dengan komputer. Para ahli merekomendasikan untuk menunggu hingga anak Anda setidaknya berusia pra-sekolah. Anak-anak di bawah usia dua tahun belajar paling baik dari pengalaman dan interaksi dunia nyata, dan setiap menit yang dihabiskan di depan perangkat berbasis layar adalah satu menit di mana anak Anda tidak menjelajahi dunia dan menggunakan indera yang sangat penting dalam proses perkembangan mereka. Namun, pada usia tiga tahun, banyak anak yang sudah aktif dalam menggunakan dan memperoleh manfaat dari media elektronik yang berbasis pendidikan.
Anak Anda mungkin bisa saja sudah siap lebih cepat atau lambat, tergantung pada tingkat pengawasan yang diperlukan. Dalam lingkungan yang diawasi, anak-anak berusia empat atau lima tahun sudah dapat terlibat dalam kegiatan belajar menggunakan smartphone dan tablet. Sedangkan dalam lingkungan yang tidak diawasi, memegang perangkat-perangkat tersebut tidak direkomendasikan sampai setidaknya mereka berusia antara 11 – 13 tahun.

Perlunya Bimbingan Orangtua
Para ahli menyarankan orang tua agar untuk sangat terlibat dalam pengalaman anak mereka dengan perangkat elektronik, terutama pada usia muda. Tujuannya adalah eksposur yang seimbang. Orang tua harus menjaga layar media di area keluarga sehingga penggunaan media anak dapat dipantau, dan TV dan komputer harus dijauhkan dari kamar tidur. Anda dapat membantu anak saat mereka mencoba aplikasi baru atau mengajukan pertanyaan tentang game. Hal ini akan dapat membantu meningkatkan keterampilan pemahaman anak.
Namun, walau banyak aspek-aspek hebat dari perangkat digital ini, orang tua harus mencoba untuk tetap seimbang dan mematikan perangkat tersebut untuk menghabiskan waktu yang “nyata” dengan anak-anak mereka, Dunia nyata adalah tempat yang sangat penting bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan kognitif, sosial, dan bahasa.

Batasi Waktu Penggunaan
Direkomendasikan untuk tidak lebih dari setengah jam per sesi bagi usia empat hingga lima tahun, dan tidak lebih dari satu jam per sesi untuk usia enam hingga tujuh tahun. Ketika mereka sudah masuk usia sekolah, Anda tetap harus membatasi jika mereka menggunakan perangkat untuk bermain game. Seiring bertambahnya usia anak Anda, Anda bisa memberi mereka lebih banyak kebebasan namun juga perlu diingat risiko untuk mata yang terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar.

Perhatikan Konten
Sangat penting untuk fokus pada konten ketika anak mencoba sebuah aplikasi. Sebagai orang tua, Anda harus dapat membedakan antara konten berbasis pendidikan dan hiburan. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat melihat rentang usia yang biasanya tercantum pada aplikasi, dengan mengingat apa yang dapat digunakan anak Anda.
Ada banyak permainan dan aktivitas interaktif di perangkat digital yang tidak selalu tentang subjek sekolah tetapi masih berguna untuk anak-anak, contohnya permainan ingatan, teka-teki, keterampilan mengasuh seperti hewan peliharaan digital, dan keterampilan kreatif seperti menggambar atau membuat musik.

Semoga dengan tips-tips di atas dapat memberikan manfaat dan gambaran tentang penggunaan perangkat untuk anak!facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Apa Yang Mendorong Orang Tua Untuk “Sharing” Di Sosial Media?

 www.ryangrosir-online.com
“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Menurut sebuah studi pada tahun 2010, 81 persen anak-anak di seluruh dunia sudah memiliki kehadiran secara online sebelum usia dua tahun. Sungguh jumlah yang luar biasa untuk anak-anak dengan orang tua yang gemar bermain Facebook atau Instagram dan hal ini sudah bisa dikatakan menjadi sebuah budaya.

Apakah blogging atau posting tentang anak seseorang hanyalah versi modern dari menunjukkan foto di dompet, atau apakah sifat “memberi tahu semua” dari sosial media yang menjadikan ini sebuah fenomena tersendiri?

Ada yang berkeyakinan bahwa sosial media telah memicu gejolak rasa ketidakamanan bagi orang tua. Sekalipun jika orang tua sudah berhasil dengan asuhan dan didikan mereka, sosial media seakan menjadi opini kedua yang dibutuhkan: ‘Saya pikir saya sudah membesarkan anak-anak saya dengan baik, tetapi saya ingin meyakinkan diri saya dengan berbagi di Facebook’. Hal ini menunjukkan banyak orang tua yang merasa cemas dan mencoba mencari ‘resep’ untuk diikuti.

Namun selain itu, ada para ahli yang berkeyakinan bahwa hal ini disebabkan oleh sifat “bangga” orang tua. Orang tua memiliki sifat natural di mana mereka ingin membanggakan anak mereka dan internet atau sosial media merupakan wadah di mana mereka bisa melakukannya.

Alasannya lainnya juga ada yang mencoba mencari dukungan dari orang tua lain, atau rasa ingin menjadi bagian dari sesuatu atau komunitas online di mana mereka merasa dipahami dan dicintai.

Apakah Terlalu Banyak “Sharing” Itu Berbahaya?

Membuat blog atau memposting gambar anak-anak mereka secara online sebenarnya memiliki batasan tipis antara membanggakan atau berbagi cerita mengenai si kecil dengan melanggar privasi dan keamanannya. Sebagai orang tua, seharusnya kita menjaga privasi anak-anak sampai mereka cukup dewasa dan bertanggung jawab untuk membuat kehadiran sendiri secara online. Mungkin Anda ingin “sharing” mengenai hal tertentu yang terjadi pada anak, tetapi apakah Anda pernah berpikir bahwa mungkin saja sang anak tidak ingin hal tersebut untuk diceritakan pada orang lain?

Komunitas online memang banyak yang mendukung sehingga terkadang kita lupa bahwa ada batasan yang perlu kita lihat antara apa yang kita bagikan secara online, apalagi jika sudah menyangkut privasi. Anda perlu berhati-hati karena bisa saja ada yang memanfaatkan informasi anak Anda untuk sesuatu yang tidak diinginkan.

Tips untuk Menjaga Anak-Anak Agar Aman

Jika Anda memilih untuk membuat blog atau memposting foto anak-anak Anda secara online, ingatlah untuk mengikuti panduan ini:

  • Manfaatkan pengaturan privasi. Dengan menggunakan pengaturan privasi yang ditawarkan di Facebook atau situs sosial media lainnya, Anda dapat mengurangi kemungkinan untuk orang asing yang dapat melihat foto yang Anda posting untuk keluarga dan teman.
  • Lindungi anak Anda dari pencurian identitas. Seorang pencuri dapat mengumpulkan apa yang mungkin tampak sebagai informasi acak dan menggunakannya untuk meniru anak Anda — membuka rekening bank, mengambil pinjaman, bahkan melakukan kejahatan — semua menggunakan nama anak.
  • Jangan beri orang asing info mengenai anak Anda. Hindari memposting jenis informasi yang dapat membahayakan anak Anda. Informasi yang dimaksud di sini tidak hanya fakta tetapi juga perasaan seperti rasa rentan atau kesedihan anak yang dapat mengundang kontak dengan orang asing.
  • Bijaklah tentang foto yang Anda posting secara online. Teknologi pada kamera sekarang dapat menandai kapan foto tersebut diambil dan bahkan dapat menandai foto dengan pengenal yang memberi tahu Anda lokasi foto itu diambil.

Jika Anda tidak yakin seberapa banyak yang seharusnya Anda “sharing”, ingatlah bahwa mengurangi beberapa informasi yang ingin Anda bagikan akan selalu lebih baik untuk anak privasi Anda.facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather