Mengajarkan Sopan Santun Pada Anak

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Sebagai orang tua dan pengasuh, membantu anak-anak kita mengembangkan keterampilan sosial seperti cara berinteraksi dengan sopan dalam situasi sehari-hari adalah salah satu pekerjaan paling penting yang kita miliki. Mengajari anak-anak Anda untuk menggunakan tata krama yang baik juga merupakan salah satu cara sederhana untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan dan rasa hormat yang dibutuhkan sekarang ini lebih dari sebelumnya. Kuncinya adalah memulai sejak dini dan konsisten. Berikut adalah perilaku sopan santun penting yang perlu Anda ajarkan sejak dini.

  • Gunakan bahasa sopan

Belajar menggunakan kata-kata dan kalimat yang sopan adalah dasar dari perilaku yang baik. Cara termudah untuk mengajar anak-anak mengatakan “tolong”, “terima kasih”, “sama-sama”, dan “permisi” adalah dengan memastikan mereka mendengar Anda menggunakan kata-kata itu setiap hari dan dalam berbagai situasi. Hal ini tidak berarti mereka akan selalu ingat—Anda dapat mengingatkan mereka—tetapi jika Anda memberikan contoh yang baik, pada akhirnya anak Anda akan mulai menggunakan kata-kata sopan tanpa perlu diingatkan.

  • Perhatikan kata-kata Anda

Anak kecil tidak memiliki kemampuan untuk menyaring apa yang pantas untuk dikatakan dan apa yang tidak, dan hal ini dapat menyebabkan beberapa situasi yang memalukan. Contohnya adalah saat anak Anda akan melihat orang-orang yang tampak berbeda dan mereka ingin mengomentari atau bertanya tentang perbedaan-perbedaan itu. Anak juga dapat mengatakan bahwa mereka tidak suka makanan atau hadiah yang diberikan kepada mereka—di hadapan orang yang memberikannya. Untungnya dengan seiring bertambahnya usia dan latihan, anak-anak akan belajar berpikir sebelum berbicara. Sebelum mereka dapat melakukan itu, jelaskan kepada anak-anak Anda bahwa mengatakan sesuatu yang tidak baik atau berkomentar tentang penampilan seseorang di depan umum dapat menyakitkan. Beri tahu anak-anak Anda bahwa mereka dapat selalu membagikan pemikiran dan pertanyaan mereka dengan Anda nanti di rumah.

  • Ajarkan untuk menyapa

Salah satu keterampilan sosial terpenting yang dapat dipelajari anak Anda adalah bagaimana menyapa orang lain dengan benar. Pertama, tekankan kontak mata. Untuk mempermudah anak kecil untuk melakukannya, katakan pada mereka untuk melihat warna mata orang tersebut. Latih tanggapan sederhana terhadap pertanyaan umum seperti “Apa kabar?”. Berlatih peran dan dialog dapat membantu anak Anda merasa lebih percaya diri menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan pelatihan Anda akan memastikan bahwa mereka tidak akan memberikan terlalu banyak informasi tentang diri mereka sendiri.

  • Berlatih kesabaran

Bagi seorang anak kecil, menunggu untuk berbicara dapat terasa seperti siksaan. Ketika seorang anak memiliki pemikiran, mereka ingin segera mengekspresikannya terlepas dari apa yang sedang terjadi di sekitar mereka atau siapa yang mereka interupsi. Tetapi bagaimana Anda membuat anak Anda belajar kebiasaan menunggu gilirannya untuk berbicara? Mengingatkan secara verbal memang penting, tetapi sering gagal untuk menekankan pelajaran. Cobalah isyarat visual seperti mainan khusus atau tongkat bicara. Anda bisa mengatakan, “Ketika Ibu menyerahkan mainan ini padamu, itu tandanya giliranmu untuk berbicara.”

  • Jadilah tamu yang baik

Menjadi tamu yang sopan adalah hal penting terutama saat anak-anak bertambah usia. Anak Anda harus selalu mengikuti aturan orang tua ketika di rumah teman, membersihkan sendiri peralatan apa yang mereka gunakan, menggunakan bahasa yang sopan, dan berterima kasih kepada orang tua dan teman karena telah mengundangnya. Ajarkan sopan santun ini sebelum Anda membawa anak Anda ke rumah temannya.

  • Ajarkan tata krama pada meja makan

Waktu makan dengan anak-anak terkadang terasa melelahkan, yang berarti etiket adalah hal terakhir dalam pikiran orang tua. Tetapi tata krama meja makan adalah keterampilan sosial yang penting. Anak berumur tiga atau empat tahun dapat mulai belajar perilaku yang tepat selama makan. Mulailah dengan dasar-dasar yang akhirnya akan mereka jadikan kebiasaan: Cuci tangan Anda sebelum makan; letakkan serbet di pangkuan; jangan bicara dengan mulut penuh makanan; katakan tolong dan terima kasih; dan bersihkan piring Anda dari meja.

  • Selalu konsisten dan sabar

Belajar sopan santun bisa memakan waktu. Ingatlah untuk memuji anak-anak ketika mereka menggunakan perilaku dan sopan santun yang baik. Ketika mereka tidak melakukannya, cukup tunjukkan bahwa mereka perlu menggunakan kata atau perilaku yang sesuai. Lanjutkan mengajari mereka dengan memberi contoh. Menggunakan sopan santun adalah sesuatu yang kita lakukan setiap hari, jadi selama Anda menanamkan dasar-dasar dan berusaha untuk memperbaikinya, bersikap sopan akan menjadi kebiasaan dan anak-anak Anda akan percaya diri dalam situasi sosial seiring bertambahnya usia.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

6 Cara Untuk Membantu Anak Tidur Nyenyak Saat Bepergian

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Mempersiapkan perjalanan atau liburan keluarga pasti membuat Anda semangat—pikirkan saja semua kesenangan yang akan Anda miliki! Tetapi liburan dengan anak-anak dapat dengan mudah menjadi serba salah jika jadwal tidur mereka rusak, terutama anak yang masih bayi. Berikut adalah tips untuk membantu menghadapi anak atau membuat mereka tidur saat bepergian.

1. Jika bisa, hindari terbang saat tidur siang atau tidur

Hal ini jelas tidak selalu memungkinkan, tetapi merupakan hal ideal. Bayi dapat tidur di pesawat, tetapi karena Anda terbatas pada ruang kecil, mungkin akan sulit untuk membujuk bayi yang rewel atau balita untuk tidur. Tidur siang dalam perjalanan juga tidak pernah nyenyak, jadi bahkan jika bayi Anda tidur, mereka mungkin akan terbangun. Jika memungkinkan, rencanakan tidur siang sebelum penerbangan. Dengan begitu Anda bepergian dengan anak yang bahagia dan cukup istirahat.

2. Jika Anda harus terbang saat jam tidur siang atau tidur malam…

Bawalah benda di rumah yang familiar bagi anak Anda saat bepergian—khususnya barang yang membuat mereka tidak dapat tidur tanpanya. Baik itu selimut bayi, dot, atau boneka, selalu kemas barang-barang yang familiar bagi mereka ini dan masukkan pada tas yang mudah diakses saat bepergian. Perasaan memiliki sesuatu yang familiar di tempat asing akan membantu mereka merasa lebih nyaman dan damai, yang juga akan membuat waktu tidur menjadi lebih mudah.

3. Mulai berkendara dengan mobil tepat sebelum tidur siang

Pastikan anak-anak Anda telah selesai bermain dan makan (dan pergi ke kamar mandi!) tepat sebelum masuk ke mobil. Nyalakan musik yang menenangkan dan biarkan suara dan gerakan mobil membuat bayi Anda tertidur. Melakukan perjalanan panjang dengan berkendara mobil tepat saat waktu tidur siang akan menjadikan perjalanan paling damai yang akan Anda miliki. Anda juga bisa pergi di pagi hari pada jam sebelum anak biasanya bangun di pagi hari. Pindahkan bayi Anda yang sedang tidur ke kursi mobil sebelum Anda siap untuk pergi. Keuntungan memulai perjalanan di pagi hari? Jalanan tidak macet dan anak Anda kemungkinan besar akan bangun setelah setengah perjalanan sudah lewat!

4. Kenakan piyama pada anak Anda

Tidur saat bepergian akan terasa kurang nyaman, jadi jika Anda ingin membantu anak-anak Anda tidur saat mereka bepergian, lakukan sebanyak yang Anda bisa untuk membuat mereka merasa nyaman. Bepergian dengan piyama dalam perjalanan darat atau naik pesawat terbang dapat membantu anak Anda tidur lebih nyenyak dalam perjalanan. Kapan lagi seseorang dapat bepergian dengan piyama di tempat umum kalau bukan ketika mereka masih kecil? Hal ini juga akan dapat menjadi kenangan yang menyenangkan.

5. Masukkan waktu istirahat ke dalam rencana perjalanan Anda

Bayi dan balita memiliki temperamen yang sensitif. Mereka dapat merasakan semua stres dan kegembiraan yang disebabkan oleh liburan dan menjadi mudah kewalahan dengan berbagai kegiatan liburan. Hal ini akan membuatnya sulit untuk tertidur saat bepergian. Dalam perjalanan apapun, penting untuk menyisihkan waktu “berhenti” atau istirahat untuk anak Anda baik itu perjalanan panjang untuk mengunjungi kerabat atau sekedar bertamasya singkat ke pantai. Anda akan terkejut dengan betapa sedikit perencanaan ekstra yang Anda butuhkan agar anak Anda cukup tidur yang lelap selama perjalanan Anda.

6. Pastikan anak tidak keluar dari jadwal rutin mereka

Agar anak-anak berfungsi dengan sebaik-baiknya setiap hari, harus ada rutinitas yang ditetapkan bagi mereka—terutama dalam hal tidur. Saat bepergian, cobalah untuk tetap pada jadwal rutin Anda sebanyak yang Anda bisa. Mulailah hari di sekitar waktu yang sama Anda seperti ketika Anda berada di rumah, jagalah agar waktu makan dan tidur siang mereka juga tetap pada waktu yang sama setiap hari, dan yang paling penting, jangan biarkan anak-anak Anda terjaga melebihi waktu tidur mereka yang biasanya.

Mungkin sulit untuk membuat anak-anak Anda tidur ketika Anda sedang dalam perjalanan. Tetapi yakinlah bahwa dengan perencanaan yang cerdas bahkan sebelum Anda meninggalkan rumah, membuat anak-anak Anda tidur nyenyak benar-benar dapat dicapai!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

10 Manfaat Berkebun Untuk Anak

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Banyak kegiatan untuk dilakukan anak yang dapat membantu mereka mengekspresikan diri dan juga memuaskan rasa ingin tahu seorang anak. Berkebun adalah salah satu kegiatan yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut. Hanya dengan sekedar menanam benih di pot bunga, atau merawat taman dan kebun di rumah Anda, atau kegiatan berkebun lainnya ternyata dapat memberi manfaat juga untuk anak Anda. Berikut adalah 10 manfaat berkebun untuk anak!

(1) Berkebun melibatkan semua indera. Remas tangan Anda di tanah. Bagaimana rasanya? Mari kita tambahkan air. Seperti apa bentuknya sekarang? Bagaimana aroma bunga itu? Kita menanam sayuran, mari kita makan dan lihat bagaimana rasanya! Dengarkah bunyi sayuran itu saat kita menggigitnya? Seperti yang Anda lihat, mudah untuk memasukkan permainan sensorik ke dalam aktivitas berkebun!

(2) Berkebun mendorong anak untuk makan sehat. Apakah anak Anda menolak makan saat melihat sayur? Cobalah menanam satu sayuran dari benih. Anak Anda akan sangat bangga telah menanam makanan, dan mereka mungkin akan cukup penasaran untuk mencicipi buah dari hasil kerja mereka. Siapa tahu sayur tersebut menjadi favorit baru mereka!

(3) Berkebun meningkatkan perkembangan motorik halus. Mulai dari mengambil biji kecil, mencabut rumput liar, hingga merawat bibit serta tanaman dengan lembut–semua ini mendorong perkembangan keterampilan motorik halus di setiap langkahnya.

(4) Berkebun memperkenalkan anak pada konsep-konsep ilmiah. Apa yang membuat daun berwarna hijau? Apa yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh subur? Berapa banyak air yang dibutuhkan tanaman? Jelajahi sains bersama sambil berkebun dan buktikan bahwa belajar itu menyenangkan!

(5) Berkebun dapat memupuk ikatan keluarga. Mencari kegiatan keluarga yang bagus? Berkebun adalah jawaban Anda! Lebih banyak orang membuat pekerjaan lebih ringan dan meskipun berkebun jelas bisa menjadi pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu, melakukannya bersama-sama dengan keluarga membuatnya jadi menyenangkan. Anda bisa mencoba membuat “kebun pizza” – yang menumbuhkan bahan-bahan pizza yang disukai setiap anggota keluarga, seperti tomat untuk saus, bawang untuk ibu dan ayah, dan paprika hijau untuk anak-anak. Pizza dapat menjadi makan malam Anda saat panen!

(6) Berkebun mengajarkan tanggung jawab. Tanaman membutuhkan banyak perawatan. Lupa untuk menyirami mereka dapat menyebabkan kematian bagi tanaman Anda. Tidak memperhatikan apakah tanaman Anda tumbuh subur dalam cahaya langsung atau tidak langsung juga dapat mempengaruhi kesehatan tanaman Anda. Mempelajari cara merawat tanaman dengan baik adalah pelajaran hebat untuk melatih tanggung jawab anak.

(7) Berkebun membantu belajar merencanakan dan mengatur. Beberapa tanaman tumbuh lebih baik pada waktu-waktu tertentu dalam setahun. Ada tanaman lain yang tumbuh dengan baik di sebelah tanaman lain yang spesifik. Beberapa tumbuh dengan baik dalam barisan, sementara yang lain seperti biji bunga liar dapat ditaburkan di sekitarnya. Berkebun adalah kesempatan untuk mengobrol dengan anak-anak Anda tentang cara terbaik untuk merencanakan dan mengatur taman. Setelah ditanam, tentukan siapa yang akan merawat tanaman setiap harinya.

(8) Berkebun membantu anak untuk peduli lingkungan. Begitu anak-anak melihat berapa banyak waktu dan upaya yang harus dilakukan dalam berkebun, mereka mungkin akan menjadi lebih berempati terhadap mereka yang menyiapkan makanan di meja kita setiap hari. Gunakan waktu ini untuk berbicara tentang pentingnya petani lokal dan merawat bumi kita dengan mendaur ulang serta tidak membuang sampah sembarangan.

(9) Berkebun mengembangkan keterampilan berhitung. Berapa banyak benih yang bisa Anda tanam di setiap baris? Berapa banyak bibit yang bisa muat di setiap petak kebun? Berapa banyak air yang dibutuhkan oleh masing-masing tanaman dalam pot? Matematika adalah bagian besar dari berkebun!

(10) Berkebun mengajarkan kesabaran. Pertumbuhan dari benih menjadi tanaman dewasa bisa memakan waktu berminggu-minggu. Tidak ada guru yang lebih baik untuk mengajarkan kesabaran daripada berkebun. Selain itu, hasil dari berkebun selalu pantas dan menyenangkan untuk kita tunggu!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

20 Cara Mudah Untuk Mendukung Go Green Dari Rumah

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Tentunya sudah tidak asing lagi ketika kita mendengar tentang kampanye Go Green yang semakin marak, seperti misalnya sedotan yang sudah ditiadakan di restoran-restoran cepat saji, kampanye untuk tidak menggunakan kantong plastik, atau kampanye untuk lebih sering menggunakan kendaraan umum ketimbang kendaraan pribadi untuk mengurangi polusi.

Mengapa Go Green? Karena selain untuk mencegah global warming dan polusi, Anda juga dapat mengurangi biaya tagihan bulanan! Namun yang paling penting adalah dengan mendukung Go Green, Anda dapat membuat planet ini tetap layak untuk ditinggali generasi mendatang atau anak cucu Anda.

Anda bisa mendukung Go Green dari rumah Anda dengan mudah dan tidak harus dengan melakukan daur ulang! Berikut akan kami beri tahu beberapa hal mudah yang bisa Anda lakukan.

1. Beralihlah ke bohlam lampu CFL (lampu fluoresen padat) yang lebih ramah lingkungan.

2. Ganti satu atau beberapa alat rumah tangga dengan model yang hemat energi.

3. Berhenti menggunakan tas sekali pakai atau kantong plastik untuk belanja. Belilah beberapa tas yang bisa digunakan berkali-kali atau Anda dapat membuatnya sendiri.

4. Belilah botol air minum yang dapat digunakan lagi dan berhentilah membeli botol plastik sekali pakai.

5. Cucilah baju dengan air dingin dan jangan menggunakan air panas.

6. Matikan lampu saat Anda meninggalkan ruangan.

7. Jangan menyalakan lampu sama sekali selama Anda bisa—buka gorden Anda dan nikmati cahaya alami.

8. Kendarai mobil atau motor Anda dalam batas kecepatan, dan gabungkan semua keperluan Anda untuk keluar rumah selama seminggu dalam satu perjalanan.

9. Atau lebih baik lagi, berjalan atau naik sepeda ke tempat tujuan Anda yang berjarak dekat.

10. Matikan komputer Anda di malam hari.

11. Bayar tagihan Anda secara online karena Anda tidak akan perlu membuang-buang kertas atau bensin.

12. Gunakan kembali kertas bekas. Anda bisa mencetak pada dua sisi, atau biarkan anak-anak Anda menggunakan bagian belakang kertas bekas untuk menggambar atau mewarnai.

13. Perbaikilah keran yang bocor.

14. Cabut kabel dari peralatan dan perangkat yang tidak digunakan.

15. Kumpulkan air hujan, dan gunakan untuk menyirami tanaman hias dan taman Anda.

16. Beralihlah ke popok kain—atau setidaknya gunakan secara bergantian dengan popok sekali pakai.

17. Gunakan kain alih-alih tissue untuk membersihkan dapur Anda. Anda bisa membuat kain lap dari handuk atau baju lama yang sudah tidak Anda gunakan.

18. Gunakan serbet kain atau sapu tangan sebagai ganti tissue sesudah makan.

19. Gunakan kembali toples kaca sebagai wadah penyimpanan.

20. Menonton film dokumenter tentang industri makanan dan lingkungan dan pelajari bersama anak-anak Anda—sangat penting bagi anak-anak kita untuk memahami dari mana makanan kita berasal.

Mungkin tidak semua hal di atas bisa Anda lakukan tapi setidaknya satu atau dua hal di atas cukup mudah untuk Anda lakukan. Ingatlah bahwa satu tindakan begitu berarti. Mari dukung Go Green!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Membantu Anak Mengungkapkan Kemarahan Tanpa Berlaku Kasar

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Bagi Anda yang memiliki anak lebih dari satu, tentunya mereka akan sering bermain bersama dengan saudara mereka. Namun sayangnya, pertengkaran yang akan terjadi di antara mereka pun tentunya tidak terelakkan. Si adik bisa saja marah karena kakaknya tidak mau berbagi atau mengalah, atau mungkin sang kakak marah karena adiknya merusak barangnya secara tidak sengaja.

Ketika anak Anda marah, mereka bisa mulai memukul, menggigit, melempar, atau melakukan tindakan fisik lainnya karena mereka merasa marah. Memang terasa menjengkelkan ketika anak-anak kita bertindak secara fisik, namun perlu kita ketahui bahwa hal itu juga normal. Anak kecil yang merasa marah, takut, atau frustrasi, tetapi memiliki keterbatasan dalam bahasa yang terbatas akan menyebabkan mereka menggunakan tubuh mereka untuk mengekspresikan diri.

Bagian penting dalam mengasuh anak adalah membantu anak-anak kita memahami emosi mereka dan kemudian merespons dengan cara yang tidak menyakiti diri sendiri atau orang lain.

Kita Boleh Merasa Marah

Setiap orang pernah menjadi marah, sedih, dan terkadang takut—dan itu adalah pesan penting untuk dipelajari anak-anak! Anda boleh merasakan apa yang Anda rasakan dan Anda tidak salah karenanya, namun kita tidak boleh menyakiti orang lain. Bahasa “boleh” dan “tidak boleh” itu mudah dimengerti anak-anak. Itu adalah pesan yang jelas dan mengajarkan, namun tidak mempermalukan mereka atau meremehkan mereka ketika mereka melakukan kesalahan. Sebagai contoh:

“Kamu boleh merasa marah karena menara balokmu jatuh, tapi kamu tidak boleh melempar balok.”

“Kamu boleh merasa frustrasi pada kakak, tapi kamu tidak boleh memukulnya.”

Tekankan bahwa merasa marah itu tidak apa-apa dan merupakan hal yang wajar, namun mereka tidak boleh menyakiti orang lain karenanya.

Tawarkan Alternatif Sehat

Ada saran dari seorang guru prasekolah yang brilian: alih-alih mengatakan “Jangan lari di aula,” beri tahu anak-anak untuk “Berjalan dengan kaki tikus yang tenang” atau “Ayo berjalan dengan berjinjit pelan-pelan sampai ke ruang makan siang”. Daripada memberi mereka instruksi dengan kata “jangan”, dia memberi mereka alternatif yang menarik!

Jika kita hanya memberi tahu anak-anak untuk “berhenti memukul”, itu tidak akan membantu mereka meredakan perasaan tidak nyaman di dada mereka. Maka dari itu, kita perlu memberi alternatif yang sehat. Dengan waktu dan latihan, kita dapat mengajarkan mereka seperti:

  • Menggunakan kata-kata mereka untuk mengatakan perasaan mereka
  • Meminta bantuan orang dewasa ketika mereka tidak tahu harus berbuat apa
  • Menggunakan latihan pernapasan dalam untuk menenangkan tubuh mereka
  • Membangun otot-otot “kesabaran” mereka dengan menyanyi, menghitung, atau membayangkan sambil menunggu giliran

Berlatih Dan Mengajari Empati

Ketika anak-anak menggigit, memukul, atau menendang seseorang, itu adalah kesempatan yang baik untuk membantu mereka membangun empati mereka. Empati adalah kemampuan untuk merasakan bagaimana berada di posisi orang lain. Kita membayangkan bagaimana perasaan orang lain dan merespons dengan sikap peduli. Setelah perasaan menjadi lebih tenang, percakapan berbasis empati dapat terdengar seperti ini:

“Ingat pagi ini ketika kamu marah dan menendang temanmu. Adakah yang pernah menendangmu? Bagaimana rasanya? Bayangkan bagaimana perasaan temanmu. Apa yang nanti kamu lakukan saat kamu marah lagi?”

Sebagai orang tua, kita dapat berlatih empati dengan memperhatikan faktor-faktor yang berperan dalam respons anak-anak yang agresif: Apakah mereka lapar? Lelah? Iri dengan mainan baru teman? Apakah mereka merespons karena takut atau frustrasi?

Ketika kita menanggapi perasaan dan kebutuhan anak-anak kita—bahkan ketika kita dengan tegas menghentikan perilaku mereka yang berbahaya—kita mengingatkan mereka bahwa mereka dicintai dan bahwa kita peduli untuk mengajari mereka cara agar mereka bisa menghargai orang lain.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Menanggapi Perilaku Irasional Balita

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Tentunya anak balita pernah menuntut keinginan mereka untuk dipenuhi. Misalnya, ketika mereka ingin tetap bermain walaupun sudah waktunya tidur, menolak makan makanan yang mereka tidak suka, atau bahkan melempar mangkuk makanan mereka hanya dikarenakan mereka ingin mangkuk warna merah dan bukan biru. Jika Anda pernah mengalami hal yang mirip, Anda tidaklah sendiri. Selamat datang di dunia perilaku irasional balita.

Memang tampak menjengkelkan, tetapi jika dilihat melalui sudut pandang anak dan melalui lensa perkembangan, perilaku ini adalah sangat normal dan bahkan merupakan sebuah tahap yang harus dicapai. Insiden ini tidak perlu ditakuti karena ini adalah kesempatan untuk mengajari anak-anak mengelola emosi mereka dan mengatasi rasa frustasi atau kecewa.

Berikut adalah beberapa faktor penting yang mempengaruhi perilaku anak kecil yang berguna untuk diingat ketika berhadapan dengan perilaku mereka yang menantang:

1) Anak kecil digerakkan oleh emosi, bukan logika, sehingga perilaku irasional adalah hal normal yang tidak bisa dihindari. Bagian otak yang mengendalikan emosi dan tindakan—yang memungkinkan kita untuk berpikir, merencanakan, dan menyelesaikan masalah—tidak mulai berkembang hingga mendekati usia 3 tahun. Kebanyakan anak tidak dapat secara konsisten mengatur diri hingga usia 5 atau 6 tahun; meskipun demikian, kita sebagai orang dewasa pun sering kesulitan dalam mengatur emosi.

2) Balita menjadi semakin sadar bahwa mereka adalah makhluk independen—bahwa mereka dapat memiliki pemikiran dan perasaan yang berbeda dari orang lain. Ini berarti bahwa ketika mereka ingin tidur di tempat tidur Anda, mereka tahu ini bukan yang Anda pikirkan. Pencapaian kognitif baru ini, ditambah dengan dorongan keinginan balita untuk melakukan kontrol atas dunia mereka, mengarah pada upaya keras si balita untuk membuat Anda mengerti cara berpikir mereka. Mereka sangat pintar dan akan mencoba taktik apa saja yang mereka miliki (memanggil nama Anda, mengancam untuk tidak ingin tidur, atau membuat ulah seperti melempar barang) untuk memperoleh hal yang mereka inginkan.

3) Balita memiliki perasaan yang kuat tetapi sedikit kemampuan untuk mengelolanya di usia muda ini. Coba kita pikirkan—banyak orang dewasa yang juga masih berusaha untuk menyadari perasaan mereka dan memilih untuk menindakinya dengan cara yang sehat.

Jadi, apa yang harus dilakukan orang tua?

  • Tetap terkendali saat anak Anda di luar kendali. Mengelola emosi dan reaksi Anda adalah salah satu cara pengasuhan terpenting yang Anda inginkan. Ketika orang tua menjadi reaktif dan emosional, hal itu cenderung meningkatkan kekesalan anak dan mereka akan semakin intens untuk merebut kekuasaan dari Anda. Ketika anak Anda kehilangan kendali, dia membutuhkan Anda untuk tetap tenang dan rasional.
  • Ingatlah bahwa Anda sebenarnya tidak bisa membuat anak Anda melakukan apapun—makan, tidur, buang air kecil, buang air besar, bicara, atau berhenti mengamuk. Apa yang Anda kendalikan adalah bagaimana Anda merespons tindakan anak Anda, karena inilah yang memandu dan membentuk perilaku mereka. Jika mengamuk menghasilkan apa yang mereka inginkan, atau hanya mendapatkan lebih banyak perhatian, anak Anda akan berpikir itu adalah hal yang bagus untuk dilakukan. Ini bukan manipulasi melainkan perhitungan yang cerdas, dan hal ini berarti Anda membesarkan anak yang benar-benar kompeten. Dia mencari tahu cara-cara sukses untuk mendapatkan apa yang dia inginkan, yang merupakan hal luar biasa. Tugas kita adalah mengajarkan anak-anak kita strategi mana yang efektif dan mana yang tidak.
  • Tunjukkan empati dan akui perasaan mereka. “Ibu tahu kaos biru adalah favoritmu dan kamu kecewa kamu tidak bisa memakainya hari ini, tapi kaos itu sedang dicuci”. Bukan perasaan anak yang menjadi masalah, tapi bagaimana mereka menindaklanjutinya yang bisa bermasalah. Semakin Anda mengakui dan menunjukkan Anda mengerti perasaan mereka, semakin kecil kemungkinan anak akan bertindak di luar kendali ketika sedang emosi.
  • Tetapkan batas dan berikan pilihan yang dapat diterima. “Pilihanmu hari ini adalah kaos merah atau kuning.” Jika anak Anda menolak pilihan yang Anda tentukan, maka biarkan anak Anda tahu bahwa Anda yang akan membuat pilihan. Sang anak mungkin akan marah, dan yang Anda harus lakukan adalah tetap tenang ketika memakaikan kaos padanya dan tinggalkan anak Anda sesudah itu sehingga dia mengalami konsekuensi dari tindakannya. Hal inilah yang pada akhirnya menjadikan anak belajar membuat keputusan yang baik—dengan mengalami hasil dari pilihan mereka dan menilai keputusan mana yang membuat mereka mendapat apa yang mereka inginkan dan mana yang tidak.

Jika kemarahan sang anak membuat Anda mengeluarkan baju biru itu dari mesin cuci atau memberikan yang mereka inginkan, Anda: 1) memberinya harapan keliru bahwa ia akan mendapatkan semua yang diinginkannya, membuatnya lebih sulit baginya untuk belajar menjadi fleksibel dan menerima alternatif; 2) mengirim pesan kepadanya bahwa kemarahan atau penolakan untuk mengikuti kemauan Anda adalah strategi yang berhasil, yang secara alami akan terus ia andalkan; dan 3) membuat anak tidak berpikir dia bisa mengatasi kekecewaan, dan bahwa dia memang bisa bertahan dengan mengenakan baju yang berbeda—membangun fleksibilitas dan keterampilan beradaptasi yang penting.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Tradisi Tahun Baru Imlek Di Berbagai Negara

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Tahun Baru Imlek pada dasarnya adalah waktu bagi keluarga dan teman untuk berkumpul bersama. Namun, setiap negara merayakan Imlek dengan cara dan tradisi mereka sendiri yang unik. Yuk, mari kita lihat bagaimana mereka merayakannya!

Vietnam

Tahun Baru Vietnam, juga dikenal sebagai Tet, adalah salah satu festival paling sakral bagi warga Vietnam. Berdasarkan kalender lunar, Tet biasanya dirayakan pada akhir Januari atau awal Februari.

Tet adalah waktu untuk bertemu dan bercengkrama dengan keluarga sekaligus menghormati leluhur. Harapan untuk keberuntungan dan awal baru di tahun mendatang dilambangkan dengan makanan Mam Ngu Qua (nampan lima buah), bunga dan tanaman (bunga pohon persik), yang dapat ditemukan di rumah-rumah, pasar, dan toko.

Perayaan ini umumnya berlangsung selama 3 hari, tetapi juga dapat berlangsung selama seminggu, di mana orang minum dan makan mut (buah manisan), banh chung (kue persegi yang terbuat dari beras ketan diisi dengan kacang-kacangan dan daging babi), dan mang (sup rebus rebung dan babi).

Korea

Tahun Baru Imlek di Korea dikenal sebagai Seollal. Seollal adalah waktu untuk memberi hormat kepada leluhur dan untuk bertemu dengan keluarga dan teman lama. Ini juga merupakan waktu untuk merangkul tradisi budaya dan kuliner Korea. Tidak jarang melihat orang-orang mengenakan Hanbok (pakaian tradisional), melakukan ritual leluhur, memainkan permainan tradisional, dan mendengarkan cerita-cerita rakyat kuno.

Tteokguk (sup kue beras), Galbi Jjim (iga pendek yang direbus) dan Jeon (pancake Korea) adalah beberapa makanan lezat yang akan Anda temui selama perayaan Seollal.

China

Tahun Baru Imlek di China adalah waktu paling penting bagi orang-orang Tiongkok untuk menghormati leluhur mereka dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Makan malam tahun baru di rumah dianggap sebagai makanan paling penting pada tahun tersebut.

Jutaan orang akan mencoba pulang sebelum makan malam, yang menyebabkan lalu lintas menjadi sangat padat di seluruh penjuru negara dan dapat dikatakan sebagai migrasi manusia tahunan terbesar di dunia. Makanan memainkan peran penting untuk menghubungkan orang, bersantai, dan menghargai kerja keras mereka selama setahun.

Kantong merah berisi hadiah uang (angpao) selalu dipertukarkan dan tren baru belakangan ini adalah memberikan angpao melalui platform digital. Hari ke-15 pada bulan lunar menandai akhir perayaan tahun baru tradisional secara resmi.

Kamboja

Di Kamboja, Tahun Baru Imlek (dikenal sebagai Tahun Baru China) bukanlah hari libur umum, tetapi banyak warga Kamboja terutama yang memiliki warisan budaya Tiongkok juga ingin merayakannya.

Mirip dengan Tahun Baru Imlek di Tiongkok, pada Malam Tahun Baru orang memasak banyak makanan tradisional Tiongkok untuk berdoa kepada leluhur, diikuti dengan makan malam keluarga besar.

Pada hari tahun baru, orang-orang juga memberikan angpao kepada teman dan kerabat yang datang berkunjung. Beberapa keluarga juga menyewa penari singa atau barongsai untuk tampil di tempat kerja mereka untuk menyambut tahun baru.

Filipina

Tahun Baru China biasanya hanya dirayakan oleh orang-orang Tionghoa Filipina, tetapi saat ini di kalangan masyarakat umum ada kebiasaan yang berkembang yaitu dengan memberikan kue bulan dan kue beras tahun baru (tikoy). Pada malam tahun baru, ada kembang api di Chinatown seluruh negeri dan tarian naga di mal menjadi lebih umum.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Kenapa Malas Berjalan Kaki?

 www.ryangrosir-online.com
“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Berdasarkan penelitian dari Universitas Stanford (2017), rata-rata penduduk dunia berjalan 4.961 langkah dalam sehari. Orang Hong Kong memiliki penduduk yang paling rajin berjalan kaki yaitu 6.880 langkah per hari. Sedangkan penduduk Indonesia merupakan penduduk yang paling malas sedunia dalam hal berjalan kaki, yakni 3.513 langkah per hari. Mengapa demikian?

Jika ditelaah alasannya, sebenarnya cukup logis mengapa penduduk Indonesia malas jalan kaki. Penyebab utamanya adalah desain kota-kota di Indonesia yang tidak ramah untuk pejalan kaki. Jalanan trotoar yang sempit dan sering kali berbatu atau tidak diaspal dengan baik membuat para pejalan kaki menjadi tidak nyaman. Selain itu terkadang trotoar menjadi tempat berjualan atau tempat parkir untuk sepeda motor, atau bahkan menjadi jalur sepeda motor itu sendiri ketika mereka ingin menyalip di jalan.

Penyebab lainnya adalah banyaknya orang yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi karena harga kendaraan, terutama sepeda motor, dan bensin di Indonesia relatif lebih murah dibandingkan di negara lain. Selain itu, ada juga faktor penduduk Indonesia yang padat terkadang menyebabkan orang enggan berdesakan jika mereka menggunakan kendaraan umum. Kendaraan pribadi di Indonesia juga menjadi patokan “status” atau terkadang orang ingin mengendarai kendaraan pribadi karena rasa gengsi.

Faktor keamanan juga menjadi penyebab mengapa orang malas jalan kaki. Dengan kondisi trotoar yang tidak rata atau sering kali dijadikan jalur motor untuk menyalip, berjalan kaki tidaklah selalu aman dan rawan akan kecelakaan. Selain itu, berdesakan dalam kendaraan umum juga merupakan situasi di mana pencopet dapat beraksi.

Selain itu, juga ada faktor cuaca dan kebersihan. Indonesia merupakan negara tropis di mana cuaca panas selalu terjadi hampir setiap hari sehingga mudah bagi orang di luar rumah untuk berkeringat walaupun mereka hanya berjalan kaki sebentar. Selain itu udara di perkotaan banyak yang sudah terkena polusi dari asap kendaraan sehingga orang menjadi tidak betah lama-lama berada di luar.

Setelah mengetahui alasan mengapa orang di sini malas berjalan kaki, mungkin Anda pun setuju dan juga enggan berjalan kaki dan lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi walau jarak menuju tujuan Anda hanya sekitar 300 meter. Akan tetapi, tahukan Anda berjalan kaki memiliki manfaat untuk kesehatan dan sesungguhnya dianjurkan untuk dilakukan?

Berikut adalah beberapa manfaat berjalan kaki:

  • Membuat panjang umur
  • Menyehatkan jantung
  • Membakar lemak
  • Mengurangi risiko nyeri sendi
  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Setelah mengetahui manfaat berjalan kaki di atas, apakah Anda masih ingin tetap menggunakan kendaraan pribadi? Tentunya susah untuk mengubah kebiasaan selama ini yang sudah dilakukan, apa lagi dengan keadaan jalanan di negara kita yang memang tidak mendukung untuk pejalan kaki. Akan tetapi alangkah baiknya jika kita mulai sedikit demi sedikit berjalan kaki lebih banyak dari biasanya dan juga berantisipasi untuk pemerintah negara kita agar menciptakan keadaan yang kondusif untuk para pejalan kaki.facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Ketahui Karakteristik Seseorang Dari Bunga Favorit Mereka

 www.ryangrosir-online.com
“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands” Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Kita semua memiliki bunga yang menarik perhatian kita, tetapi tahukah Anda apa yang sebenarnya dilambangkan oleh bunga favorit Anda? Banyak bunga yang memiliki arti unik yang mungkin belum pernah Anda dengar.

Inilah beberapa bunga yang mungkin merupakan favorit Anda—dan apa yang mereka katakan tentang kepribadian Anda.

Mawar

Mawar dapat memiliki beberapa arti berbeda tergantung pada warnanya. Mawar merah melambangkan cinta dan hasrat, sedangkan mawar merah muda berarti anugerah, kebahagiaan, dan kelembutan. Mawar putih berarti kemurnian, kepolosan, penghormatan, dan keheningan; mawar kuning melambangkan awal baru, suka cita dan persahabatan; dan mawar oranye melambangkan keinginan dan antusiasme.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Anda hampir selalu berpikir dengan hati Anda. Walaupun Anda tampak klasik, Anda tidak pernah ketinggalan jaman. Anda tahu cara membuat pernyataan dan membuatnya tampak mudah.

Tulip

Tulip juga dapat memiliki arti berbeda tergantung pada warnanya. Secara keseluruhan, tulip biasanya diterima untuk melambangkan cinta yang sempurna atau sejati, dan ketenaran. Tulip merah dianggap sebagai pernyataan cinta, tulip kuning dikatakan berarti “ada sinar matahari dalam senyum Anda”, sedangkan tulip putih melambangkan kelayakan dan pengampunan.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Anda penuh perhatian dan percaya diri dan gaya pribadi Anda banyak berubah berdasarkan suasana hati Anda, tetapi entah bagaimana selalu tampak rapi dan terkoordinasi.

Aster

Bunga aster biasanya mewakili kepolosan, harapan, dan kesucian. Untuk aster gerbera, yang memiliki warna-warna cerah, melambangkan keceriaan.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Anda adalah seorang optimis yang dapat menemukan hal baik dalam situasi buruk apa pun—dan Anda mungkin juga orang yang bersemangat di pagi hari. Anda selalu tahu apa yang harus dikatakan untuk membuat orang lain tersenyum.

Lilac

Secara keseluruhan, lilac melambangkan masa muda yang polos, atau kegembiraan pada masa muda, tetapi mereka juga dapat memiliki arti yang berbeda berdasarkan warna mereka. Misalnya lilac ungu yang berarti cinta pertama, sedangkan lilac putih melambangkan kerendahan hati dan kepolosan.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Anda suka pada hal-hal berbau nostalgia—foto-foto lama dari masa lalu Anda, barang antik, menonton acara pertunjukan lama—dan Anda menyukai gaya vintage.

Bunga Matahari

Bunga matahari menandakan rasa kagum karena mereka selalu mengarah pada matahari, serta dedikasi atau cinta yang berdedikasi, dan pikiran murni.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Aktivitas favorit Anda? Mencari teman baru. Anda menyukai berada di sekitar orang dan menjadi pusat perhatian. Anda tampak cerah dan hangat, dan Anda selalu dapat mengatakan sesuatu dengan berani.

Anggrek

Anggrek melambangkan keindahan eksotis, penyempurnaan, perhatian, dan pesona yang matang. Mereka juga merupakan simbol kewanitaan yang berwibawa dan mulia.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Anda memiliki banyak pengetahuan dan misterius—Anda tidak pernah menjadi orang paling ribut atau paling glamor di dalam ruangan, tetapi orang-orang masih tertarik kepada Anda. Anda selalu fokus terhadap hal-hal detil dan selalu tepat.

Lili

Umumnya bunga lili melambangkan kemurnian dan keindahan, meskipun maknanya juga berubah tergantung pada warna dan jenisnya. Lili putih melambangkan kesopanan dan keperawanan, lili kuning mewakili keriangan atau keceriaan, dan lili oranye melambangkan gairah.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Anda adalah pekerja keras yang gembira, bersemangat, dan Anda tidak takut untuk merasa bangga dengan prestasi Anda. Anda selalu untuk mencoba melakukan sesuatu dengan sempurna dan Anda tahu bagaimana untuk tampak menonjol dalam kerumunan orang.

Anyelir

Anyelir melambangkan hal yang berbeda berdasarkan warnanya. Anyelir merah mewakili cinta, kebanggaan dan kekaguman sementara anyelir merah muda melambangkan cinta seorang wanita atau ibu. Anyelir ungu mewakili ketidakteraturan, anyelir kuning berarti atau penolakan, dan anyelir putih melambangkan kepolosan dan cinta murni.

Karakteristik orang yang menyukai bunga ini: Kualitas terbaik dari penyuka anyelir adalah bahwa apa pun yang terjadi, Anda tetap rendah hati. Anda memiliki banyak suasana hati, tetapi terlepas dari apa yang Anda rasakan, Anda akan tetap sama: sederhana tetapi menakjubkan.

Jadi, apakah bunga favorit Anda?facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Pahami Arti Tangisan Bayi

 www.ryangrosir-online.com
“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Karena bayi belum bisa berbicara, maka mereka hanya bisa berkomunikasi lewat tangisan ketika mereka merasa resah atau membutuhkan sesuatu. Perlu diingat jika bayi Anda benar-benar kesal atau tangisan mereka menjadi tangisan histeris, Anda akan kesulitan untuk menghentikannya. Sebelum mereka sampai menangis histeris, mereka biasanya akan mencoba berkomunikasi dengan Anda dengan berbagai tanda.

Jika Anda sudah terbiasa dengan tangisan anak, Anda akan lebih mudah mengidentifikasi maksud di balik tangisan mereka sebelum tangisan mereka semakin menjadi-jadi. Sampai Anda terbiasa, coba pahami beberapa tanda dan penyebab mereka menangis berikut ini.

Lapar
Ketika bayi menjadi lapar, mereka akan refleks untuk menghisap. Bayi Anda akan mulai berusaha membuat suara untuk mendapatkan perhatian Anda, tetapi lidahnya akan didorong ke langit-langit mulutnya.

Tidak nyaman
Biasanya bayi yang menangis dengan mulut terbuka dan napas pendek berarti bayi Anda merasa tidak nyaman. Kemungkinannya adalah dia bisa saja merasa gatal, popok basah, dingin, atau ingin berada di posisi yang berbeda.

Kolik
Jika anak Anda menangis sambil mendorong napasnya keluar seperti mencoba bersendawa, kemungkinan dia merasa tidak nyaman karena dia mengalami kolik atau banyaknya gas dalam usus akibat dari enzim untuk mencerna ASI. Cobalah untuk menggendong bayi dengan posisi tegak sambal menepuk punggung secara pelan untuk mengeluarkan gas dalam perutnya. Anda juga dapat mencoba memberi kompres handuk air hangat untuk perutnya.

Sakit
Bayi akan menangis ketika dia merasa tidak enak badan. Anda dapat mencoba untuk mengukur suhu badannya atau memeriksa apakah buang airnya normal. Terkadang mereka juga bisa dapat sakit seperti batuk atau pilek yang menyebabkan hidung mereka tersumbat. Segera bawa ke dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat.

Mengantuk
Ketika bayi Anda membuat suara “oh” selama napas panjang yang lambat, suara tersebut adalah teriakan mereka ketika menguap yang bisa berarti dia ingin menyampaikan bahwa dia mengantuk. Tetapi Anda harus memahaminya sebagai “Bawa aku ke tempat tidurku dan lakukan hal-hal yang biasa Mama lakukan sebelum aku tidur!”

Tanda-tanda yang disebutkan di atas adalah beberapa yang dapat diidentifikasi dari cara mereka menangis. Akan tetapi ada beberapa penyebab lain yang tidak bisa ditebak misalnya ketika anak ingin digendong atau bisa juga saat mereka tidak nyaman dikelilingi keramaian saat Anda mereka mengajak mereka pergi. Ingatlah juga untuk selalu membaca situasi di sekitar bayi agar Anda bisa lebih mudah memahami tangisan mereka.facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather