Apakah Anda Sadar 4 Gaya Cara Mendidik Anak Berikut Ini?

shutterstock_231312682

Mendidik anak terkadang dianggap sebagai hal biasa oleh orang tua dan terkadang secara tidak sadar mendidik anaknya mengikuti cara bagaimana mereka dibesarkan oleh orang tua mereka dulunya.

Tetapi sadarkah Anda bahwa cara Anda mendidik anak dapat mempengaruhi perkembangan sifat dan pola pikir anak Anda? Mari kita lihat beberapa gaya mendidik dan pengaruhnya:

1. OTORITER
Cara mendidik ini adalah dengan memberikan aturan-aturan ketat untuk anak dan tidak memberikan kebebasan atau kesempatan untuk bicara.

Biasanya anak yang diasuh dengan cara ini akan menjadi penakut dan tidak memiliki rasa percaya diri. Perlu diperhatikan bahwa beberapa anak juga bisa menjadi agresif karena merasa frustasi.

2. AUTORIATIF
Disini adalah cara mendidik dimana orang tua memberikan aturan dan batasan kepada anak akan tetapi juga memberikan anak kebebasan.

Dapat dikatakan ini adalah gaya mendidik anak yang ideal karena anak mendapat kebebasan untuk mengutarakan pendapat dan biasanya anak yang diasuh dengan cara ini menjadi anak yang terbuka dan positif.

3. MEMANJAKAN
Ada orang tua yang tidak membatasi anaknya sama sekali dan tidak mengajarkan untuk disiplin. Orang tua selalu mendengar perkataan anak dan menuruti semua kemauan mereka.

Anak yang dididik dengan cara ini dapat menjadi kurang pintar bergaul karena terlalu bergantung pada orang tua dan suka menuntut.

4. CUEK
Komunikasi antara orang tua dan anak sangatlah minim jika menggunakan cara ini dalam mendidik anak. Orang tua tidak memberikan aturan namun juga tidak responsif.

Anak yang jarang mendapat perhatian atau dari orang tua dapat menjadi depresi atau berbuat seenaknya karena tidak adanya pengawasan dari orang tua.

Karena setiap keluarga memiliki latar belakang dan gaya hidup berbeda, maka cara mendidik anak yang dijalankan pun berbeda. Akan tetapi kita perlu mengetahui dampak cara mendidik kita terhadap anak. Nah, cara mendidik manakah yang Anda sedang jalankan?

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *