Kapan Saja Waktu Terbaik Untuk Minum Air?

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe: RyanGrosirOnline / Toped: Ryan Club Grosir Online / Insta: ryanbabywear
______________________________________________

Tahukah Anda bahwa minum air bisa menjadi penyelamat hidup? Walau terdengar berlebihan, tetapi air minum yang jernih dan bersih sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh Anda tetap berfungsi dengan lancar.

Ingin minum lebih banyak air untuk bermanfaat bagi kesehatan Anda? Tidak disangka-sangka, ternyata minum air pun memiliki waktu sendiri yang tepat. Berikut ini adalah saat-saat kapan tubuh Anda paling membutuhkan air minum.

1. Minumlah Air Saat Pertama Kali Anda Bangun

Bayangkan menyalakan mesin mobil Anda dan langsung memasukkannya ke gigi tanpa menunggu mesin untuk melakukan pemanasan. Hal itu adalah bencana yang menunggu untuk terjadi. Hal yang sama berlaku untuk tubuh manusia. Tanpa air untuk bangun dan menyalakan tubuh di pagi hari, tubuh Anda mungkin kosong, terutama jika Anda melewatkan sarapan.

Segelas air dingin setelah Anda bangun memberitahu tubuh Anda bahwa inilah waktunya untuk berjalan dengan normal. Sistem sirkulasi Anda membutuhkan cairan untuk menyingkirkan radikal bebas yang membandel dan residu dari kalori terbakar yang digunakan selama metabolisme pada malam hari.

2. Minumlah Air Sebelum Makan

Minum air putih sebelum makan membantu Anda merasa lebih kenyang; hal ini berarti Anda akan cenderung mengurangi makanan Anda.

Ketika Anda terhidrasi, lambung juga disiapkan untuk makanan; air membangunkan indera perasa dan melembabkan lapisan lambung sehingga makanan yang rapuh atau asam tidak akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Dengan segelas air membasahi mulut akan membersihkan sisa-sisa rasa dari makanan sebelumnya untuk persiapan makanan yang akan disantap.

3. Minumlah Air Saat Anda Lapar

Jika Anda lapar di antara jam makan, minumlah segelas penuh air minum untuk melihat apakah Anda mengalami dehidrasi. Terkadang orang berpikir mereka lapar ketika mereka benar-benar haus. Minum air sebelum atau saat makan camilan akan membantu Anda merasa kenyang lebih cepat dan membantu menjaga asupan kalori tetap terkendali.

4. Minumlah Air Sebelum Berolahraga

Tergantung pada suhu, kelembaban, dan tingkat cairan tubuh Anda, Anda mungkin memerlukan satu atau beberapa gelas air untuk melindungi tubuh dari dehidrasi selama dan setelah berolahraga.

Hidrasi sangat penting untuk menjaga diri dari serangan panas dalam cuaca hangat dan radang dingin dalam suhu dingin karena sirkulasi tubuh Anda memainkan peran protektif di kedua suhu ekstrim dan membutuhkan air agar sirkulasi berfungsi dengan baik.

5. Minumlah Air Setelah Berolahraga

Setelah olahraga yang intens, Anda mungkin perlu minum banyak air untuk mengganti cairan yang hilang melalui keringat dan buang air kecil. Jumlah yang Anda perlukan bergantung pada berat badan, kesehatan, dan apakah Anda berolahraga dalam kondisi panas atau lembab – terutama untuk jangka waktu lama.

Pastikan untuk tidak minum terlalu banyak air terlalu cepat atau Anda bisa mengalami kram perut.

6. Minumlah Air Saat Anda Berada Di Tempat Yang Banyak Kuman

Jika Anda berada di sekitar orang sakit di rumah sakit atau di tempat kerja dan sekolah, minumlah lebih banyak air daripada biasanya untuk membantu membersihkan kuman dan virus yang mungkin diambil tubuh Anda. Tubuh yang terhidrasi dengan baik mendorong bakteri dan virus untuk bergerak bersama sehingga mereka tidak menetap dan berkembang biak dalam sistem Anda.

7. Minumlah Lebih Banyak Air Saat Anda Sakit

Saran yang diberikan ibu Anda masih berlaku: ketika Anda sakit, Anda perlu minum banyak cairan termasuk air untuk menjadi lebih baik.

Minum delapan gelas air setiap hari (8 ons per gelas) masih merupakan standar yang baik bagi kebanyakan orang, tetapi cairan lain seperti teh, jus, dan sup juga dihitung dalam total asupan cairan Anda.

8. Minumlah Air Saat Anda Lelah

Jika Anda merasa perlu tidur siang tetapi tidak dapat melakukannya, minumlah segelas atau dua gelas air.

Tahukah Anda bahwa kelelahan adalah salah satu tanda dehidrasi? Karena kemampuannya untuk bergerak cepat ke seluruh tubuh, air dapat mencapai otak Anda dan memberi Anda, katakanlah, sedikit dorongan sebelum menghadiri pertemuan atau ketika Anda harus mengejar batas waktu pekerjaan, bahkan jika Anda tidak cukup tidur.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *