Pelajari Pertolongan Pertama Untuk Mengobati Luka

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Banyak kegiatan sehari-hari yang tampak tidak berbahaya, namun sebenarnya mengandung risiko membuat Anda terluka jika tidak berhati-hati. Tangan Anda bisa saja terluka karena pisau ketika Anda sedang memasak, atau bisa saja memar terkena palu ketika Anda sedang membetulkan rak. Selain itu, jika Anda memiliki anak yang aktif, tentunya tidak heran jika dia sering mengalami luka atau goresan setelah mereka kembali dari bermain. Sebelum luka-luka tersebut membuat Anda panik, pelajari cara mengetahui kapan luka dan memar itu serius dan apa yang harus Anda lakukan untuk merawatnya.

Perbedaan Antara Luka Potong, Benjolan, dan Memar

Luka potong dan memar, dengan atau tanpa pembengkakan, pada dasarnya adalah hal yang sama. Hanya saja, yang satu terjadi di permukaan tubuh dan yang satunya terjadi di bawah permukaan, yaitu di jaringan lunak di bawah kulit. Benjolan dan memar adalah kerusakan yang terjadi pada jaringan lunak di bawah kulit. Faktanya, warna hitam atau biru yang Anda lihat saat memar adalah gumpalan darah yang terbentuk di bawah kulit.

Anda tidak perlu meminta bantuan medis ketika seseorang menderita luka, goresan, benjolan, atau memar dalam kondisi berikut:

  • Luka cedera kecil (sekitar 1/2 inci).
  • Tidak ada perdarahan, atau hanya sedikit pendarahan.
  • Tidak terlalu kesakitan.
  • Tidak merasakan mati rasa atau kesemutan.
  • Tidak menderita kelumpuhan apa pun.
  • Tampak tidak memiliki patah tulang atau dislokasi pada sendi. (Jika mereka sangat kesakitan dan bahu, kaki, lengan, atau pergelangan kaki tampak bergelantung tidak wajar, ada kemungkinan mereka mengalami patah tulang atau dislokasi.)

Pertolongan Pertama Untuk Luka Potong dan Goresan

Berikut adalah prosedur pertolongan pertama yang sederhana untuk merawat goresan dan luka kecil:

  • Jika area yang terluka memiliki goresan kulit, cuci dengan sabun lembut dan air hangat.
  • Oleskan krim atau semprotan antibakteri lain untuk mencegah infeksi.
  • Tutupi luka dengan pembalut kasa steril dan selotip atau plester.

Pertolongan Pertama Untuk Memar

Memar pada tangan, jari, kaki, dan jari kaki dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada memar yang terjadi pada lutut, tulang kering, atau lengan. Memar pada tangan dan kaki dapat menyebabkan hambatan dalam aktivitas. Misalnya, jari kaki yang memar dapat menyulitkan seseorang untuk berjalan, atau jari tangan yang memar mungkin akan menjauhkan Anda dari komputer untuk bekerja. Jika Anda atau seseorang di sekitar Anda mengalami pembengkakan kecil atau memar yang parah setelah menabrak sesuatu atau jatuh, segera hubungi dokter Anda.

Karena memar dan pembengkakan tidak menembus kulit, ada perbedaan dalam perawatan pertolongan pertama. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengobati berbagai jenis memar atau luka pada bagian bawah permukaan kulit:

Pertolongan Pertama Untuk Kulit Melepuh

Kulit melepuh adalah iritasi yang terisi penuh oleh cairan di bawah permukaan kulit. Lepuh darah adalah lepuh merah yang mengandung darah. Tidak ada yang berbahaya dari lepuhan, tetapi jika disertai dengan rasa sakit, demam yang berlebihan, atau lepuhan bertambah besar, Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

  • Segera oleskan kompres es pada memar untuk mengurangi pembengkakan. Jika Anda tidak memiliki kompres es, gunakan es yang dibungkus kain dan jadikan sedingin yang Anda bisa buat.
  • Jika memungkinkan, angkat area memar sehingga lebih tinggi dari jantung. Hal ini menjaga darah dari “penggumpalan” di daerah memar yang dapat menciptakan lebih banyak pendarahan internal dan pembengkakan.
  • Jaga agar memar berada di posisi tinggi selama kurang lebih 15 menit jika lukanya kecil. Jika memar parah dan menutupi sebagian besar tubuh, mintalah bantuan orang lain. Tempatkan memar yang parah pada posisi tinggi setidaknya selama satu jam atau sampai tim perawatan darurat yang terlatih tiba.
  • Jika memar tampaknya tidak membaik dan lebih dari 24 jam telah berlalu, temui dokter Anda.

Cari bantuan medis segera jika ada pembengkakan di sekitar memar, terutama jika terjadi pada sendi. Hal ini bisa menandakan bahaya pada saraf, otot, dan tulang.

Pertolongan Pertama untuk Pendarahan Internal

Pendarahan internal disebabkan oleh kerusakan pada dinding pembuluh darah, yang sangat disayangkan, tidak dapat dihentikan dengan prosedur pertolongan pertama. Hal terbaik untuk dilakukan adalah meminta bantuan segera pada medis karena pendarahan internal bisa menjadi serius dan dapat mempengaruhi organ vital seseorang. Berikut adalah gejala-gejala ketika seseorang mengalami pendarahan internal:

  • Kulit pucat dan lembab
  • Panas dingin
  • Tangan dan kaki terasa dingin
  • Pupil mata membesar
  • Denyut nadi cepat dan lemah
  • Pembengkakan besar di lokasi cedera
  • Warna hitam dan biru yang berubah dengan cepat pada luka

Ingatlah untuk selalu berhati-hati ketika melakukan aktivitas karena luka dan cedera bisa terjadi kapan saja. Semoga petunjuk-petunjuk di atas bermanfaat ketika Anda membutuhkannya!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *