9 Tips Mengatasi Insomnia

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Insomnia adalah ketidakmampuan untuk tertidur, tetap tidur, atau memenuhi jumlah jam tidur yang dibutuhkan individu. Gejalanya dapat meliputi sulit tidur, sering bangun di malam hari, bangun terlalu pagi, kantuk di siang hari, sulit berkonsentrasi, dan mudah marah. Insomnia dapat bersifat akut (berlangsung satu hingga beberapa malam) atau kronis (berlangsung dari sebulan hingga bertahun-tahun).

Gangguan tidur seringkali merupakan gejala dari penyakit atau kondisi lain, seperti depresi, sakit kronis, obat-obatan, atau stres, yang mungkin menjelaskan mengapa banyak orang yang mengalaminya. Berikut adalah beberapa cara untuk membantu mengatasi insomnia Anda:

  1. Bangun pada waktu yang sama setiap hari. Mungkin Anda tergoda untuk bangun siang di akhir pekan, terutama jika Anda memiliki tidur yang buruk selama seminggu. Namun, jika Anda menderita insomnia, Anda harus bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk melatih tubuh Anda untuk bangun pada waktu yang konsisten.
  2. Kurangi alkohol dan kafein. Kafein tidak hanya menyebabkan kesulitan memulai tidur, tetapi juga dapat menyebabkan sering terbangun. Alkohol mungkin memiliki efek sedatif untuk beberapa jam pertama setelah dikonsumsi, namun kemudian dapat menyebabkan gairah yang membuat tidur malam menjadi tidak nyenyak. Jika Anda menggunakan obat-obatan yang bertindak sebagai stimulan, seperti dekongestan atau inhaler asma, tanyakan kepada dokter Anda kapan mereka harus diambil untuk membantu meminimalkan dampak pada tidur Anda.
  3. Batasi tidur siang. Walaupun tidur siang tampak seperti cara yang tepat untuk mengejar kekurangan tidur, kenyataannya tidak selalu demikian. Penting untuk menetapkan dan mempertahankan pola tidur yang teratur dan melatih diri untuk membiasakan tidur dengan beberapa faktor seperti suasana gelap dan waktu tidur yang konsisten. Tidur siang dapat mempengaruhi kualitas tidur pada malam hari.
  4. Berolahraga secara teratur. Olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur. Namun, berolahraga tepat sebelum tidur dapat memiliki efek stimulan pada tubuh dan hal itu harus dihindari. Cobalah untuk menyelesaikan kegiatan olahraga setidaknya tiga jam sebelum Anda berencana untuk tidur.
  5. Batasi aktivitas di tempat tidur. Jika Anda menderita insomnia, jangan membaca, belajar, menelepon atau chatting. Selain itu, hindari menonton televisi atau mendengarkan radio. Semua aktivitas ini dapat meningkatkan rasa waspada dan membuat Anda sulit untuk tertidur.
  6. Jangan makan atau minum tepat sebelum tidur. Makan larut malam atau makan camilan sebelum tidur dapat mengaktifkan sistem pencernaan dan membuat Anda tetap terjaga. Selain itu, minum banyak cairan sebelum tidur dapat membanjiri kandung kemih yang membuat Anda harus sering mengunjungi kamar mandi dan mengganggu tidur Anda.
  7. Buat lingkungan tidur Anda nyaman. Suhu, pencahayaan, dan kebisingan harus dikontrol untuk membuat kamar tidur kondusif untuk membuat Anda tidur atau tetap tertidur. Tempat tidur Anda harus terasa nyaman dan jika Anda memiliki hewan peliharaan yang tidur di kamar bersama Anda, pertimbangkan untuk membiarkan hewan peliharaan tidur di tempat lain jika peliharaan Anda cenderung membuat kebisingan di malam hari.
  8. Selesaikan semua kekhawatiran Anda sebelum tidur. Jika Anda merasa berbaring di tempat tidur memikirkan hari esok, pertimbangkan untuk menyisihkan waktu – mungkin setelah makan malam – untuk meninjau hari itu dan membuat rencana atau daftar yang Anda harus lakukan untuk hari berikutnya. Tujuannya adalah untuk menghindari melakukan hal-hal ini ketika Anda mencoba untuk tidur.
  9. Kurangi rasa stres. Ada sejumlah terapi relaksasi dan metode pengurangan stres yang mungkin ingin Anda coba untuk menenangkan pikiran dan tubuh sebelum tidur. Contohnya termasuk relaksasi otot, teknik pernapasan, meditasi, atau yoga.
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *