Apakah Anak Anda Belum Bisa Atau Telat Berbicara?

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Sebagai orang tua, tentunya Anda akan bersabar menanti kata pertama yang dapat diucapkan anak Anda yang juga dapat membuat Anda merasa kecewa atau khawatir ketika mereka mereka masih belum dapat berbicara. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar anak-anak yang tampaknya “terlambat” belajar berbicara dapat mengejar tanpa masalah pada saat mereka berusia sekitar 2 tahun. Sekitar satu dari empat anak adalah pembicara yang terlambat — dan sebagian besar tidak memerlukan bantuan khusus untuk membuat mereka dapat melakukannya. Berikut adalah garis besar perkembangan anak Anda dalam perkembangan wicara mereka dan bagaimana cara mengetahui apakah Anda perlu menemui spesialis.

Apa Yang Normal?

Meskipun kemampuan wicara berkembang dengan cara yang hampir sama untuk semua anak, waktu yang dibutuhkan dapat sangat bervariasi. Aturan umumnya, anak-anak harus dapat mengatakan satu kata pada sekitar usia 1 tahun, kombinasi dua kata pada 18 bulan hingga 2 tahun, dan kalimat dengan tiga kata sebelum mereka berusia 3 tahun. Menurut hasil evaluasi keterlambatan bicara anak, kemampuan pemahaman sang anak sama pentingnya dengan seberapa banyak dia berbicara. Misalnya, meskipun seorang anak berusia 18 bulan hanya dapat mengatakan 50 hingga 100 kata, dia dapat lebih memahami sesuatu walaupun dia tidak dapat berbicara banyak. Jika anak membuat gerakan seperti menunjuk dan dapat mengikuti instruksi, hal tersebut membuktikan bahwa anak Anda mengerti dan berkomunikasi, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan keterlambatan mereka.

Alasan di Balik Keterlambatan Bicara

Keturunan dan tabiat dapat membuat seseorang terlambat berkembang, contohnya orang tua yang menawarkan setiap kebutuhan anak (dengan bertanya seperti “Apa kamu mau minum susu?”) daripada membiarkan mereka berbicara atau meminta sendiri. Beberapa anak yang cenderung menjadi pembicara yang terlambat termasuk:

  • Anak laki-laki: Mereka sering mengembangkan kemampuan wicara lebih lambat daripada perempuan, meskipun biasanya hanya ada jeda sekitar satu hingga dua bulan. Pada usia 16 bulan, anak laki-laki menggunakan sekitar 30 kata, sedangkan anak perempuan cenderung menggunakan sekitar 50 kata.
  • Bayi prematur: Bayi yang lahir awal seringkali membutuhkan waktu lebih lama daripada yang lain untuk mencapai tahap dia dapat menguasai sesuatu, namun pada usia 2 tahun mereka biasanya dapat mengejar anak sebayanya. Ahli anak mengatakan bahwa ketika mengukur perkembangan bayi prematur, orang tua harus mulai menghitung dari tanggal jatuh tempo anak, bukan tanggal kelahirannya.
  • Anak kembar: Para ahli memperkirakan bahwa sebanyak 50 persen dari semua anak kembar mengalami keterlambatan bahasa. Prematuritas, berat badan saat lahir yang rendah dan intervensi medis saat lahir—yang semuanya terjadi lebih sering dalam melahirkan anak kembar—dapat berkontribusi pada keterlambatan bahasa.
  • Anak-anak dengan infeksi telinga kronis: Jika cairan di telinga bertahan selama berbulan-bulan pada suatu waktu—terutama selama tahun pertama, ketika seorang anak mulai memproses bahasa—hal ini dapat menyebabkan pendengaran yang buruk dan menunda kemampuan wicara.
  • Anak-anak yang fokus pada keterampilan lain: Jika seorang anak terlambat bicara tetapi perkembangan keseluruhannya berjalan sesuai jadwal, ia mungkin hanya mencoba untuk menyempurnakan satu keterampilan, misalnya seperti berjalan.

Tanda-Tanda Anak Anda Mungkin Mengalami Keterlambatan

Sebelum anak Anda mencapai usia 2 tahun, ada banyak variasi dalam apa yang dianggap normal. Tetapi beberapa tanda yang mungkin menunjukkan ia membutuhkan bantuan:

  • Pada usia 1 tahun: Dia tidak mengoceh atau berbicara dalam kalimat buatannya sama sekali, atau dia sepertinya tidak mengerti atau merespons ketika Anda berbicara.
  • Pada usia 18 bulan: Dia belum mengatakan setidaknya satu kata.
  • Pada usia 2 tahun: Dia mengatakan hanya beberapa kata dan berkomunikasi sebagian besar melalui gerutu dan menunjuk, atau dia kehilangan keterampilan bahasa—entah kosa katanya telah menyusut atau dia tidak lagi banyak bicara.
  • Pada usia 2,5 tahun: Dia masih berbicara dalam suku kata tunggal, menjatuhkan konsonan akhir, atau tidak memiliki kosakata sekitar 50 kata.
  • Pada usia 3 tahun: Orang asing tidak bisa mengerti pelafalannya, atau dia berbicara hanya menggunakan frasa dua kata yang sederhana.

Apa Yang Harus Dilakukan?

Sebelum usia 2,5 tahun, mendengarkan suara Anda adalah cara yang bagus bagi anak Anda untuk belajar berbicara, jadi bacalah dengan lantang, nyanyikan lagu dan ajukan pertanyaan terbuka untuk mengundang percakapan. Meniup gelembung dapat mengembangkan otot-otot mulut, dan telepon mainan dapat mendorong mereka untuk berbicara.

Sebagian besar anak-anak yang terlambat bicara pada akhirnya akan menyusul anak sebayanya. Tetapi jika Anda memiliki kekhawatiran tentang anak Anda, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter anak Anda. Waktu terbaik untuk mendapatkan bantuan profesional adalah ketika anak Anda sekitar 2,5—usia ketika anak yang terlambat berkembang biasanya mengejar ketinggalan mereka.

Ketahuilah bahwa banyak orang-orang sukses yang dulunya tidak dapat mulai berbicara sampai mereka berusia 2 tahun—dan, dalam beberapa kasus, 4 tahun!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *