Mitos Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Semua orang tua ingin merawat bayi mereka dengan cara terbaik. Anda mendengarkan setiap saran yang diberikan oleh orang tua Anda di keluarga atau oleh teman-teman Anda ketika datang untuk merawat bayi Anda. Sebagai hasilnya, Anda bahkan mulai mempercayai mitos kuno dan berpikir bahwa itu baik untuk bayi kita. Tetapi benarkah demikian? Berikut akan kami bahas informasi tentang mitos perawatan bayi baru lahir yang umum dan fakta yang terkait dengannya.

1. Mitos: Pijat minyak adalah tradisi kuno yang tidak perlu dilakukan.

Fakta: Pijat dengan minyak sudah lama ada dalam budaya India, tetapi ini tidak berarti bahwa praktik kuno ini harus diganti atau dilakukan tanpa itu. Memijat bayi dengan minyak dianjurkan karena membantu sirkulasi darah yang lebih baik di tubuh bayi Anda dan juga membantu mendorong mereka untuk tidur.

2. Mitos: Tumbuh gigi pada bayi dapat menyebabkan demam.

Fakta: Proses tumbuh gigi pada bayi dimulai sekitar usia 6 bulan dan berlanjut hingga usia 24 bulan. Bayi yang lebih muda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga mereka mudah tertular infeksi atau penyakit lainnya. Jika bayi Anda demam dan ia mulai tumbuh gigi pada saat yang sama, hal itu tidak berarti ia menderita demam karena tumbuh gigi. Anda mungkin melihat sedikit peningkatan suhu bayi Anda jika ia tumbuh gigi, tetapi itu tidak bisa dikatakan demam. Namun, jika bayi Anda demam, maka jangan menganggapnya sebagai gejala tumbuh gigi. Bawalah dia ke dokter agar Anda dapat saran yang terbaik.

3. Mitos: Menggendong bayi dalam jangka waktu yang lama dapat membuat bayi menjadi manja.

Fakta: Satu-satunya cara komunikasi bayi adalah dengan menangis. Menangis adalah cara bayi mendapatkan perhatian orang tuanya dan memenuhi kebutuhannya. Selain itu, selama bulan-bulan awal, bayi membutuhkan lebih banyak kontak kulit ke kulit dan membutuhkan kenyamanan yang konstan. Jadi, jika Anda menggendong bayi Anda, maka tidak ada yang salah dan Anda tidak memanjakannya. Namun, tentu saja Anda juga tidak perlu menggendongnya sepanjang waktu.

4. Mitos: Ibu menyusui harus makan makanan hambar.

Fakta: Sebagai ibu menyusui Anda mungkin diminta untuk menghindari makanan tertentu yang dapat menyebabkan alergi seperti kacang-kacangan, susu, kedelai, kacang tanah, kerang, ikan, dan lain-lain. Namun di luar itu, Anda dapat makan makanan apapun yang Anda inginkan karena dapat membantu bayi Anda mengembangkan rasa untuk berbagai makanan melalui ASI. Hanya saja, Anda harus benar-benar menghindari alkohol, minuman berkafein dalam jumlah berlebihan, dan makanan berbahaya lainnya. Selama beberapa hari Anda juga perlu menghindari makanan pedas tetapi bukan berarti Anda harus makan makanan hambar.

5. Mitos: Bayi yang diberi susu formula lebih sehat.

Fakta: ASI harus menjadi satu-satunya sumber nutrisi bagi bayi selama enam bulan pertama hidupnya. Namun, jika karena alasan tertentu Anda tidak dapat menyusu bayi Anda, Anda akan diminta untuk memberikan susu formula kepada bayi Anda. Hal ini mungkin dapat dikatakan sehat tetapi tidak lebih sehat daripada ASI karena ASI penuh dengan nutrisi dan antibodi yang tidak bisa disandingkan dengan susu formula.

6. Mitos: Bayi yang baru lahir harus selalu berada di dalam rumah.

Fakta: Bayi yang baru lahir biasanya sangat rentan dan membutuhkan perhatian ekstra, oleh karena itu orang menyarankan untuk tidak membawanya keluar. Tetapi tidak ada salahnya membawa bayi Anda keluar dan membiarkannya menghirup udara segar kecuali kondisi cuaca sangat buruk. Membawa bayi Anda keluar rumah juga merupakan salah satu cara terbaik untuk membangun kekebalan bayi Anda.

7. Mitos: Sereal beras harus ditambahkan ke botol susu sebelum tidur agar tidur mereka nyenyak.

Fakta: Seorang bayi harus diberi hanya ASI dan memberinya makan atau minum melalui botol harus dihindari, sampai atau kecuali Anda tidak dapat melakukannya tanpa itu. Tetapi jika Anda memberikan susu formula, maka Anda harus menunggu setidaknya 4 hingga 5 bulan sebelum Anda menambahkan jenis sereal dalam makanan bayi Anda karena dapat menyebabkan komplikasi medis pada bayi seperti obesitas dan masalah medis lainnya.

8. Mitos: Bayi juga harus diberi minum air.

Fakta: Tidak. Air tidak boleh diberikan kepada bayi sebelum usia enam bulan karena ASI memiliki cukup air untuk memuaskan rasa haus dan lapar bayi.

9. Mitos: Bayi dapat tidur lebih baik jika diletakkan di atas perutnya.

Fakta: Bayi harus selalu dibuat tidur terlentang dan jangan pernah di perut mereka. Membuat bayi tidur dengan perut di bawah membuatnya berisiko terkena SIDS atau sindrom kematian bayi mendadak. Jadi, selalu buat dia tidur terlentang.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *