10 Cara Alami Untuk Menurunkan Tekanan Darah

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Tekanan darah tinggi adalah kondisi berbahaya yang dapat merusak jantung Anda. Namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah secara alami, bahkan tanpa memerlukan obat. Berikut adalah 10 cara alami untuk memerangi tekanan darah tinggi.

1. Berjalan dan berolahraga secara teratur

Olahraga adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Olahraga teratur membantu membuat jantung Anda lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah, yang menurunkan tekanan pada arteri Anda. Hanya dengan berjalan kaki 30 menit sehari dapat membantu menurunkan tekanan darah dan jika Anda berolahraga lebih banyak, hal itu akan membantu menguranginya lebih jauh.

2. Kurangi asupan garam dan gula

Sekitar separuh dari orang-orang dengan tekanan darah tinggi dan seperempat dari orang-orang dengan tekanan darah normal memiliki kepekaan terhadap garam yang dapat menaikkan tekanan darah begitu juga dengan gula. Hindari restoran dan makanan cepat saji dan menukar makanan olahan dengan yang segar dan gunakan bumbu dan rempah-rempah sebagai ganti garam.

3. Kurangi alkohol

Karena minum alkohol dalam jumlah berapapun dapat meningkatkan tekanan darah Anda, kurangi atau batasi minum Anda agar tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita, dua untuk pria.

4. Makan lebih banyak makanan yang kaya akan kalium

Kalium membantu tubuh Anda menyingkirkan garam dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah Anda. Makanan yang mengandung kalium tinggi termasuk sayuran (sayuran berdaun hijau, tomat, kentang), buah-buahan (melon, pisang, alpukat, jeruk), susu, yogurt, tuna, salmon, kacang-kacangan dan biji-bijian.

5. Kurangi kafein

Kafein dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah jangka pendek, namun bagi banyak orang hal itu tidak menyebabkan peningkatan yang bertahan lama. Jika Anda merasa peka terhadap kafein, cobalah kurangi untuk membantu menurunkan tekanan darah Anda.

6. Belajar mengelola stres

Stres adalah pendorong utama tekanan darah tinggi karena itu membuat detak jantung lebih cepat dan pembuluh darah menyempit. Cobalah untuk mengurangi stres Anda dengan mendengarkan musik yang menenangkan untuk membantu merilekskan sistem saraf Anda dan kurangi pekerjaan Anda jika terlalu banyak.

7. Makan dark chocolate atau cocoa

Dark chocolate dan bubuk coklat atau cocoa mengandung senyawa tanaman yang membantu mengendurkan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Anda bahkan hanya perlu makan dalam jumlah kecil untuk mendapatkan efeknya.

8. Menurunkan berat badan

Turunnya berat badan dapat membantu pembuluh darah Anda melakukan ekspansi dan kontraksi yang lebih baik, sehingga memudahkan ventrikel jantung kiri untuk memompa darah. Efek ini bahkan akan lebih besar ketika Anda berolahraga.

9. Berhenti merokok

Setiap kepulan asap rokok menyebabkan sedikit peningkatan tekanan darah sementara. Zat kimia dalam tembakau juga diketahui merusak pembuluh darah. Karena merokok dan tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung yang berfungsi memompa darah, berhenti merokok dapat membantu mengurangi resiko naiknya tekanan darah.

10. Minum suplemen alami

Beberapa suplemen alami juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan disarankan untuk dikonsumsi jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. Beberapa di antaranya adalah bawang putih (atau ekstrak bawang putih tua), berberin, minyak ikan, dan teh kembang sepatu.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *