6 Cara Membantu Detoks Tubuh Secara Alami

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Detoksifikasi, atau biasa disingkat detoks, adalah suatu proses di mana tubuh membuang racun yang tidak diinginkan yang diperoleh karena polusi lingkungan atau konsumsi berlebihan dari makanan olahan dan cepat saji.

Walaupun hati adalah salah satu organ yang memiliki kemampuan membersihkan semua racun secara berkala, perlu untuk mengikuti tips di bawah ini untuk memastikan bahwa Anda memiliki usus yang sehat dan juga dapat membantu kesehatan kulit Anda.

Berikut adalah tips untuk membantu detoks tubuh Anda secara alami.

1. Makan makanan segar dan bersih

Penyebab paling utama dari penumpukan racun adalah konsumsi makanan yang digoreng, diproses, dan dikemas secara berlebihan. Minyak berlebih, garam, dan gula bertindak sebagai racun dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan dalam waktu dekat. Tidak hanya itu, buah-buahan dan sayuran yang disemprot dengan pestisida juga dapat membahayakan tubuh Anda.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendetoks tubuh Anda, maka sangat penting untuk meringankan beban yang telah tubuh Anda tanggung berulang kali. Pilihlah buah-buahan dan sayuran organik ketimbang mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan. Kurangi konsumsi minyak, garam, dan gula sebanyak mungkin.

2. Minum banyak air

Jika Anda harus mendetoks tubuh Anda maka tidak ada yang lebih baik daripada air. Air tidak hanya penting untuk kelangsungan hidup tetapi juga sama pentingnya untuk menghilangkan racun yang tidak diinginkan yang telah menempati ruang besar di tubuh Anda. Pastikan Anda mengonsumsi setidaknya 4-5 liter air per hari untuk mendapat hasil yang bagus. Air tidak hanya menghilangkan kotoran secara efisien, tetapi juga membantu penurunan berat badan, mengatasi masalah kulit, dan meningkatkan tingkat energi seseorang menjadi optimal. Untuk alternatif lainnya, Anda dapat sesekali memasukkan jeruk atau lemon dengan daun mint, atau stroberi dalam air minum untuk detoks. Tidak hanya enak tetapi juga sangat sehat!

3. Mulai berolahraga

Berolahraga adalah cara paling umum untuk menjadikan tubuh sehat. Ketika Anda berolahraga, Anda akan banyak berkeringat dan keringat adalah cara di mana kulit menghilangkan beberapa racun. Kulit mampu menghilangkan logam seperti arsenik, timbal, dan merkuri melalui keringat. Sama seperti buang air besar dan kecil, berkeringat adalah cara detoks yang efektif. Jadi, berolahraga tidak hanya akan membantu Anda agar tetap bugar dan sehat, tetapi juga akan membantu Anda membuang racun yang tidak diinginkan.

4. Tidur nyenyak dan cukup

Beberapa tahun yang lalu, para ilmuwan menemukan proses detoksifikasi otak yang disebut sistem glymphatic yang terjadi ketika Anda tidur dan kurangnya tidur akan mengganggu sistem glymphatic Anda, menyebabkan penumpukan racun. Tanpa tidur nyenyak dalam jumlah yang tepat secara konsisten, tubuh Anda tidak dapat melakukan detoks secara efektif.

5. Coba puasa

Anda dapat berpuasa dari makanan berat yang biasa Anda makan sekitar satu atau dua hari dan hanya mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Hal ini akan memberikan istirahat yang sangat dibutuhkan sistem pencernaan Anda dan membantu dalam menyegarkan tubuh. Anda pasti senang karena efek dari buah dan sayuran terasa dengan cepat karena tidak hanya akan membuat Anda merasa ringan, tetapi akan memberikan istirahat yang cukup untuk usus Anda.

6. Minum smoothie

Smoothie tidak hanya enak tetapi juga bergizi tinggi. Smoothie dapat dibuat menggunakan sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung atau Anda juga bisa menambahkan mentimun, selada, wortel, apel, pisang, dan stroberi ke dalam gelas minuman. Cobalah mengkonsumsinya untuk sarapan Anda atau sebagai minuman larut malam agar merasa segar kembali. Minum smoothie atau jus sayuran secara teratur tidak hanya akan meningkatkan tingkat kekebalan Anda tetapi juga akan secara efisien membantu Anda dengan proses detoks.

Sekarang Anda tahu bahwa Anda dapat dengan mudah melakukan detoks di rumah tanpa perlu menyusun menu khusus untuk melakukan detoks selama berminggu-minggu. Ingatlah bahwa tubuh Anda akan berterimakasih jika Anda menjaganya dengan baik!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *