Mana Yang Lebih Baik: Sabun Batangan Atau Sabun Cair?

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Jika kita berbicara tentang kebersihan, tentunya sabun menjadi salah satu hal yang memegang peran penting di dalamnya. Ketika Anda membeli sabun, apakah Anda pernah bertanya-tanya jenis sabun apa yang lebih baik? Ya, Anda tidak sendirian! Sabun jelas merupakan aspek penting dari kehidupan kita sehari-hari dan semua pilihan berbeda yang tersedia membuat kita menjadi sedikit lebih sulit dalam memilih.

Secara garis besar kita dapat membagi sabun menjadi dua: sabun cair dan sabun batangan. Meskipun sabun batangan sudah ada sejak lama (bahkan berabad-abad!), sabun cair telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Berikut mari kita periksa sabun mana yang terbaik, dengan mempertimbangkan cara kerja sabun, susunan kimiawi, bakteri yang dapat ditemukan di setiap jenis, dan dampaknya pada lingkungan.

Bahan Sabun

Sabun batangan biasanya dibuat dari lemak hewani atau minyak nabati yang disaponifikasi. Saponifikasi adalah nama proses di mana lemak hewani atau nabati dicampur dengan alkali yang kuat untuk membuat sabun. Di sisi lain, sabun cair berbahan dasar minyak bumi dan membutuhkan zat emulsi dan stabilisator untuk menjaga konsistensinya. Sabun cair telah diuji dan disetujui oleh lembaga kesehatan yang sesuai tetapi hanya sedikit studi aktual yang menunjukkan efek jangka panjang dari penggunaan bahan kimia ini secara berulang kali.

Sabun cair dikenal karena manfaatnya untuk melembabkan, tetapi sabun batangan mendapatkan reputasi buruk karena mengeringkan kulit kita. Hal ini dikarenakan natrium hidroksida dalam sabun batangan menghilangkan minyak pada kulit. Tapi tidak semua sabun batang mengeringkan kulit Anda, bahkan kini banyak yang mengandung bahan pelembab.

Bakteri Dalam Sabun

Beberapa orang menghindari sabun batangan karena mereka mengira sabun batangan membiakkan bakteri setiap kali digunakan. Tetapi penelitian menunjukkan tingkat bakteri pada sabun batang sangat minim, dan mereka tidak meninggalkan jumlah bakteri yang terdeteksi pada kulit.

Pada kenyataannya, menggunakan sabun cair dengan sponge mandi dapat menyebabkan lebih banyak paparan bakteri. Sel-sel kulit mati terperangkap dalam jaring sponge ketika Anda menggosok, dan kondisi hangat dan lembab di kamar mandi Anda membantu bakteri tumbuh. Jika Anda menggunakan sponge mandi, simpanlah di tempat yang kering setiap habis dicuci dan jangan lupa menggantinya dengan yang baru setiap beberapa bulan – terutama jika sponge mulai berbau!

Segi Ekonomis Dan Dampak Pada Lingkungan

Jika Anda ingin menggunakan sabun yang ramah lingkungan dan juga ramah untuk dompet, sabun batang adalah pilihan yang jelas. Harga sabun batangan jauh lebih murah dan kemasan kardus atau kertas dapat didaur ulang dengan mudah. Sebaliknya, sangat mudah untuk secara tidak sengaja menyemprotkan sabun cair dalam jumlah besar yang sia-sia dan botol-botol plastik yang mereka gunakan tidak ramah untuk lingkungan.

Kesimpulan

Jadi, jenis sabun apa yang lebih baik? Itu sepenuhnya tergantung pada faktor-faktor yang paling penting bagi Anda. Jika lingkungan penting bagi Anda, maka sabun batangan akan menang. Jika keputusannya bersifat finansial, sabun batangan juga akan menang lagi dengan selisih yang signifikan karena mencuci tangan dengan sabun batangan hanya sekitar sepertiga dari biaya menggunakan sabun tangan cair. Jika efek pelembab dan banyaknya busa sangat penting bagi Anda, maka sabun cair adalah pilihan yang tepat. Namun, dari sudut pandang kesehatan yang murni, sabun batang mengandung lebih sedikit bahan kimia dan tetap dapat membersihkan sama baiknya seperti rekan cairnya.

Apa pun sabun yang Anda pilih, pastikan Anda mengoleskan lotion pelembab setelah Anda mandi untuk menambah kelembaban pada kulit Anda. Semoga bermanfaat!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *