Pentingnya Mengetahui Waktu Untuk Mencerna Makanan

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Tahukah Anda bahwa semua makanan dicerna dalam tubuh pada waktu yang berbeda? Lamanya waktu pencernaan makanan adalah seberapa lama mereka berada di perut sebelum melewati usus. Sangat penting untuk memahami waktu pencernaan makanan yang berbeda untuk menghindari masalah pencernaan atau rasa tidak nyaman.

Jika Anda menderita sindrom iritasi usus besar, ada baiknya untuk memeriksa lamanya waktu pencernaan makanan. Hal ini dilakukan agar tidak membuat masalah usus besar Anda menjadi semakin parah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kecepatan yang berbeda untuk dicerna.

Berikut ini akan kami bahas lama waktu pencernaan yang dimiliki oleh berbagai jenis makanan. Namun perlu diingat bahwa waktu yang tertera adalah hanya perkiraan karena waktu pencernaan yang tepat tergantung pada orang dan usia mereka, kesehatan, metabolisme dan banyak faktor lainnya.

Air

Saat perut kosong, air akan segera pergi dan masuk ke usus. Dianjurkan untuk minum segelas air terlebih dahulu di pagi hari sebelum makan makanan apa pun untuk menghidrasi diri Anda dengan cepat. Minumlah air setengah jam sebelum makan, bukan karena pencernaan tetapi untuk mencegah air membasuh nutrisi.

Jus dan Kaldu

Jus atau kaldu tidak mengandung serat dan akan dicerna dalam waktu sekitar 15-20 menit. Jus segar adalah cara yang baik untuk mendapatkan banyak vitamin dan mineral dari buah dan sayuran yang dapat diserap dengan cepat. Demi alasan kesehatan, disarankan untuk mengkonsumsi jus yang mengandung setidaknya 50% sayuran untuk mencegah terlalu banyak gula buah.

Buah-buahan

Semangka dicerna dalam 20 menit dan melon lainnya memakan waktu 30 menit. Jeruk, jeruk bali, anggur, dan pisang juga membutuhkan waktu 30 menit. Sebagian besar buah lain seperti apel, pir, ceri, plum, dan kiwi membutuhkan waktu 40 menit untuk dicerna.

Jika Anda ingin mengkonsumsi banyak jenis buah-buahan secara bersamaan, dianjurkan untuk hanya mengkonsumsi yang dapat dicerna dalam waktu yang sama untuk menghindari masalah pencernaan. Karena alasan ini, semangka harus selalu dimakan sendiri.

Sayur-sayuran

Sayuran yang mengandung banyak air seperti selada, mentimun, paprika, tomat, dan lobak dicerna dalam 30 menit.

Sayuran hijau dan sayuran antioksidan seperti kangkung, brokoli, kembang kol yang dimasak, dicerna dalam 40 menit.

Sayuran berakar (tidak termasuk kentang) seperti bit dan wortel, dicerna dalam 50 menit.

Sayuran bertepung seperti jagung, ubi jalar, dan kentang dicerna dalam 60 menit.

Gandum dan Karbohidrat

Nasi merah, gandum, dan maisena membutuhkan waktu 90 menit untuk dicerna.

Kacang dengan karbohidrat tinggi membutuhkan waktu sekitar 120 menit untuk dicerna. Ini termasuk kacang hitam, buncis, kacang merah dan kacang kedelai.

Biji dan Kacang-kacangan

Semua biji dengan kadar lemak tinggi seperti biji bunga matahari, labu, wijen membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk dicerna. Dianjurkan untuk merendam biji terlebih dahulu untuk membantu pencernaan.

Kacang biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk dicerna. Ini termasuk kacang polong dan kacang-kacangan lainnya seperti kacang almond, kacang mete, dan kenari.

Daging dan Susu

Susu skim dan produk keju rendah lemak dicerna dalam waktu 90 menit. Keju lunak membutuhkan 2 jam sementara keju keras memakan waktu 5 jam.

Kuning telur membutuhkan 30 menit dan telur utuh 45 menit.

Ikan tidak berminyak membutuhkan 30 menit dan ikan berminyak 50 menit.

Ayam dan kalkun membutuhkan 2 jam, daging sapi dan kambing 4 jam, dan daging babi 5 jam.

Berikut akan kami berikan rangkuman dan beberapa saran yang sebaiknya Anda lakukan dengan daftar makanan di atas.

  • Selalu makan buah sebelum makanan utama karena buah dapat dicerna lebih cepat.
  • Hindari jus buah murni dan mengandung setidaknya 50% sayuran dalam jus segar untuk menghindari terlalu banyak gula.
  • Jangan terlalu menekan tubuh Anda dengan banyak makan makanan dengan waktu pencernaan yang lama baik pada pagi atau malam hari. Hal ini bisa menyebabkan insomnia.
  • Jam makan siang adalah waktu terbaik untuk mengkonsumsi berbagai makanan dengan waktu pencernaan yang berbeda.

Perlu diingat sekali lagi bahwa bahwa waktu pencernaan yang tertera di atas adalah perkiraan kasar dan tetap tergantung pada keadaan individu. Jika Anda merasa memiliki gangguan pada pencernaan, segeralah hubungi dokter Anda. Semoga bermanfaat!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *