Panduan Memberi MPASI Untuk Bayi

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Ketika ASI tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi, harus ada makanan yang ditambahkan untuk anak. Peralihan dari pemberian hanya ASI menjadi makanan biasa membutuhkan makanan pendamping ASI atau biasa disebut MPASI. Biasanya bayi akan mulai membutuhkan MPASI mulai dari usia 6 hingga 18 – 24 bulan, yang juga merupakan periode yang sangat rentan karena periode ini adalah waktu ketika malnutrisi mulai dapat banyak terjadi pada bayi.

Pemberian MPASI harus tepat waktu, artinya semua bayi harus mulai menerima makanan selain ASI sejak usia 6 bulan ke atas. MPASI yang diberikan juga harus memadai, yang berarti dalam jumlah, frekuensi, konsistensi, dan menggunakan berbagai makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak yang sedang tumbuh sambil tetap menyusui.

Berikut adalah panduan MPASI berdasarkan rekomendasi dari WHO (World’s Health Organization).

1) Usia 0 – 6 bulan

Anak usia 0-6 bulan hanya mengkonsumsi ASI secara khusus. Susu formula bisa menjadi pengganti, akan tetapi jauh lebih disarankan untuk memberi ASI pada bayi.

2) Usia 6 – 8 bulan

Pada usia 6 hingga 8 bulan, bayi tetap mendapatkan ASI dengan mulai dapat diberikan MPASI. Pemberian MPASI dilakukan 2 – 3 kali dalam sehari dengan takaran sekitar 2 atau 3 sendok makan. Ingatlah bahwa pada rentang usia ini, makanan yang Anda sediakan untuk bayi Anda harus memiliki tekstur lembut dan telah disaring sehingga mudah untuk ditelan.

3) Usia 9 – 11 bulan

Bayi tetap mendapatkan ASI, namun takaran MPASI bertambah menjadi sekitar 125 – 200 ml dan jadwal makan dapat menjadi 3 – 4 kali. Menu makanan yang diberikan untuk anak dapat sama dengan orang dewasa, hanya saja Anda harus membuatnya menjadi mudah untuk dikonsumsi oleh anak. Anda dapat mengolah dengan cara memotong kecil-kecil, diiris, atau ditumbuk agar lunak.

4) Usia 12 – 24 bulan

Untuk usia 1 tahun ke atas, Anda masih bisa melanjutkan pemberian ASI hingga usianya mencapai sekitar 2 tahun. Takaran MPASI perlu ditambah menjadi sekitar 200 hingga 250 ml. Frekuensi pemberian makan dapat dilakukan 3-4 kali dan bahan makanan sama dengan orang dewasa namun masih perlu untuk diiris dan dipotong kecil-kecil.

Selain itu, perlu diingat untuk melihat respon anak saat makan. Ada anak berusia sekitar 6 sampai 24 bulan yang memilih untuk tidak menyusu lagi dan hanya menerima makanan. Jika anak Anda memilih MPASI, jangan lupa untuk menambah takaran makanan agar dapat seimbang dengan jumlah ASI yang seharusnya dikonsumsi.

Selain MPASI, Anda juga dapat memberikan makanan selingan untuk anak berupa buah atau finger food. Anda dapat membaca artikel yang telah kami bahas sebelumnya mengenai apa itu finger food dan cara membuatnya di sini. Semoga bermanfaat!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *