6 Cara Untuk Membantu Anak Tidur Nyenyak Saat Bepergian

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Mempersiapkan perjalanan atau liburan keluarga pasti membuat Anda semangat—pikirkan saja semua kesenangan yang akan Anda miliki! Tetapi liburan dengan anak-anak dapat dengan mudah menjadi serba salah jika jadwal tidur mereka rusak, terutama anak yang masih bayi. Berikut adalah tips untuk membantu menghadapi anak atau membuat mereka tidur saat bepergian.

1. Jika bisa, hindari terbang saat tidur siang atau tidur

Hal ini jelas tidak selalu memungkinkan, tetapi merupakan hal ideal. Bayi dapat tidur di pesawat, tetapi karena Anda terbatas pada ruang kecil, mungkin akan sulit untuk membujuk bayi yang rewel atau balita untuk tidur. Tidur siang dalam perjalanan juga tidak pernah nyenyak, jadi bahkan jika bayi Anda tidur, mereka mungkin akan terbangun. Jika memungkinkan, rencanakan tidur siang sebelum penerbangan. Dengan begitu Anda bepergian dengan anak yang bahagia dan cukup istirahat.

2. Jika Anda harus terbang saat jam tidur siang atau tidur malam…

Bawalah benda di rumah yang familiar bagi anak Anda saat bepergian—khususnya barang yang membuat mereka tidak dapat tidur tanpanya. Baik itu selimut bayi, dot, atau boneka, selalu kemas barang-barang yang familiar bagi mereka ini dan masukkan pada tas yang mudah diakses saat bepergian. Perasaan memiliki sesuatu yang familiar di tempat asing akan membantu mereka merasa lebih nyaman dan damai, yang juga akan membuat waktu tidur menjadi lebih mudah.

3. Mulai berkendara dengan mobil tepat sebelum tidur siang

Pastikan anak-anak Anda telah selesai bermain dan makan (dan pergi ke kamar mandi!) tepat sebelum masuk ke mobil. Nyalakan musik yang menenangkan dan biarkan suara dan gerakan mobil membuat bayi Anda tertidur. Melakukan perjalanan panjang dengan berkendara mobil tepat saat waktu tidur siang akan menjadikan perjalanan paling damai yang akan Anda miliki. Anda juga bisa pergi di pagi hari pada jam sebelum anak biasanya bangun di pagi hari. Pindahkan bayi Anda yang sedang tidur ke kursi mobil sebelum Anda siap untuk pergi. Keuntungan memulai perjalanan di pagi hari? Jalanan tidak macet dan anak Anda kemungkinan besar akan bangun setelah setengah perjalanan sudah lewat!

4. Kenakan piyama pada anak Anda

Tidur saat bepergian akan terasa kurang nyaman, jadi jika Anda ingin membantu anak-anak Anda tidur saat mereka bepergian, lakukan sebanyak yang Anda bisa untuk membuat mereka merasa nyaman. Bepergian dengan piyama dalam perjalanan darat atau naik pesawat terbang dapat membantu anak Anda tidur lebih nyenyak dalam perjalanan. Kapan lagi seseorang dapat bepergian dengan piyama di tempat umum kalau bukan ketika mereka masih kecil? Hal ini juga akan dapat menjadi kenangan yang menyenangkan.

5. Masukkan waktu istirahat ke dalam rencana perjalanan Anda

Bayi dan balita memiliki temperamen yang sensitif. Mereka dapat merasakan semua stres dan kegembiraan yang disebabkan oleh liburan dan menjadi mudah kewalahan dengan berbagai kegiatan liburan. Hal ini akan membuatnya sulit untuk tertidur saat bepergian. Dalam perjalanan apapun, penting untuk menyisihkan waktu “berhenti” atau istirahat untuk anak Anda baik itu perjalanan panjang untuk mengunjungi kerabat atau sekedar bertamasya singkat ke pantai. Anda akan terkejut dengan betapa sedikit perencanaan ekstra yang Anda butuhkan agar anak Anda cukup tidur yang lelap selama perjalanan Anda.

6. Pastikan anak tidak keluar dari jadwal rutin mereka

Agar anak-anak berfungsi dengan sebaik-baiknya setiap hari, harus ada rutinitas yang ditetapkan bagi mereka—terutama dalam hal tidur. Saat bepergian, cobalah untuk tetap pada jadwal rutin Anda sebanyak yang Anda bisa. Mulailah hari di sekitar waktu yang sama Anda seperti ketika Anda berada di rumah, jagalah agar waktu makan dan tidur siang mereka juga tetap pada waktu yang sama setiap hari, dan yang paling penting, jangan biarkan anak-anak Anda terjaga melebihi waktu tidur mereka yang biasanya.

Mungkin sulit untuk membuat anak-anak Anda tidur ketika Anda sedang dalam perjalanan. Tetapi yakinlah bahwa dengan perencanaan yang cerdas bahkan sebelum Anda meninggalkan rumah, membuat anak-anak Anda tidur nyenyak benar-benar dapat dicapai!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *