Olahraga Yang Baik dan Buruk Untuk Sakit Punggung

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Ketika Anda mengalami nyeri punggung, Anda mungkin ingin beristirahat. Tetapi pada saat ini, bergerak baik untuk punggung Anda. Olahraga untuk sakit punggung bagian bawah dapat memperkuat otot punggung, perut, dan kaki. Hal ini akan membantu mendukung tulang belakang Anda dan menghilangkan sakit punggung. Tergantung pada penyebab dan intensitas rasa sakit, beberapa olahraga mungkin tidak direkomendasikan karena dapat memperburuk sakit punggung Anda.

Hindari: Menyentuh jari kaki

Ketika Anda membungkuk untuk menyentuh jari kaki Anda dari posisi berdiri, hal ini dapat memberi tekanan lebih besar pada daerah ligamen di tulang belakang Anda. Selain itu menyentuh jari kaki dari posisi berdiri juga dapat meregangkan otot punggung bagian bawah dan paha belakang secara berlebih.

Coba: Sit-up parsial

Sit-up parsial dapat membantu memperkuat otot punggung dan perut Anda. Cobalah berbaring dengan lutut ditekuk dan telapak kaki rata di lantai. Silangkan tangan ke dada atau letakkan tangan di belakang leher Anda. Kencangkan otot perut dan angkat bahu Anda dari lantai. Tarik nafas saat mengangkat bahu. Jangan biarkan siku Anda memimpin saat Anda mengangkat badan atau menggunakan tangan untuk menarik leher Anda dari lantai. Tahan sebentar, lalu perlahan turunkan kembali ke bawah lalu ulangi 8 hingga 12 kali. Gerakan yang tepat dapat mencegah stres berlebihan pada punggung bawah Anda. Kaki, tulang ekor, dan punggung bawah Anda harus tetap bersentuhan dengan lantai atau matras setiap saat.

Hindari: Sit-up dengan posisi tangan yang salah

Meskipun Anda mungkin berpikir sit-up dapat memperkuat otot inti atau perut Anda, kebanyakan orang cenderung menggunakan otot di pinggul saat melakukan sit-up di mana tangan Anda tidak diletakkan pada dada atau di belakang leher. Sit-up dengan posisi tangan yang salah juga dapat memberi banyak tekanan pada tulang belakang Anda.

Hindari: Gerakan mengangkat kedua kaki saat berbaring

Gerakan mengangkat kedua kaki saat berbaring terkadang disarankan sebagai latihan untuk memperkuat otot perut. Berolahraga untuk mengembalikan kekuatan ke punggung bawah Anda bisa sangat membantu dalam menghilangkan rasa sakit namun mengangkat kedua kaki secara bersamaan sambil berbaring terlentang sangat menuntut tubuh Anda. Jika tubuh Anda lemah, latihan ini bisa memperburuk sakit punggung.

Coba: Duduk di dinding

Berdirilah sekitar 10 hingga 12 inci dari dinding, lalu bersandarlah ke belakang hingga punggung Anda menempel ke dinding. Geser tubuh Anda perlahan ke bawah sampai lutut Anda sedikit tertekuk, dan tetap tekan punggung bagian bawah Anda ke dinding. Tahan selama 10 hitungan, lalu geser tubuh Adda kembali ke atas dinding dengan hati-hati. Ulangi sebanyak 8 hingga 12 kali.

Coba: Gerakan lutut ke dada

Berbaringlah terlentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki rata di lantai. Bawa satu lutut ke dada Anda, jaga agar kaki lainnya tetap rata di lantai. Tahan punggung bagian bawah agar tetap pada lantai, dan tahan posisi ini selama 15 hingga 30 detik. Kemudian turunkan lutut Anda dan ulangi dengan kaki lainnya. Lakukan 2 hingga 4 kali untuk setiap kaki.

Angkat beban dapat membantu

Jika dilakukan dengan benar, mengangkat beban biasanya tidak akan melukai punggung Anda dan bahkan dapat membantu meringankan sakit punggung kronis. Tetapi ketika Anda mengalami sakit punggung akut (mendadak), memberikan tekanan ekstra pada otot-otot punggung dan ligamen dapat meningkatkan risiko cedera lebih lanjut. Tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda dapat mengangkat beban dan juga olahraga apa saja yang harus dihindari.

Aerobik

Aerobik memperkuat paru-paru, jantung, dan pembuluh darah Anda dan dapat membantu menurunkan berat badan. Berjalan, berenang, dan bersepeda semuanya dapat membantu mengurangi sakit punggung. Mulailah dengan sesi singkat dan tambahkan durasi seiring waktu. Jika punggung Anda sakit, cobalah berenang, di mana air mendukung tubuh Anda namun hindari gerakan yang memuntir tubuh Anda.

Jika Anda merasa ragu, selalu konsultasikan dengan dokter kesehatan Anda sebelum melakukan olahraga untuk sakit punggung.


facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *