Tips Mengatasi Balita Yang Susah Makan

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Jika kita bicara soal kebiasaan makan, balita dapat sulit diprediksi. Mungkin dalam beberapa hari mereka tidak makan banyak, namun pada hari-hari lain mereka makan sepanjang hari. Mereka juga mungkin menginginkan satu jenis makanan setiap harinya selama berminggu-minggu, dan kemudian tiba-tiba tidak menyukainya lagi. Tapi jangan khawatir—kebiasaan makan anak Anda yang mungkin dianggap aneh pada kenyataannya sama sekali tidak aneh, dan seberapa banyak mereka makan dapat berbeda dengan anak lainnya.

Memilih-milih makanan adalah perilaku khas balita dan Anda mungkin tidak bisa memaksa mereka untuk makan. Tetapi Anda dapat mendorong kebiasaan makan yang sehat dan membuat waktu makan menjadi menyenangkan.

Kebiasaan makan sehat

  • Biarkan anak Anda memutuskan berapa banyak untuk dimakan. Sajikan porsi kecil dan beri mereka kesempatan untuk meminta lebih banyak.
  • Sabar. Tawarkan makanan baru berkali-kali. Anda mungkin harus menawarkan makanan baru 10 hingga 15 kali sebelum anak Anda akan mencobanya.
  • Biarkan anak Anda membantu. Biarkan dia memilih makanan di toko. Temukan cara mereka dapat membantu menyiapkan makanan, atau mengatur peralatan makan di meja. Jika mereka berpartisipasi dalam menyiapkan, mereka biasanya cenderung akan makan.
  • Buat semuanya menyenangkan. Potong makanan menjadi bentuk tertentu dengan pemotong kue. Siapkan makanan dengan cara kreatif di piring anak Anda. Anda bisa minta anak Anda membuat nama-nama khusus untuk makanan favorit mereka.
  • Tawarkan pilihan. Alih-alih hanya menyajikan satu sayuran untuk anak Anda, biarkan mereka memilih di antara dua.
  • Campur yang baru dengan yang lama. Sajikan makanan baru dengan makanan yang sudah disukai anak Anda. Hal ini membuat perubahan menjadi sedikit kurang menakutkan untuk anak Anda.
  • Biarkan mereka mencelup. Berikan saus yang sehat untuk mendorong anak Anda mencoba buah atau sayuran baru. Contohnya yogurt atau saus salad rendah lemak.
  • Berikan contoh yang baik. Jika anak Anda melihat Anda makan berbagai makanan sehat, ia akan cenderung mencobanya.
  • Anda mungkin ingin membuat daftar makanan yang disukai anak Anda sehingga Anda bisa memastikan dia makan makanan seimbang.

Waktu makan yang menyenangkan

  • Beri tahu anak Anda sebelumnya. Sepuluh hingga lima belas menit sebelum waktu makan, beri tahu anak Anda bahwa mereka akan segera makan. Anak-anak mungkin sangat lelah atau bersemangat karena kegiatan bermain sehingga mereka tidak ingin makan. Memberi tahu anak Anda bahwa hampir waktunya makan akan memberinya kesempatan untuk mempersiapkan diri untuk beralih ke waktu makan.
  • Tetapkan rutinitas. Anak-anak lebih nyaman dengan rutinitas dan kepastian. Atur waktu makan dengan teratur. Mintalah setiap orang duduk di tempat yang sama untuk setiap makan dan usahakan tidak melakukan perubahan sebanyak yang Anda bisa.
  • Pastikan waktu makan hanya untuk makan dan menghabiskan waktu bersama keluarga Anda. Jangan biarkan anak Anda bermain dengan mainan selama waktu makan. Membaca buku atau menonton televisi juga tidak diperbolehkan selama waktu makan. Jelaskan kepada anak Anda betapa menyenangkannya makan bersama. Minta dia untuk tetap di meja sampai semua orang selesai makan.
  • Jadikan waktu makan menyenangkan. Jika waktu makan menyenangkan, anak Anda lebih mungkin senang untuk makan. Cobalah untuk menghindari pertengkaran atau hal-hal negatif selama waktu makan.
  • Jangan berekspektasi tinggi. Jangan berharap anak Anda dapat melakukan sesuatu yang terlalu sulit bagi mereka. Misalnya, jangan mengharapkan anak yang berusia 3 tahun untuk makan dengan alat yang tepat. Bagi banyak anak, sendok jauh lebih mudah digunakan daripada garpu.

Bagaimana dengan makanan ringan?

Anak Anda harus makan 3 kali atau 2 kali sehari. Balita biasanya tidak makan cukup dalam satu kali makan agar tetap kenyang sampai waktu makan berikutnya. Tawarkan camilan kecil dan sehat di sela-sela waktu makan. Beberapa contoh camilan sehat meliputi keju rendah lemak, yogurt, irisan apel atau setengah stroberi, kerupuk gandum dengan selai kacang. Cobalah untuk tidak menawarkan camilan untuk anak dekat dengan waktu makan.

Jika anak Anda tidak makan pada satu waktu makan (misalnya makan siang), Anda dapat menawarkan camilan bergizi beberapa jam kemudian. Jika anak Anda tidak makan camilan, tawarkan makanan lagi pada waktu makan berikutnya. Seorang anak biasanya akan makan saat jam makan kedua. Dengan pendekatan ini, Anda dapat yakin bahwa anak Anda tidak akan kelaparan terlalu lama atau memiliki masalah lain yang terkait dengan pola makan yang buruk.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mendorong anak Anda makan. Tetapi ada hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan juga.

  • Jangan paksa anak Anda untuk menghabiskan semua makanan di piringnya. Setelah dia tidak lagi lapar, anak Anda harus diizinkan untuk berhenti makan. Membuat mereka makan ketika mereka tidak lapar dapat mengganggu isyarat internal alami mereka yang memberi tahu mereka ketika mereka sudah cukup. Hal ini dapat membuat perilaku memilih-milih makanan mereka menjadi lebih buruk. Mengizinkan mereka untuk memilih kapan harus berhenti makan mengajarkan mereka bagaimana mendengarkan tubuh mereka dan membuat pilihan makanan sehat.
  • Jangan bernegosiasi atau menyuap anak Anda. Ancaman, hukuman, dan hadiah juga bukan ide bagus. Hal ini akan menciptakan perebutan kekuasaan antara Anda dan anak Anda. Hindari membuat kesepakatan (misalnya, jangan memberitahu mereka bahwa jika mereka makan 3 suap lagi, mereka dapat makanan penutup) karena ini mengajarkan mereka untuk membuat kesepakatan demi mendapatkan hadiah untuk hal-hal lain yang merupakan sikap tidak sehat.
  • Bahkan jika Anda khawatir anak Anda tidak mau makan, jangan tunjukkan bahwa Anda khawatir. Jika dia mencari perhatian, kekhawatiran Anda menunjukkan bahwa mereka mendapat apa yang mereka harapkan. Mereka mungkin akan mencoba menarik perhatian Anda dengan cara yang sama di lain waktu.

Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran tentang bagaimana anak Anda tumbuh atau jika Anda khawatir bahwa pilih-pilih makanan memperlambat pertumbuhan anak Anda.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *