9 Pertanyaan Yang Harus Diajukan Ibu Hamil

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Dari pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti “berapa banyak kopi yang bisa saya minum?” hingga sulit seperti “apakah saya perlu melakukan tes genetik?”, dokter Anda adalah orang yang tepat untuk Anda tanyakan selama sembilan bulan kehamilan Anda. Namun terkadang seorang ibu hamil bingung akan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang perlu dilontarkan. Berikut adalah beberapa pertanyaan penting yang perlu Anda tanyakan sehubungan dengan kondisi Anda.

  1. Bagaimana obat-obatan akan mempengaruhi kehamilan? Pada dasarnya, segala obat, vitamin, mineral, dan suplemen yang Anda konsumsi selama kehamilan harus dikonsultasikan dengan dokter Anda. Ini adalah pertanyaan penting untuk mengetahui resiko obat yang Anda konsumsi dan apakah Anda perlu berhenti atau mengganti obat Anda. Ini termasuk obat-obatan yang Anda beli dari apotik.
  2. Apakah ada yang dilarang dalam berhubungan intim selama masa kehamilan? Kecuali Anda memiliki plasenta previa atau persalinan prematur, dan yang tidak menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan, tidak ada yang perlu dihindari. Namun, tetap penting untuk berdiskusi secara terbuka dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang menurutnya harus Anda hindari.
  3. Haruskah saya melakukan tes genetik? Tes genetik sebelum melahirkan adalah cara untuk memeriksa apakah bayi Anda ada kemungkinan memiliki kelainan genetik tertentu, seperti cacat kromosom atau tabung saraf. Kenyataannya, kemungkinan besar Anda baik-baik saja karena hanya 3 hingga 5 persen dari kasus kehamilan yang memiliki cacat lahir atau kondisi genetik. Dokter akan merekomendasikan pengujian jika Anda termasuk dalam kategori berisiko tinggi, misalnya wanita yang berusia di atas 35 tahun, mereka yang memiliki riwayat kelainan medis pada kehamilan sebelumnya, dan mereka yang menjadi pembawa untuk kondisi genetik tertentu.
  4. Apakah saya dapat tetap berolahraga? Pada suatu waktu, wanita diminta untuk tidak terlalu banyak beraktivitas selama kehamilan, dan ini termasuk berolahraga. Anda harus menghindari panas berlebih selama kehamilan dan tidak melebihi denyut nadi 140. Beberapa olahraga harus dihindari selama masa perkembangan kehamilan karena pusat gravitasi Anda berubah, ditambah sendi Anda mungkin lebih longgar. Olahraga seperti berenang dan berjalan sangat baik, sementara olahraga kontak (bola basket, sepak bola), dan scuba diving harus dihindari. Namun, tentu saja konsultasikan dengan dokter Anda tentang olahraga apa yang tepat untuk Anda.
  5. Bagaimana stres mempengaruhi kehamilan saya? Kita semua memiliki stres dalam hidup kita, dan wanita hamil juga tidak terkecuali. Stres ringan hingga sedang terkadang mungkin tidak mempengaruhi kehamilan, tetapi masalah besar dapat mempengaruhi kondisi Anda. Bicaralah terus terang dengan dokter Anda dan ceritakan tentang beberapa stres besar dalam hidup Anda (masalah dengan pasangan Anda atau masalah pekerjaan). Dokter Anda mungkin dapat merekomendasikan terapis yang baik.
  6. Apakah saya harus mengurangi kopi? Jumlah kafein yang dibatasi hingga 200 miligram setiap hari masih aman dalam masa kehamilan. Namun, banyak wanita tidak menyadari betapa banyak makanan dan minuman yang mengandung kafein, termasuk soda, teh, dan coklat. Baca label, dan pastikan Anda tidak mendapatkan lebih dari jatah harian Anda. Bicarakan dengan dokter tentang jumlah kafein yang baik untuk Anda.
  7. Kapan saya harus menghubungi dokter? Bagi banyak wanita hamil, pertanyaan besarnya adalah apa yang normal, dan apa yang tidak. Pendarahan selama kehamilan, terutama yang berhubungan dengan kram, rasa sakit yang tidak biasa atau rasa sakit yang tidak kunjung hilang, kebocoran air atau cairan lain dari vagina Anda—harus ditindaklanjuti dengan kunjungan dokter. Tetapi faktanya adalah, jika Anda khawatir tentang gejala kehamilan yang Anda alami, Anda harus menghubungi dokter Anda.
  8. Bagaimana berat badan saya mempengaruhi kehamilan? Idealnya, Anda memiliki berat badan yang sehat sebelum Anda hamil. Setelah Anda mengandung, Anda sebaiknya tetap berada dalam kisaran berat badan tertentu. Kebanyakan wanita mengalami kelebihan berat badan sebelum memasuki kehamilan, yang menempatkan mereka pada risiko yang lebih tinggi untuk diabetes gestasional. Diskusi mengenai diet sebelum memasuki masa kehamilan sangat penting, tetapi sering kali tidak terjadi. Maka dari itu, penting untuk berbicara dengan dokter tentang kenaikan berat badan yang tepat untuk Anda.
  9. Makanan apa yang dilarang? Ada banyak mitos tentang apa yang harus dimakan dan apa yang harus dihindari selama kehamilan, tetapi ini adalah pertanyaan yang harus Anda tanyakan. Konsultasikan dengan dokter Anda dan lihat apakah dia bisa memberi Anda daftar makanan yang sebaiknya dihindari.
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *