8 Pertanyaan Yang Harus Diajukan Ibu Menyusui

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Setelah melahirkan, para ibu tentunya masih akan memiliki pertanyaan seputar menyusui, apalagi jika Anda baru saja melahirkan anak pertama. Artikel minggu lalu telah membahas pertanyaan apa saja yang sebaiknya ditanyakan pada dokter selama Anda dalam masa kehamilan, dan kali ini kami akan berikan petunjuk tentang pertanyaan apa saja yang sebaiknya Anda tanyakan sebagai seorang ibu menyusui.

1. Seberapa sering bayi harus makan?

Ini adalah pertanyaan utama ibu baru: seberapa sering saya harus memberi makan bayi saya? Dokter akan dapat memandu Anda menjalani hari dalam kehidupan bayi baru lahir, dan memberikan isyarat yang ditunjukkan bayi baru lahir ketika mereka lapar dan waktu terbaik untuk mulai menyusui.

2. Bagaimana saya tahu jika bayi menyusui dengan posisi yang benar?

Posisi sang anak ketika menyusui dapat mengubah segalanya: menghilangkan nyeri payudara apa pun yang dirasakan ibu, dan membantu bayi makan lebih efisien dan menelan lebih sedikit udara, dan itu membuat menyusui lebih baik. Jika Anda merasa ada sesuatu yang tidak beres, temui dokter Anda dan jika perlu, demonstrasikan teknik menyusui Anda untuk mendapatkan saran profesional.

3. Bagaimana saya bisa tahu jika saya menghasilkan cukup ASI?

Ini adalah masalah umum, terutama bagi bayi yang baru lahir dan tampak ingin menyusu sepanjang waktu: Apakah ASI yang diproduksi dapat mencukupi kebutuhan bayi? Dokter Anda dapat membantu Anda menentukan apakah Anda memproduksi cukup ASI dan memberikan tips untuk meningkatkan produksi jika diperlukan.

4. Apa saja tanda-tanda infeksi?

Ibu menyusui memang berisiko terkena infeksi ragi pada puting susu atau mengalami saluran susu yang tersumbat yang dapat menyebabkan infeksi yang disebut mastitis. Dokter Anda akan dapat memberitahu Anda apakah payudara merah dan sakit itu terinfeksi, atau hanya peka dan akibat terlalu banyak menyusui.

5. Haruskah kita membangunkan bayi untuk diberi makan?

Beberapa bayi baru lahir melakukan hal yang di luar dugaan: tidur selama tiga jam atau lebih pada satu waktu. Tanyakan kepada dokter Anda apakah bayi Anda tampaknya tidur melalui makanan—yang dalam beberapa kasus ini baik-baik saja, tetapi jika bayi Anda mengantuk akibat efek tertentu, Anda mungkin disarankan untuk membangunkannya saat menyusui.

6. Apa yang harus saya makan?

Anda tidak hamil lagi tetapi menyusui, jadi apakah itu berarti alkohol dan daging masih dilarang? Ibu menyusui memiliki kebutuhan dan masalah diet yang berbeda dari wanita lain, jadi pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang apa dan seberapa sering Anda makan dan minum.

7. Bagaimana cara menurunkan berat badan bayi dalam periode menyusui?

Para ibu pasti khawatir ketika berat badan anak mereka berlebih dan ingin menurunkan berat badan bayi, namun bertanya-tanya bagaimana cara diet yang aman sambil tetap menyusui. Dokter Anda dapat membantu Anda menentukan berapa banyak kalori yang Anda butuhkan dan juga cara terbaik untuk berolahraga saat menyusui.

8. Apakah normal bagi bayi saya jika mereka menjadi sangat rewel?

Bayi baru lahir biasanya angin-anginan, tetapi banyak ibu menyusui masih bertanya-tanya apakah perubahan dalam dietnya dapat meringankan penyakit pencernaan bayi. Jika Anda merasa khawatir mengenai ini, cobalah menyimpan buku harian makanan dan catat tentang kerewelan bayi Anda untuk dievaluasi dengan dokter Anda.

Semoga panduan di atas dapat menjadi gambaran tentang pertanyaan apa saja yang perlu Anda tanyakan selama menyusui, dan tentu saja jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran lain, Anda selalu dapat menanyakannya pada dokter Anda.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *