Mengajari Anak Belajar Dua Bahasa

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Anak-anak dapat belajar berbicara lebih dari satu bahasa dan mereka dapat belajar bahasa di rumah, di sekolah, atau di dalam komunitas. Beberapa anak dapat berbicara kedua bahasa dengan mudah, tetapi terkadang mereka tahu satu bahasa lebih baik dari yang lain. Bahasa yang anak Anda lebih tahu adalah bahasa dominannya. Seiring waktu, bahasa yang dominan dapat berubah. Misalnya, seorang anak yang berbicara bahasa Indonesia di rumah mungkin mulai menggunakan bahasa Inggris ketika dia mulai sekolah. Bahasa dominannya dapat berubah dari Indonesia menjadi Inggris.

Berbicara dua bahasa sama seperti keterampilan lainnya. Anda perlu banyak latihan untuk melakukannya dengan baik. Tanpa latihan, anak Anda akan kesulitan dalam menggunakan kedua bahasa.

Mengajari Anak Anda Menjadi Bilingual

Ada sejumlah cara untuk mengajari anak Anda berbicara lebih dari satu bahasa. Anda bisa melakukan hal di bawah ini:

  • Gunakan dua bahasa sejak awal. Banyak anak yang tumbuh belajar dua bahasa pada saat bersamaan.
  • Gunakan hanya satu bahasa di rumah. Anak Anda dapat belajar bahasa kedua saat ia mulai sekolah.
  • Beri anak Anda banyak kesempatan untuk mendengar dan mempraktikkan kedua bahasa di siang hari.

Ketika Anak Belajar Lebih Dari Satu Bahasa

Setiap anak bilingual itu unik karena mempelajari dua bahasa tergantung pada jumlah dan jenis latihan yang didapat anak Anda. Berikut ini adalah beberapa pedoman dasar agar Anda tidak merasa bingung mengenai perkembangan anak yang bilingual:

  • Kebanyakan anak bilingual berbicara kata-kata pertama mereka pada saat mereka berusia 1 tahun. Pada usia 2 tahun, sebagian besar anak-anak dapat menggunakan frasa dua kata. Frasa seperti “bola saya” atau “ingin minum” dapat dalam satu atau kedua bahasa.
  • Dari waktu ke waktu, anak-anak dapat mencampur aturan tata bahasa. Mereka mungkin menggunakan kata-kata dari kedua bahasa dalam kalimat yang sama. Ini adalah bagian normal dari menjadi bilingual.
  • Beberapa anak mungkin tidak banyak bicara ketika mereka mulai menggunakan bahasa kedua. “Masa hening” ini dapat berlangsung selama beberapa bulan. Sekali lagi, hal ini adalah normal dan akan hilang seiring berjalannya waktu.

Cara Untuk Membantu Anak Anda Menjadi Bilingual

1) Buku. Anda dapat membaca untuk anak Anda dalam kedua bahasa. Anda dapat menemukan buku-buku yang Anda butuhkan di toko buku, di perpustakaan, dan di internet.

2) Musik. Bernyanyi adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan bahasa kedua kepada anak Anda. Selain itu, menyanyi bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan!

3) TV dan video. Program anak-anak tersedia dalam banyak bahasa. Program-program ini mengajarkan anak-anak tentang angka, huruf, warna, dan kata-kata sederhana.

4) Program bahasa. Anak-anak dapat belajar bahasa lain di kursus atau dalam program sekolah bilingual. Ini akan memberi anak-anak kesempatan untuk menggunakan dua bahasa dengan anak-anak lain.

Berbicara Dengan Anak Anda

Anak Anda mungkin mengalami masalah dalam menggunakan kedua bahasa. Dalam hal ini, bicaralah dengan anak Anda dalam bahasa yang Anda tahu paling baik. Anda harus melakukan ini bahkan jika anak Anda menggunakan bahasa yang berbeda di sekolah. Model bahasa yang baik dapat menjadi contoh untuk memberi anak Anda keterampilan yang dibutuhkannya dalam belajar bahasa lain. Tetapi cobalah untuk tidak membuat perubahan mendadak dalam rutinitas anak Anda karena hal ini bisa membuat anak menjadi stres.

Ingatlah bahwa anak-anak di seluruh dunia selalu belajar lebih dari satu bahasa setiap saat. Mempelajari bahasa lain tidak akan menyebabkan atau memperburuk masalah bicara atau bahasa. Anak-anak bilingual dapat mengembangkan keterampilan bahasa sama seperti anak-anak lain dan masa paling tepat untuk belajar bahasa baru adalah sejak dini.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *