Waktu Sehat Untuk Makan Pisang Menurut Kematangannya

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Jika bicara soal buah pisang, tentunya Anda ingat bahwa tidak semua pisang memiliki rasa, tekstur, dan warna yang sama. Hal ini dikarenakan mungkin Anda memakan pisang yang masih muda, atau bahkan yang sudah matang tetapi Anda tidak dapat membedakannya. Tahukah Anda bahwa kandungan gizi pisang juga berubah seiring bertambahnya usia? Ada baiknya kita dapat membedakan dan mengetahui nilai gizinya agar kita tahu pisang mana yang sebaiknya kita makan sesuai dengan kebutuhan.

Pisang Hijau

Pisang ini adalah pisang muda dan penuh mengandung pati yang memiliki nutrisi untuk membuat sistem pencernaan Anda bekerja sedikit lebih keras. Itu juga alasan mengapa pisang hijau membuat Anda cepat kenyang. Namun, pati dalam pisang hijau juga bisa membuat Anda merasa kembung.

Kandungan pati dalam pisang hijau berkontribusi terhadap tekstur lilin mereka. Pisang ini tidak selembut yang sudah matang, yang sebenarnya membuat mereka sempurna untuk dimasak karena mereka dapat mengambil panas.

Jika Anda mencari pisang yang rendah indeks glikemik (kadar gula), pilih yang hijau. Tubuh Anda nantinya akan memecah pati ini menjadi glukosa. Dengan cara ini, pisang hijau akan menaikkan kadar gula darah secara perlahan. Hanya saja, pisang hijau bisa terasa pahit karena mengandung lebih sedikit gula.

Pisang Kuning

Ucapkan selamat tinggal pada pati dan sambutlah teman baru yaitu gula. Pergantian bertahap ini menghasilkan pisang yang lebih lembut dan lebih manis. Walaupun pisang kuning mengandung indeks glikemik lebih tinggi, mereka sebenarnya lebih mudah dicerna. Dengan lebih sedikit pati untuk diproses, sistem pencernaan Anda akan menyerap nutrisi lebih cepat.

Sayangnya, selalu ada sedikit nutrisi atau gizi yang hilang seiring bertambahnya usia pisang. Untuk menebus ini, pisang kuning lebih berkembang dalam hal antioksidan. Sistem kekebalan tubuh Anda pasti akan menyukai pisang kuning.

Tips: Simpan pisang Anda di lemari es untuk mencegah kehilangan zat gizi. Meskipun pisang Anda masih akan kehilangan sejumlah nutrisi, proses kehilangannya akan memiliki laju yang jauh lebih lambat.

Pisang Berbintik

Pisang ini lebih tua dan lebih manis. Bintik-bintik coklat tidak hanya menunjukkan bahwa pisang telah berumur, tetapi mereka juga menunjukkan berapa banyak pati telah dikonversi menjadi gula.

Anda bisa saja menganggap  semua bintik coklat itu sebagai bintik-bintik gula kecil. Pada akhirnya, semakin banyak bintik coklat yang dimiliki pisang, semakin banyak gula yang dikandungnya.

Anda juga dapat menganggap bintik-bintik coklat sebagai pemacu sistem kekebalan tubuh yang kecil. Pisang berbintik sangat kaya antioksidan sehingga dikaitkan dengan pencegah kanker. Tumor Necrosis Factor (TNF), yang berfungsi untuk menghancurkan tumor, berhubungan dengan titik-titik coklat itu. Jadi jika Anda berpikir pisang berbintik coklat itu buruk, Anda mungkin perlu memikirkannya lagi.

Pisang Coklat

Pati pada pisang kini semuanya telah menjadi gula pisang coklat. Pisang ini adalah yang paling tua dan bisa terlihat layu dan lembek, tetapi jangan dibuang begitu saja.

Seperti halnya pati telah dipecah menjadi gula, klorofil juga telah mengambil bentuk baru. Kerusakan klorofil ini adalah alasan mengapa kadar antioksidan meningkat seiring bertambahnya usia pisang. Jadi pisang yang sepenuhnya cokelat adalah pembangkit tenaga antioksidan.

Sifat lembut dan manis dari pisang coklat membuatnya sempurna untuk ditumbuk. Anda bisa menggunakan pisang coklat tumbuk Anda untuk membuat makanan bergizi dan lezat seperti roti pisang atau bahkan kue panekuk.

Pisang akan selalu menjadi makanan ringan dalam hal gizi. Semua pisang mengandung sekitar 100 kalori, rendah lemak dan kaya akan sumber kalium, vitamin B6, vitamin C, dan serat. Namun, kini kita tahu bahwa seberapa matangnya pisang mengubah beberapa manfaat nutrisi mereka. Jadi pisang yang mana yang paling sehat?

Jawaban atas pertanyaan itu sangat tergantung pada manfaat apa yang Anda cari. Jika Anda mencari camilan yang rendah gula dan akan mengisi Anda dengan cepat, pilihlah pisang hijau. Jika tujuan Anda adalah antioksidan yang mudah dicerna, pisang kuning atau berbintik adalah pilihan yang tepat. Dan akhirnya, pisang coklat adalah pilihan ideal untuk alternatif sehat yang akan memuaskan keinginan Anda untuk makan makanan manis.

Yang harus Anda lakukan adalah hanya memilih kandungan nutrisi mana yang paling sesuai dengan gaya hidup Anda dan Anda bebas memilih pisang yang mana saja.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *