Rutinitas Pagi Hari Untuk Radang Sendi Pada Lutut

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Bangun dari tempat tidur ketika Anda menderita radang sendi dapat menghasilkan rasa kaku terutama pada lutut Anda. Sendi kaku di pagi hari berhubungan dengan pelepasan bahan kimia inflamasi pada malam hari atau bisa juga disebabkan kurangnya gerakan yang berkepanjangan saat tidur yang dapat menyebabkan persendian menjadi kaku.

Seberapa kaku Anda rasakan—dan berapa lama rasa kaku itu bertahan—tergantung pada separah apa radang sendi Anda, berapa lama Anda tidur, dan apa yang Anda lakukan sehari sebelumnya. Secara umum, sendi harus mulai mengendur dalam waktu 30 menit hingga satu jam.

Melatih rutinitas untuk mengurangi rasa kaku di pagi hari dapat membantu meringankan persendian Anda sepanjang hari, dan membuat Anda bergerak lebih cepat. Berikut adalah beberapa rutinitas yang dapat Anda lakukan.

Regangkan sendi yang kencang

Bergerak adalah kunci untuk melonggarkan sendi yang kencang. Semakin Anda bergerak, semakin banyak Anda melumasi permukaan sendi.

Mulailah hari dengan beberapa peregangan lembut untuk meningkatkan aliran darah ke sendi Anda. Tarik satu atau kedua lutut ke dada untuk meregangkan punggung. Tanggalkan lutut Anda dengan menekuk dan meluruskannya. Goyangkan kedua lutut Anda dari satu sisi ke sisi yang lain untuk melatih pinggul Anda.

Saat Anda melakukan peregangan, jangan bergerak melewati titik nyaman. Jika peregangan yang dilakukan terasa menyakitkan, jangan memaksakan tubuh Anda. Jika Anda memiliki radang sendi, berhati-hatilah selama berolahraga dan periksa dengan ahli reumatologi Anda untuk memastikan Anda tidak memperburuk penyakit Anda.

Bagi orang-orang yang tidak terbiasa berolahraga, tempat yang baik untuk memulai adalah dengan mengunjungi terapis fisik. Terapis dapat mengajari Anda cara melakukannya dengan benar.

Gunakan panas

Baik dingin dan panas dianjurkan untuk menghilangkan radang sendi, tetapi panas memiliki keunggulan dalam memerangi rasa kaku. Panas dengan lembab sedikit lebih efektif daripada panas kering, maka dari itu direkomendasikan untuk mandi air hangat, yang menggabungkan gerakan dengan panas.

Jangan berlama-lama di bawah pancuran terlalu lama karena jika lebih dari 15 menit akan membuat sendi tidur. Jaga agar air tetap hangat—bukan panas—untuk menghindari kulit menjadi panas atau membuat iritasi pada sendi yang meradang.

Hidrasi

Agar sendi Anda tetap terlumasi, Anda perlu banyak cairan di sistem tubuh Anda. Letakkan segelas air di meja tidur Anda untuk diminum ketika Anda bangun, dan minumlah air yang banyak sepanjang hari.

Walaupun disarankan secara umum bahwa kita sebaiknya minum 2 liter air sehari, pada akhirnya seberapa banyak Anda minum setiap harinya adalah keputusan Anda sendiri. Anda dapat minta saran dokter dan ahli gizi untuk lebih jelasnya.

Jalan-jalan

Begitu Anda bangun dari tempat tidur, berjalan adalah cara lain yang efektif untuk mengurangi rasa kaku. Selain membuat sendi Anda bergerak, ada juga manfaat tambahan seperti meningkatkan kekuatan dan kebugaran kardiovaskular. Direkomendasikan setidaknya melakukan 30 menit jalan cepat atau aktivitas aerobik lainnya dalam lima kali seminggu, tetapi semakin banyak Anda berjalan akan semakin baik.

Mulai dengan lambat atau perlahan jika Anda jarang atau sudah lama tidak berolahraga. Berjalanlah 5 atau 10 menit pada satu waktu, dan kemudian secara bertahap tingkatkan jarak dan intensitas jalan Anda.

Obat-obatan

Jika langkah-langkah di atas tidak mengurangi rasa sakit dan kaku Anda, dokter Anda dapat merekomendasikan obat-obatan. Obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) dan kortikosteroid mengatasi kedua aspek inflamasi dan radang sendi. Tanyakan kepada dokter Anda jika Anda dapat minum obat ketika pertama kali bangun, untuk meringankan rasa tidak nyaman di pagi hari.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *