Mitos Tentang Waktu Terbaik Untuk Makan Buah

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Sayangnya, selalu ada banyak informasi yang salah tentang nutrisi dan salah satu topik umum adalah waktu terbaik untuk makan buah. Ada klaim tentang kapan dan bagaimana Anda harus mengonsumsi buah, serta siapa yang harus menghindari makan buah. Berikut adalah mitos-mitos terkenal tentang waktu terbaik untuk makan buah—bersama dengan kebenarannya.

Mitos 1: Selalu Makan Buah Dengan Perut Kosong

Mitos ini mengklaim bahwa makan buah dengan makanan memperlambat pencernaan dan menyebabkan makanan duduk diam di perut Anda dan berfermentasi atau membusuk. Mitos ini juga mengklaim bahwa makan buah dengan makanan adalah penyebab gas, ketidaknyamanan dan berbagai gejala lain.

Meskipun benar bahwa serat dalam buah dapat memperlambat pelepasan makanan dari perut Anda, sisa dari klaim ini adalah palsu. Meskipun buah dapat menyebabkan perut Anda mengosong lebih lambat, buah tidak menyebabkan makanan duduk di perut Anda seterusnya. Selain itu, memperlambat pengosongan perut Anda adalah hal yang baik. Ini bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama, yang mungkin membantu Anda makan lebih sedikit kalori dalam jangka panjang.

Sisa klaim ini mengenai makan buah dengan perut kosong dapat menyebabkan kembung, diare, dan ketidaknyamanan juga tidak memiliki dukungan ilmiah.

Mitos 2: Makan Buah Sebelum Atau Setelah Makan Mengurangi Nilai Gizi

Klaim ini jika Anda makan buah sebelum atau setelah makan, nutrisi buah akan hilang. Namun, ini sama sekali tidak benar. Tubuh manusia telah berevolusi dari waktu ke waktu menjadi seefisien mungkin dalam hal mengekstrak nutrisi dari makanan.

Saat Anda makan, perut bertindak sebagai penampung yang hanya melepaskan sedikit demi sedikit sehingga usus Anda dapat dengan mudah mencernanya. Selain itu, usus kecil dirancang untuk menyerap nutrisi sebanyak mungkin. Penelitian telah menunjukkan bahwa usus Anda memiliki kemampuan untuk menyerap nutrisi dua kali lebih banyak dari rata-rata nutrisi yang dikonsumsi seseorang dalam satu hari.

Area serap yang besar ini berarti Anda mendapatkan nutrisi dari buah (dan makanan Anda yang lain) adalah pekerjaan yang mudah untuk sistem pencernaan Anda, terlepas dari apakah Anda makan buah dengan perut kosong atau setelah makan.

Mitos 3: Jika Anda Menderita Diabetes, Anda Harus Makan Buah 1-2 Jam Sebelum Atau Setelah Makan

Mitos ini didasari oleh penderita diabetes sering memiliki masalah pencernaan, dan makan buah jauh sesudah atau sebelum makanan utama akan meningkatkan pencernaan.

Sayangnya, ini saran yang agak buruk bagi kebanyakan orang yang menderita diabetes. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung gagasan bahwa makan buah secara terpisah dari makanan dapat meningkatkan pencernaan.

Satu-satunya perbedaan yang mungkin terjadi adalah bahwa gula yang terkandung dalam buah dapat masuk ke aliran darah lebih cepat, yang justru harus dihindari oleh penderita diabetes.

Daripada memakan buah secara terpisah, memakannya dengan makanan atau sebagai cemilan yang dipasangkan dengan makanan tinggi protein, serat atau lemak adalah pilihan yang jauh lebih baik bagi seseorang dengan diabetes. Hal ini dikarenakan protein, serat, dan lemak dapat menyebabkan perut Anda melepaskan makanan ke usus kecil lebih lambat.

Mitos 4: Waktu Terbaik Untuk Makan Buah Adalah Saat Sore Hari

Dikatakan bahwa metabolisme Anda melambat pada sore hari dan makan makanan yang tinggi gula, seperti buah, meningkatkan kadar gula darah Anda dan “membangunkan” sistem pencernaan Anda.

Kenyataannya adalah bahwa makanan yang mengandung karbohidrat untuk sementara waktu akan meningkatkan gula darah Anda saat glukosa diserap, terlepas dari waktu makan. Namun, selain memberikan energi dan nutrisi lain kepada tubuh Anda, ini tidak memiliki manfaat khusus.

Kita tidak perlu “membangunkan” sistem pencernaan karena mereka selalu siap untuk beraksi saat makanan menyentuh lidah Anda, tidak peduli waktu kapan pun. Tidak ada salahnya makan buah baik di pagi hari atau setiap saat sepanjang hari.

Jadi, apakah ada waktu terbaik untuk makan buah?

Bagi kebanyakan orang, makan buah setiap saat dan kapan saja merupakan hal yang baik. Hanya saja, waktu makan mungkin penting untuk diperhatikan bagi penderita diabetes atau orang yang ingin menurunkan berat badan mereka.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *