Kapan Sebaiknya Kita Minum Jus?

“Indonesia’s most trusted source for lowest prices for baby brands”
Open Reseller! Shoppe:RyanGrosirOnline / Toped:Ryan Club Grosir Online / Insta:ryanbabywear ______________________________________________

Terlepas dari semua manfaat kesehatannya yang telah terbukti, masih banyak juga hal yang kita tidak ketahui. Misalnya, Anda mungkin seseorang yang rajin minum jus, tetapi masih belum mendapatkan manfaat optimal dari jus. Apakah akan lebih baik jika jus diminum dengan makanan atau sebelum makan? Apakah lebih baik setelah atau sebelum Anda berolahraga? Atau lebih baik diminum ketika perut kosong?

Semuanya mulai membingungkan ketika membicarakan mengenai waktu terbaik untuk minum jus. Namun jangan khawatir! Berikut akan kami bahas mengenai kapan sebaiknya Anda minum jus untuk mendapat manfaatnya secara optimal.

Waktu terbaik untuk minum jus adalah di pagi hari—saat perut kosong.

Ini adalah fakta yang sudah diterima secara luas, tetapi tahukah Anda akan alasannya? Nutrisi dalam jus cepat diserap tubuh ketika Anda minum jus saat perut kosong di pagi hari. Jika Anda menikmati jus dengan makanan, proses ini memakan waktu lebih lama dan beberapa nutrisi mungkin tidak sepenuhnya diserap. Makanlah sarapan Anda kira-kira setengah jam sesudah Anda minum jus.

Jika Anda seorang peminum kopi, pastikan Anda minum jus Anda setidaknya satu jam sebelum atau setelah kopi Anda, karena keasaman kopi akan membatalkan efek alkali jus. Namun idealnya, Anda harus mencoba mengganti kopi sepenuhnya dengan jus segar, yang dapat memberikan energi yang sama.

Secara umum, yang terbaik adalah minum jus buah di paruh pertama hari, karena hal ini akan memberikan karbohidrat kompleks yang memberi Anda energi. Makanan dengan karbohidrat kompleks mengubah glukosa menjadi energi secara perlahan, memberi Anda pasokan energi yang konsisten sepanjang hari. Untuk paruh kedua hari itu, minumlah jus sayuran hijau atau jus buah dan sayuran yang dicampur.

Perlu diingat bahwa jus tidak dimaksudkan sebagai pengganti makanan dan hanya sebagai bonus tambahan untuk merawat dan menjaga kesehatan tubuh Anda. Tentu saja, manfaat jus akan tetap berlaku tidak peduli kapan Anda meminumnya, namun pagi hari adalah waktu terbaik untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Jika Anda harus minum jus dengan makanan, minumlah dengan salad hijau atau hidangan sayuran mentah sebagai makanannya.

Buah-buahan dicerna dalam tubuh Anda dengan sangat cepat. Jika Anda memadukan jus buah dengan makanan berat, yang terjadi adalah mereka mencerna pada waktu yang berbeda. Ini dapat menyebabkan refluks asam atau gangguan pencernaan. Namun, buah dan sayuran umumnya bekerja bersama dengan baik. Jadi, jika Anda lebih suka minum jus dengan makanan, pasangkan dengan salad sayuran hijau atau hidangan sayuran mentah sederhana. Ini mengaktifkan efek alkali optimal pada jus.

Jus sangat baik diminum sebelum dan sesudah berolahraga.

Ada mitos umum di luar sana bahwa Anda tidak boleh makan sebelum berolahraga. Hal ini berasal dari keyakinan bahwa tubuh Anda akan memanfaatkan cadangan lemaknya jika tidak ada makanan yang tersedia untuk dibakar terlebih dahulu, dan dengan melakukannya Anda akan menurunkan berat badan lebih cepat dan membakar lebih banyak kalori.

Namun kenyataannya, tubuh Anda membutuhkan bahan bakar untuk menyediakan energi untuk kegiatan olahraga Anda. Minum jus bisa menjadi cara cepat dan mudah untuk mendapatkan bahan bakar penambah energi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk latihan yang efektif. Minum jus juga memberi Anda nutrisi untuk menjaga stamina dan daya tahan Anda.

Tentu saja minum setelah berolahraga juga sama pentingnya dengan minuman sebelum berolahraga. Setelah berolahraga, Anda telah menghabiskan tingkat elektrolit dan glikogen (simpanan gula) Anda dan memerlukan penggantinya. Sebagian besar atlet biasanya meraih minuman olahraga atau mengisi perut dengan makanan berlemak, tetapi pilihan terbaik adalah segelas jus segar.

Tidak hanya akan memberi Anda energi dengan segera, tetapi itu akan mengisi kembali nutrisi yang hilang selama aktivitas berat sehingga saat ini ada dalam daftar waktu terbaik untuk minum jus. Jus juga mengandung karbohidrat, elektrolit, dan asam amino, yang membantu otot Anda pulih setelah berolahraga.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *