Ayo Sama-Sama Mengenali 5 Imunisasi Wajib

800px-Baby_(4396868797)

Better safe than sorry adalah ucapan yang pas banget di pakai untuk menjelaskan kenapa harus mengasih imunisasi ke anak-anak kita. Dengan imunisasi, anak-anak akan terlindung dari penyakit-penyakit yang bisa menyebabkan kecacatan atau mungkin juga kematian.

Di Indonesia, ada lima imunisasi wajib yang harus di berikan ke setiap bayi sesuai dengan jadwal. Yuk, sama-sama belajar mengenali 5 imunisasi ini dan apa saja manfaat-manfaat nya.

1. Imunisasi BCG adalah vaksin yang melindungi anak dari penyakit tuberculosis (TBC). Di berikan dengan cara suntikan pas masih bayi dan tidak usah di ulang karna dia akan efektif untuk seumur hidup. Di Indonesia resiko sakit TBC itu termasuk tinggi, jadi kita benar harus waspada melawannya.

2. Imunisasi Polio diberikan melalui mulut. Fungsinya untuk melindungi anak dari penyakit polio yang bisa menyebabkan kecacatan  Рpaling umumnya kecacatan kaki.

3. Imunisasi DTP mencegah tiga penyakit yang bisa menyerang pernafasan dan otot: defteri, tetanus dan petrusis. Imunisasi ini bahaya kalau di berikan kepada anak yang punya kondisi elepsi jadi harus inget cek sama dokter anak yah.

4. Imunisasi Campak itu diberikan minimal dua kali. Seperti namanya, imunisasi ini mencegah penyakit campak yang bisa menyebabkan ketulian dan ada juga resiko kematian.

5. Imunisasi Hepatitis B itu melindungi anak dari penyakit hepatitis B yang menyerang hati. Bila mendapatkan penyakit ini saat dewasa, penyakit ini bisa menyebabkan kanker hati.

Selain lima ini, ada juga suntikan yang di rekomendasi juga, tapi lima ini memang di wajibkan karena mereka melindungi anak-anak dari penyakit yang bukan cuma bisa fatal tapi juga mempunyai resiko yang tinggi di Indonesia.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *