Dengan Mengerti Arti Warna Sayur, Anda Bisa Mengerti Gizi!

You need to eat your greens adalah kata-kata yang sering didengar di bahasa Inggris. Tapi apakah anda pernah berhenti untuk memikir: kenapa yang hijau? Padahal sayur berada dalam banyak warna: oranye, merah, ungu. Apakah ini cuma kata-kata yang di pakai karena memang sayuran adalah tanaman?

Sebenarnya tidak.

Setiap sayuran itu mempunyai warna yang berbeda-beda karena gizi yang dikandung oleh mereka pun berbeda-beda.

Berikut adalah arti warna-warna sayur dan buah-buahan!

green veggies
HIJAU
si klasik ini membantu kita mengontrol kolesterol dan mencegah darah tinggi. Sayur-sayuran berwarna hijau juga memberikan bantuan kepada sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan penyakit.

fruit veggie colour
MERAH
Penuh dengan antioxidant, sayur dan buah-buahan berwarna ini, misalnya apel dan tomat, bukan hanya membantu menguatkan hati kita, tapi juga bisa membantu mencegah kanker!

purple food
BIRU/UNGU
seperti temannya yang berwarna merah, sayuran dan buah-buahan berwarna ini bagus untuk hati kita! Di kategori ini ada terong dan blueberry, dan mereka juga bisa membantu melindungi cell-cell kita.

wortel
ORANYE/KUNING
seperti wortel dan mangga penuh dengan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata! Mereka juga mengandung kalsium yang bagus untuk tulang dan pertumbuhan!

mushrooms-756406_1280
PUTIH/COKLAT
seperti jamur dan pisang mempunyai fungsi anti-bakteri dan anti-virus yang bisa membantu tubuh kita membasmi virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit.

Apakah anda di rumah ingat untuk makan seluruh warna pelangi buah-buahan dan sayur bersama anak anda pada hari ini?

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

1 Comment

  1. waaah, saya pernah di suatu waktu memikirkan ini.. “sayuran hijau katanya sehat, kalo warna selain hijau gimana?” makasih sudah nambah wawasan saya ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *