4 Tips Untuk Membantu Anak Anda Makan Lebih Rapi!

messy baby
Minggu lalu kami memberikan anda 5 alasan untuk membiarkan anak anda makan dengan berantakan. Menurut para ahli, anak yang makan dengan berantakan itu normal sampai dengan umur 3 tahun.

Tapi bagaimana kalau dia sudah lebih tua dari itu? Apakah ada hal-hal yang kita bisa lakukan untuk membantunya belajar makan dengan rapi?

Tentu saja ada! Dan seperti kami janjikan minggu lalu, artikel minggu ini akan memberikan anda beberapa tips yang anda bisa gunakan pada waktu-waktu makan si kecil!

1. Berikanlah anak anda sendok dan mangkok yang cocok untuknya
Sendok, garpu dan mangkok yang dibuat spesial untuk anak-anak akan membantu para balita yang masih belajar cara makan untuk bisa makan lebih rapi. Ada beberapa model yang berbeda-beda dan mungkin anda harus mencoba beberapa sebelum anda ketemu satu set yang cocok untuk kebutuhan anak anda.

2. Berikanlah dia makanan yang mudah dimakan!
Misalnya makanan yang bisa dimakan dengan jari seperti Chicken Nuggets dan potongan kecil buah-buahan, atau pun makanan yang lebih tebal dan mudah di ambil dengan garpu dan sendok, misalnya spaghetti dan tuna mayo!

3. Jangan berikan dia porsi besar
Walaupun anak anda adalah tipe yang makan banyak! Kebanyakan makanan di atas piring atau di mangkok juga kelihatan berantakan untuknya dan bisa membuat si anak yang baru belajar lebih bingung. Berikanlah dia porsi yang kecil dan siapkan tambahan kalau dia masih lapar.

Selain itu, membiarkan anak bilang bahwa dia sudah kenyang itu jua penting untuk mengiatkan gaya makan yang sehat lho!

4. Cobalah memberikan anak waktu istirahat waktu makan
Jika si anak mulai main-main dan berantakan, ambilah piring darinya dan berikan dia waktu untuk istirahat dari makan. Kalau dia masih lapar, tunggu dia tenang dulu baru kembalikan piring kepadanya. Kalau dia sudah kenyang, biarkan saja anak pergi main dan jangan memaksanya makan lebih banyak dari yang dia bisa dan mau.

 

 

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *