5 Alasan Untuk Membiarkan Si Kecil Main Dengan Makanan!

messy eaterUntuk orang tua, jam-jam makan bersama anak balita bisa menjadi waktu yang penuh stress – maklum sih maklum ya, tapi kita sudah mulai cape melihat meja, baju dan pipi kotor dengan makanan berantakan yang harus kita bersihkan.

Tapi semangatlah dan sabarlah! Karena sebenarnya, makan dengan berantakan itu adalah hal yang bagus untuk anak kecil yang masih belajar tentang dunia sekitarnya.

Berikut adalah beberapa alasannya:

1. Belajar Makan Sendiri
Ini kelihatan seperti hal yang obvious sekali tapi mungkin kadang-kadang terlupakan. Anak-anak yang makan berantakan ini sedang belajar untuk makan seperti orang dewasa sekitarnya, dan walaupun makan-makan itu adalah hal yang natural untuk kita orang dewasa, ini adalah hal baru untuk bayi anda. Dan saat belajar pasti ada salah-salahnya! Kalau anda malah menyuapinya anda malah bisa menghilangkan waktu belajar yang penting pada anak-anak!

2. Mengeluarkan makanan itu normal
Para orang dewasa mengerti bahwa mengeluarkan makanan dari mulut itu tidak sopan. Tapi sebenarnya pada bayi ini adalah proses normal: dengan mencicipi dan mengeluari makanan yang dia tidak sukai, si kecil belajar tentang seleranya sendiri dan juga mulai mengerti makanan-makanan yang bisa membuatnya merasa mual.

3. Membantunya belajar bahasa
Menurut penilitian di University of Iowa, anak-anak yang bermain dengan makanannya bisa belajar kata-kata yang berkaitan dengan makanan itu lebih cepat! Ini karena mereka merasa lebih mengerti barang yang dilihatnya itu apa saja.

4. Membersihkan anak waktu dia makan adalah hal yang tidak nyaman untuknya
Para ahli justru mengrekomendasikan untuk membersihkan anak setelah makan! Ini karena dengan ngelap mukanya setiap dia mencoba makan, si kecil bisa merasa seperti dia melakukan salah dan tidak di dukung dengan proses belajarnya. Anda juga mengambil waktu makan dari seorang balita yang lapar!

Ada pengecualian sih – misalnya, kalau ada saus yang dekat matanya.

5. Permainan itu kreatif!
Seorang anak yang bermain dengan makanan itu mungkin hanya ingin mencoba-coba hal baru – sensasi baru, rasa baru, bentuk baru. Dengan menghentikan nya, anda bisa dengan tidak sengaja terasa seperti tidak mendukung gaya pikir kreatif dan daya keingin tahuan anak anda.

Menurut seorang ahli, Dr. Chung, anak-anak yang makan berantakan sampai umur 3 tahun pun adalah hal yang normal. Tapi bagaimana kalau dia masih berantakan pas berumut 4 tahun? Kami di Ryan Collection akan membahasnya minggu depan!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmailby feather

Foto Anak-Anak Bermain Musik!

Apakah anak anda senang bermain musik? Melihat sosok si kecil bermain musik favoritnya adalah waktu-waktu yang menjadi kenangan indah untuk para orang tua!

Gambar-gambar berikut membuktikan bahwa kenangan yang indah ini bisa di simpan dalam bentuk foto! Memang, musik itu adalah salah satu hal yang membuat hidup kita lebih menarik!

1. Seorang bayi pun bisa mencintai musik!baby music

Continue reading →

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmailby feather

Apakah Seorang Bayi Mengerti Bedanya Skype dan TV?

kids skype

Untuk kita orang dewasa, teknologi telah membuat komunikasi sama siapapun, di manapun, sangat mudah. Kita bisa bicara dengan teman dan keluarga yang berada di luar kota atau luar negeri dengan mudah melalui aplikasi seperti Whatsapp dan Skype.

Tapi bagaimana dengan bayi kita?

Kalau para kakek dan nenek yang tinggal di luar kota ingin melihat cucu manisnya mereka bisa melihatnya lewat video chat dengan aplikasi seperti Skype. Tapi masalahnya apakah si kecil mengerti bahwa dia sedang melihat dan bicara kepada anggota keluarga yang mencintainya ataukah dia merasa bahwa video chat itu sama saja seperti program TV?

Kita merasa mungkin dia kurang mengerti. Namanya juga seorang bayi – dan program TV anak-anak seperti Sesame Street dan Dora the Explorer kan mencoba untuk mengstimulasikan pembicaraan dengan si anak.

Tapi para kakek-nenek harusnya tenang saja, karena sebenarnya seorang bayi bisa tau beda clip di atas dengan pembicaraan lewat Skype!

Menurut penilitian Elisabeth McClure di Georgetown University, anak sekecil 6 bulan  bisa tau bedanya TV dengan Video Chat. Ini karena seorang bayi memang bisa belajar dengan cepat tentang interaksi orang dewasa kepadanya. Dari ini, anak yang belum bisa bicarapun mengerti kalau seorang dewasa berinteraksi langsung dengan dia atau tidak.

Walaupun program TV anak coba untuk mengstimulasikan ini, ternyata itu tidak cukup untuk menipu otak manusia, walaupun di anak kecil yang masih belum banyak pengalaman! Hebat juga yah, otak manusia itu?

Jadi tidak ada alasan untuk tidak sering Skype sama kakek-nenek nih! Yuk, bersama-sama membangun cinta antara keluarga sejak anak masih kecil. Cinta itu bisa di rasakan dimanapun, dan kapanpun!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmailby feather

Jam Tidur Seorang Anak Sehat!

jam bayi tidur

Kita semua tau bahwa tidur cukup itu penting untuk kesehatan – apa lagi di anak-anak dan balita yang masih berkembang. Tapi tidur cukup bukan berarti tidur banyak. Kebanyakan tidur juga tidak sehat untuk tubuh kecuali kalau lagi sakit.

Hal ini bikin banyak orang tua pasti bingung: berapa jam perhari harus anak saya tidur? Apa dia tidur terlalu sedikit? Terlalu banyak?

Walaupun kebutuhan tidur bisa beda dari anak ke anak, Yayasan Tidur Nasional Amerika Serikat (National Sleep Foundation) membagi hasil penilitian mereka untuk anak-anak dan juga orang dewasa pada tiap tahap hidup.

Kami membuat tabel berikut meringkas hasil penilitian mereka untuk para orang tua!

0-3 BULAN 14 – 17 jam per hari
4-11 BULAN 12 – 15 jam per hari
1-2 TAHUN 11 – 14 jam per hari
3-5 TAHUN 10 – 13 jam per hari
6-13 TAHUN 9 – 11 jam per hari

Apakah anak anda tidur sesuai dengan tabel ini? Walaupun ada variasi dari anak ke anak, kalau anda khawatir tentang si kecil yang terlalu sedikit atau banyak tidur di banding tabel di atas, kami rekomendasi untuk membawa nya ke dokter untuk berjaga-jaga.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmailby feather

Super Cute! 7 Bayi yang mirip banget sama boneka kesayangannya!

Sebagai orang tua, kita pasti sering melihat anak kita memegang boneka kesayangan mereka. Foto-foto dibawah ini memperlihatkan kreatifitas orang tua yang mendandani anak-anak mereka sampai mirip banget dengan boneka kesayangannya. Pas banget untuk mencerahkan hari Senin kita!

1. Wah! Ini orang tuanya kreatif banget kasih baju anak dan bonekanya sama persis! Lucu banget yah!
Baby and Doll
Continue reading →

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmailby feather

Baby for Beginners: Cara Memegang Bayi Anda Yang Benar

Mother Holding a Baby

Semua orang tua baru pasti punya banyak pertanyaan tentang cara mengurus anak mereka. Tapi kita juga bisa merasa malu untuk bertanya karena terasa seperti semua orang lain tau jawabannya.

Adakah kelas yang kita lupa ambil pas di sekolah? Apakah kita aneh karena kita tidak langsung tau?

Tapi anda tidak sendiri.

Section baru kita ini akan membahas topik-topik yang penting buat orang tua baru.

Kita mulai dari awal: bagaimana cara memegang bayi anda!

Ada beberapa cara untuk memegang anak anda dan video di atas memberikan anda beberapa ide.

Tapi yang paling penting adalah untuk memberikan dukungan kepada kepala dan leher dia. Kepala adalah bagian yang paling berat untuk sang bayi dan pada 3 bulan pertama dia tidak akan bisa mendukung nya sendiri.

Cara anda memegang bayi itu tergantung dengan situasi atau prefrensi anda sendiri. Untuk aman, ingat untuk memakai dua tangan dan lengan anda dan juga dada anda untuk dukungan extra.

Ada yang bilang juga bahwa bayi akan merasa lebih nyaman bila dekat dada anda karena dia akan bisa mendengarkan denyut jantung anda, bunyi yang sangat dikenal oleh sang bayi yang baru saja berada di dalam ibu untuk 9 bulan.

Memang sih, kita harus hati-hati untuk pegang bayi karena dia masih kecil dan lemah, tapi anda juga harus ingat untuk relax. Kalau anda merasa berani memegang si kecil, dia juga bisa lebih merasa aman di lengan anda.

Coba-coba saja beberapa posisi yang terdapat dalam video di atas bersama suami atau istri anda untuk menemukan posisi yang paling enak buat anda dan anak!

Apakah anda punya pertanyaan yang anda ingin kami bahas di sini? Tanyalah di comment, atau @-kami di twitter!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmailby feather

9 Tips Untuk Naik Pesawat Bersama Anak

Plane and Kids

Musim liburan ini adalah waktu yang cocok untuk jalan-jalan bersama keluarga. Sebagai orang tua, kita pasti ingin memberikan anak-anak kenang-kenangan masa kecil yang berharga.

Tapi setiap semua orang tau, jalan-jalan bersama anak-anak bisa juga merepotkan. Apalagi kalau harus naik pesawat.

Beberapa tip supaya anda bisa terbang nyaman bersama anak anda:

1. Berikan anak anda backpack kecil yang bisa di bawa oleh dia sendiri. Tas ini bisa di pakai untuk snack untuk si anak, satu mainan favorit dan kalau ada tempat juga bisa di pakai anda untuk menyimpan kebutuhan childcare seperti botol, tissue dan pampers.

Lebih bagus lagi kalau setiap anak punya snack sendiri di tas, biar tidak berantem saat di pesawat.

2. Anda sendiri bagus nya bawa satu backpack besar dan juga satu tas yang bisa anda bawa di tangan. Ini supaya anda bisa mempunyai tas darurat yang penuh dengan keperluan darurat seperti snak, tissue, obat dan pampers dan juga tas besar yang berisi hal-hal yang bisa anda butuhkan, seperti botol,susu formula atau mungkin juga nursing cover. Kalau anda membawa laptop, taruh lah laptop di bagian backpack yang gampang di ambil.

3. Waktu bawa mainan, jangan bawa mainan yang banyak bagian kecil-kecil atau terpisah-pisah seperti puzzle atau kartu. Bukan hanya tidak banyak tempat untuk main ini, tapi juga karena bagian-bagian nya gampang hilang. Kalau anak punya mainan yang hilang bisa nangis atau marah-marah dan bisa bikin perjalanan anda menjadi tidak menyenangkan.

4. Ingat untuk bawa pampers extra dan sekitar 2-3 pak tissue basah. Kadang-kadang perjalanan bisa tertunda dan anda akan membutuhkan ini untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan anak dan anda sendiri juga.

5. Masukan semua passpor dan dokumen anak anda ke dalam satu tas yang anda pegang. Berikan kepada mereka hanya pada di gerbang imigrasi dan langsung ambil balik pas sudah lewat.

6. Pakai baju yang nyaman dan simple. Ini untuk anak-anak dan anda juga. Jangan pakai boots atau ban pinggang karena hal-hal seperti itu akan harus di lepas pas cek keamanan di bandara. Lebih bagus lagi kalau anda pakai baju yang berkantong: anda bisa masukin paspor, tiket ataupun tissue di dalam kantong anda supaya anda bisa mengambilnya dengan mudah.

7. Biarkanlah anak-anak yang lebih tua main dengan game atau phone mereka kalau anda bersama anak yang lebih kecil. Mereka gak akan kemana-mana dan lebih baik mereka diam main dari pada ngambek-ngambek. Untuk jaga-jaga, ingat untuk bawa mobile bank dan USB charger untuk barang-barang elektronik.

8. Suruh anak-anak ke toilet sebelum naik pesawat walaupun anak-anak bilang gak butuh. Bilangin aja kepada anak-anak entar kalau pas naik mau pipis gak bisa lho.

9. Untuk bayi, ganti pampers sebelum naik pesawat walaupun masih terlihat lumayan bersih. Anda mau merasa yakin bahwa pampers bayi anda aman dan nyaman untuk di pesawat.

 

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmailby feather

Senyum Dan Tawa Bayi

smile

Senyum tawa bayi dan balita selalu menghangatkan hati dan membuat kita yang melihatnya melakukan hal yang sama pula. Tapi apakah anda mengetahui bahwa sebenarnya ada 6 tahap senyum bayi berdasarkan umurnya?

Berikut adalah 6 tahap itu:

1. Dibawah 1 Bulan: Senyuman bayi di tahap pertama ini adalah senyum refleks, bukan lah tanggapan terhadap sesuatu yang mereka rasakan.

2. 6-8 Minggu: Senyuman anak anda di umur ini menandakan bahwa mereka merasa nyaman, misal nya waktu di peluk mama atau papa. Dengan ini, anak anda yang belum bisa mengerti bahasa bisa mulai berkomunikasi dengan anda.

3. 2-3 Bulan: Bayi akan memberikan senyuman kepada orang-orang yang memusatkan perhatian kepadanya.

4. 6 Bulan: Dia akan mulai senyum kepada siapa saja yang melihatnya.

5. 9 Bulan: Mulai tahap ini, bayi anda akan mulai lebih selektif memberikan senyum. Dia akan senyum kepada orang yang sering dilihatnya dan dekat kepadanya.

6. 12 Bulan-2 tahun: Di tahap ini bayi akan tersenyum dan tertawa lepas bila merasa gembira dan melihat hal yang dia pikir lucu, seperti orang dewasa.

Setelah 2 tahun keatas, anak balita biasanya lebih mudah di minta untuk tersenyum apabila sedang berphoto dan balita dapat tertawa terbahak-bahak hanya untuk menarik perhatian orangtuanya.

 

Kami juga punya beberapa tips untuk membuat anak anda senyum dan ketawa:

1. Suara macam-macam binatang – anda bisa menirunya atau pakai mainan yang mengeluarkan suara.

2. Macam-macam mimik muka anda.

3. Cilukba, misalnya dengan menggunakan selimutnya.

4. Pura-pura memakan jari tangan nya.

5. Menggelitik tangan, kaki atau perut.

6. Benda yang melayang-layang di udara. Misalnya: balon , bubble dari busa sabun atau kertas disobek kecil kecil lalu ditebar keatas.

7. Putarkan lagu dan biarkan anak anda       mendengarmusik sambil bermain.

8. Melihat film cartoon yang lucu.

Apakah cara anda untuk membuat anak ketawa? Kasih tau kami di comment!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmailby feather

Chart Berat Badan Untuk Anak

baby-1395004736gDRSalah satu cara yang di pakai dokter untuk cek kesehatan anak anda itu adalah melalui chart tinggi dan berat badan.

Di internet banyak sekali website yang menawarkan ini, jadi sebagai orang tua bisa pusing juga cari yang bisa dijadikan pegangan.

Kita menemukan tabel ini dari World Health Organisation (WHO) buat patokan paling bawah dan paling atas untuk berat badan anak di setiap umur.

WHO adalah organisasi international yang memperlakukan penilitian tentang kesehatan di seluruh dunia, jadi chart mereka itu hasil penelitian terbaru, jadi memang rasanya paling bisa di percaya deh.

Untuk yang mau pakai ini di rumah, ingat semua bayi tidak sama dan walau anak anda tidak mengikuti pola-pola biasa tidak selalu berarti dia tidak sehat dan tidak berkembang dengan benar. Berat dan tinggi badan itu hanyalah salah satu indikasi kesehatan. Melihat perkembangan anak dari tingkah laku itu juga penting.

Informasi lebih detil lagi bisa di temukan di website WHO. Di situs nya juga ada chart tinggi badan, ukuran kepala dan lain lain.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmailby feather