Apakah Anda Sadar 4 Gaya Cara Mendidik Anak Berikut Ini?

shutterstock_231312682

Mendidik anak terkadang dianggap sebagai hal biasa oleh orang tua dan terkadang secara tidak sadar mendidik anaknya mengikuti cara bagaimana mereka dibesarkan oleh orang tua mereka dulunya.

Tetapi sadarkah Anda bahwa cara Anda mendidik anak dapat mempengaruhi perkembangan sifat dan pola pikir anak Anda? Mari kita lihat beberapa gaya mendidik dan pengaruhnya:

1. OTORITER
Cara mendidik ini adalah dengan memberikan aturan-aturan ketat untuk anak dan tidak memberikan kebebasan atau kesempatan untuk bicara.

Biasanya anak yang diasuh dengan cara ini akan menjadi penakut dan tidak memiliki rasa percaya diri. Perlu diperhatikan bahwa beberapa anak juga bisa menjadi agresif karena merasa frustasi.

2. AUTORIATIF
Disini adalah cara mendidik dimana orang tua memberikan aturan dan batasan kepada anak akan tetapi juga memberikan anak kebebasan.

Dapat dikatakan ini adalah gaya mendidik anak yang ideal karena anak mendapat kebebasan untuk mengutarakan pendapat dan biasanya anak yang diasuh dengan cara ini menjadi anak yang terbuka dan positif.

3. MEMANJAKAN
Ada orang tua yang tidak membatasi anaknya sama sekali dan tidak mengajarkan untuk disiplin. Orang tua selalu mendengar perkataan anak dan menuruti semua kemauan mereka.

Anak yang dididik dengan cara ini dapat menjadi kurang pintar bergaul karena terlalu bergantung pada orang tua dan suka menuntut.

4. CUEK
Komunikasi antara orang tua dan anak sangatlah minim jika menggunakan cara ini dalam mendidik anak. Orang tua tidak memberikan aturan namun juga tidak responsif.

Anak yang jarang mendapat perhatian atau dari orang tua dapat menjadi depresi atau berbuat seenaknya karena tidak adanya pengawasan dari orang tua.

Karena setiap keluarga memiliki latar belakang dan gaya hidup berbeda, maka cara mendidik anak yang dijalankan pun berbeda. Akan tetapi kita perlu mengetahui dampak cara mendidik kita terhadap anak. Nah, cara mendidik manakah yang Anda sedang jalankan?

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

4 Cara Untuk Membuat Anak Anda Bisa Nyaman Bicara Dengan Anda

shutterstock_357749162

Kadang-kadang, bicara dengan seorang anak kecil itu sulit. Mungkin kita merasa sebenarnya tidak harus sesulit itu: toh, kita juga dulu pernah jadi anak kecil. Harusnya kita tau cara bicara dengan anak kita sendiri donk?

Tapi justru banyak orang tua bingung mempunyai anak yang tidak bisa bercerita kepadanya, dan bertingkah laku seperti dia tidak mempercayainya.

Bagaimana caranya supaya anak bisa ngobrol dengan nyaman dengan kita? Berikut adalah beberapa tips yang kami temukan:

1. Dengar apa yang anak bilang dulu
“Tapi saya selalu dengarin dia kok!” banyak orang tua akan bilang. Tapi pikir baliklah dan jujurlah kediri sendiri. Apakah Anda pernah langsung tanya-tanya dan tebak-tebak waktu anak Anda lagi mencari kata-kata untuk cerita kepadanya?

Karena ini bisa membuat anak lebih sungkan untuk bicara ke Anda. Dia ingin Anda dengar kepadanya, dan karena masih kecil mereka mungkin masih sulit menemukan kata-kata yang pas untuk cerita mereka. Sabarlah, diam dan dengarlah dia sampai dia selesai ceritanya.

2. Ingatlah apa yang dia bilang
Dunia anak kecil mungkin terasa sangat simple untuk seorang dewasa – tapi cobalah untuk mengingat hal-hal kecil seperti nama teman-teman anak ataupun cerita-cerita dari imajinasi anak.

Kalau dia cerita sambunganya, Anda bisa langsung mengerti dan anak Anda pun tidak akan merasa kesel harus cerita dari awal lagi dan lagi. Juga, dia akan merasa seperti Anda peduli tentang dunia dia dan jadi ingin cerita ke Anda tentang dunianya – semua hal bagus dan jelek yang ada di dalamnya.

3. Jangan berikan nasehat – kalau dia tidak minta nasehat
Kadang-kadang, anak Anda hanya emosi dan ingin cerita. Dia ingin bilang hal yang jelek terjadi, dan dia tidak butuh nasehat. Seorang anak juga ingin bisa merasa bahwa dia besar dan pintar, dan bisa menagani kesusahan dia sendiri.

Jika dia ingin nasehat dari Anda, anak Anda pasti akan tanya kepada Anda.

4. Hati-hati dengan kata-kata Anda
Banyak anak-anak itu sensitif, dan cara Anda memakai kata-kata Anda akan mepengaruh mereka. Ini biasanya hal-hal kecil yang mungkin terasa kecil untuk kita. Misalnya:

“Apa yang jelek tentang itu?” kedengaran seperti ini menyalahkan mereka. Anda bisa menggantinya ini ke “Menurutmu, apa yang paling jelek tentang hal itu?” – kata-kata yang lebih terasa sebagai diskusi.

Semua anak pasti beda-beda, dan mungkin untuk beberapa saat pertama Anda tidak akan menemukan cara yang paling pas untuk bisa bicara dengan anak Anda. Tapi, teruslah mencoba dan teruslah sabar – pasti Anda bisa menemukan cara yang paling efektif untuk keluarga Anda.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

100 Bayi di Satu Ruangan… dan Tidak Satupun Menangis – Kenapa?

shutterstock_347769038(1)

Seorang ibu baru mendengar cerita ini dari seorang missionary – dan ini akan selalu menjadi cerita yang tidak akan pernah dia lupakan: dan, karena dia menulisnya disini, kita juga tidak akan melupakan cerita ini.

Missionary ini bekerja di Uganda – dan, pada satu hari, dia mengunjungi salah satu rumah yatim piatu di negara Afrika ini. Walaupun ia sudah sering ke rumah yatim piatu, tapi kali ini dia melihat hal yang sangat mengejutkan di rumah yatim piatu miskin ini.

Di satu ruangan, dengan seratus bayi di seratus ranjang – tidak ada bunyi apa pun. Hanya ada kesunyian.

Bagaimana ini bisa terjadi? Dengan kaget nya, dia bertanya kepada pekerja di rumah yatim piatu tersebut.

Jawabannya:

“Pertama mereka akan menangis. Tapi, habis seminggu di sini dan terus menangis, mereka akan sadar bahwa tidak ada yang akan datang untuk mereka sekeras apapun mereka menangis, dan dengan itu, mereka akan berhenti menangis.”

Bayi menangis malam-malam itu mungkin membuat kita stress dan capek, apa lagi pas malam saat istirahat. Tapi cerita ini mengingatkan bahwa bayi Anda menangis karena dia membutuhkan Anda.

Dan sebagai orang tua, kita pasti ingin si kecil merasa bahwa dia diinginkan dan dicintai.

Tidak semua anak beruntung bisa besar dengan cinta. Tidak semua orang tua beruntung bisa melihat anaknya besar. Untuk kita yang bisa, mari selalu saling memberikan cinta kepada satu sama lain di keluarga, dan selalu berada disana disaat dibutuhkan.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

4 Tempat Bermain di Luar… di Jakarta!

Semua orang yang pernah ke Jakarta pasti tau: mencari kehijauan dan tempat bermain di luar di kota besar ini sangat susah! Di mana yah, kita bisa mengajak anak-anak piknik atau bermain di luar? Ancol? Selain itu ada apa lagi yah?

Ada kok, tempat-tempat bermain di luar yang lain di Jakarta! Kalau anak-anak sudah bosan main di lapangan dekat rumah, coba lah tempat-tempat ini:

1. Taman Menteng
taman1
Untuk keluarga yang sibuk, ada taman ini di Jakarta Pusat! Taman Menteng mempunyai tempat bermain untuk anak-anak, lapangan basket, jogging path dan juga dekat makanan-makanan di dekatnya!
sumber foto

2. Hutan Mangrove, Pantai Indah Kapuk
taman2
Banyak orang tau PIK sebagai daerah restoran-restoran trendy yang sering difoto orang dan di post di Facebook. Tapi apakah Anda tau bahwa PIK juga mempunyai taman alam? Hutan mangrove ini satu-satunya di Jakarta, dan selain jalan-jalan, Anda bisa menyewa canoe. Wah, asik juga yah!
sumber foto

3. Taman Monas
taman3
Kita semua tau Monas, ya itu Monumen Nasional – tapi kapan terakhir kalinya kita kesana? Selain dekat dengan banyak museum dan tempat-tempat budaya, taman ini juga sebenaranya sangat besar, dan pada malam hari, memberikan water dance show  gratis!
sumber foto

4. Scientia Square Park
taman4
Scientia square park ini pas untuk semua yang mempunyai anak aktif! Walau agak jauh dari Jakarta Pusat di Tangerang, taman ini mempunyai banyak aktfitas dan tempat bermain untuk semua umur!
sumber foto

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Kenapa Kreatifitas itu Penting Untuk Anak-Anak?

shutterstock_306072446

Pas anak-anak mulai sekolah, kita semua langsung tau apa yang mereka butuhkan: matematik, IPA – tapi bagaimana dengan seni? Banyak orang tua merasa seni, sastra dan pelajaran-pelajaran kreatif lain tidak begitu penting. Memang kenapa sih, di TK anak-anak di ajari mengambar? Kenapa anak-anak harus belajar seni di sekolah?

Tapi sebenarnya kreatifitas itu hal yang penting untuk masa depan anak Anda. Berikut adalah alasan-alasan nya.

1. Untuk menjadi ilmuwan pun butuh kreatifitas
Supaya bisa mendapatkan jawaban baru ke pertanyaan yang lama, ilmuwan itu harus kreatif. Mempelajari pelajaran seperti musik dan seni, di mana tidak ada jawaban yang benar akan membuat anak lebih senang untuk bereksperimen.

2. Menjadi boss harus kreatif!
Untuk bisa membuat bisnis sendiri, seoarang anak butuh mempunyai ide bagus untuk bisnis baru. Di sini lah kreatifitas akan bermain untuk anak Anda.

3. Hal-hal kreatif bisa melegakan stress
Kita yang orang dewasa pasti tau bahwa kerja itu stress. Dengan adanya hobi kreatif seperti gambar, dansa, musik, anak-anak bisa menangani stress dengan lebih efektif.

4. Untuk sehari-hari
Dengan adanya kreatifitas, seorang anak bisa menangani masalah sehari-hari dengan cara yang baru.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

5 Tradisi Natal Dari Sekeliling Dunia!

natal
Selamat Hari Natal, para pembaca Ryan Collection Blog! Bagaimana anda merayakan Hari Natal tahun ini? Bersama seluruh keluarga besar? Buka-buka kado dan makan-makan bersama?

Setiap keluarga mempunyai tradisi Natal sendiri! Pada Hari Natal ini kami mempunyai satu artikel spesial untuk Anda dan keluarga: 5 tradisi natal menarik dari negara lain!

Apakah Anda menginginkan salah satu dari tradisi berikut datang ke Indonesia?

1. Eropa dan Amerika – Hadiah untuk setiap hari Desember?!
advent-calendar-closeup
Sebenarnya, Advent Calendar ini adalah tradisi Kristen international, tapi sayangnya masih kurang populer di Asia. ‘Kalendar’ ini diberikan kepada anak-anak pada akhir November, dan setiap hari December menuju natal, anak-anak bisa membuka pintu-pintu kecilnya dan mengambil permen, cokelat atau hadiah kecil lain yang ada didalamnya!

2. Venezuela – Roller Skating ke Gereja?!
Di Caracas, Ibu Kota negara Venezuela, semua jalanan di tutup pas malam natal supaya semua orang bisa roller skate ke gereja! Ini pasti aktifitas yang fun banget untuk seluruh keluarga di sana!

3. Ireland – Bir untuk Santa?!
Mungkin Anda tau tentang tradisi Eropa untuk meninggalkan biscuit dan susu untuk Sinter Klas yang bekerja keras untuk memberikan hadiah kepada semua anak-anak baik di dunia pada malam natal. Tapi apakah anda tau, Ireland tidak memberikan Santa susu dan malah menyajikan Bir Guiness!

4. Mexico – Waktunya menjahili teman?!
Di Mexico, tanggal 28 Desember adalah hari untuk mengingat para bayi-bayi lelaki yang dibunuh oleh King Harold waktu dia mencari Yesus, dan mereka merayakannya dengan menjahili orang lain! Trik-trik dan permainan yang lucu dan pasti penuh dengan tawa!

5. Jepang – Makan Ayam KFC?!
Salah satu hal yang paling menyenangkan tentang Natal adalah waktu makan-makan bersama keluarga. Tapi kalau di Jepang, Hari Natal adalah hari untuk bersama teman atau pacar, bersama-sama makan… KFC?

Di Jepang, KFC adalah makanan natal! Sampai harus ngebook meja kalau mau makan di KFC pas hari natal lho! Wah, jangan bilangin ke anak-anak nih – bisa berisik minta makan fast food pas lagi pesta!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Bathtime! 5 Tips Untuk Waktu Mandi Yang Menyenangkan Untuk Anda dan Anak!

boy-67853_1280
Waktu mandi sebenarnya bisa menjadi waktu yang sangat menyenangkan bagi seorang balita, tapi juga banyak anak yang membencinya dan suka sulit kalau disuruh mandi.

Apakah anda mempunyai masalah ini dengan anak balita anda? Kami mempunyai beberapa tips untuk membantu anda dan anak anda menikmati bath time si kecil bersama!

1. Waktu mandi bisa menjadi waktu bermain!
Anda bisa bermain bersama anak anda saat waktu mandi! Banyak mainan mandi untuk anak-anak dan anda bisa mempunyai koleksi mainan untuknya! Untuk anak-anak yang suka musik, anda bisa menyanyi bersama-sama! Anda juga bisa mengajak nya bicara supaya dia lebih merasa nyaman.

2. Siram sedikit demi sedikit, dan jangan mulai dari kepala
Waktu cuci rambut adalah waktu yang biasanya tidak disukai oleh si kecil – jadi dengan siram sedikit demi sedikit, dari kaki, ke badan dan tangan dan baru akhirnya kepala, anak anda bisa merasa lebih nyaman dengan air.

3. Cek temperatur air dan kamar mandi
Salah satu alasan banyak anak-anak tidak suka mandi itu karena air atau kamar mandi itu terlalu dingin atau panas untuk mereka. Anda harus ingat bahwa seorang balita jauh lebih sensitif kepada temperatur dari pada seorang dewasa.

4. Siapkan handuk dan baju!
Karena mereka lebih sensitif kepada dingin dan panas, seorang balita mungkin bisa jadi tidak mau mandi karena mereka kedinginan setelah mandi! Cobalah keringkan dan bantu mereka pakai baju secepatnya.

5. Mandi dan main bersama saudara!
Kalau anda mempunyai lebih dari satu anak, mandi bersama kakak adik bukan hanya akan mengurangi kerjaan anda, tapi akan bisa menjadi waktu bermain yang fun untuk mereka!

 

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

7 Foto Anak Kecil Mandi Dengan Senangnya!

Habis makan, beraktifitas dan apa lagi kalau kotor setelah bermain, seorang anak harus mandi! Beberapa anak-anak mungkin melihat waktu mandi seperti musuh – waktu yang membosankan! Tapi waktu-waktu mandi juga bisa menjadi waktu yang menyegarkan dan menyenangkan! Lihat saja anak-anak berikut yang bersenang-senang sambil mandi!

1. Enaknya mandi sambil berenang dan main!
baby bathtime

2. Apa saja pasti senang kalau ada saudara
bayi mandi

3. Ya ampun lucunya!
siblings bath

4. Tapi main sama mama pun juga senang yah!
baby bath

5. Waktu mandi bersama ibu itu penuh dengan cinta
balita mandi

6. Kecil-kecil sudah pintar keramas nih
baby mandi

7. Mama, papa! Yuk mandi !
baby bath

 Sumber 1, 2, 3, 4

Kami sekarang mempunyai kategori baru di situs kami: Galeri Foto! Untuk semuanya yang menginginkan kemanisan pada hari Senin ini, check out foto-foto bayi yang lucu di Ryan Collection Blog!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

7 Hal Yang Anda Mungkin Tidak Tau Tentang Kehamilan

hamil
Untuk kebanyakan keluarga, kehamilan itu adalah sesuatu waktu yang ajaib dan penuh dengan kebahagian. Tapi jujur aja deh, waktu-waktu kehamilan itu adalah waktu-waktu yang bisa sangat membingungkan dan juga lumayan stress.

Ada beberapa hal yang orang lain jarang bicarakan soal kehamilan dan apa yang terjadi kepada tubuh mereka. Kami di Ryan Collection Blog akan membahasnya sekarang untuk para ibu yang menantikan anak pertamanya atau para suami-istri yang rencana untuk mempunyai seorang bayi!

1. Ada kemunginan anda jadi berkumis
Yah, bukan kumis seperti Colonel Sanders gitu sih (maaf untuk para ibu yang suka hal itu) tapi karena hormon-hormon di dalam tubuh, rambut badan anda bisa tumbuh dengan cepat – dan bisa juga menjadi kumis halus!

2. Daya cium anda bisa menjadi sangat tajam
Yang ini kedengaran seperti sebuah superpower yang keren! Tapi sebenarnya ini bisa membuat anda cukup stress karena banyak bau-bau di lingkungan anda yang kurang enak bisa membuat anda mual. Beberapa wanita yang hamil juga bisa tau apa yang orang lain makan cuma dari bau pipis. Jadi untuk para ayah: jangan makan yang sang ibu benci pas waktu-waktu kehamilan yah.

3. Konstipasi itu umum di antara ibu hamil
Mungkin anda tau tentang para ibu hamil yang selalu ingin pipis. Tapi apakah anda tau bahwa konstipasi atau sembelit itu juga salah satu efek sisi kehamilan yang umum? Anda bisa menangani masalah ini dengan lebih banyak makan sayur, minum air dan olah raga.

4. Keputihan
Karena badan seorang ibu hamil itu penuh dengan estrogen, pada trimester ke-3 anda bisa menemukan cairan keputihan sedikit di celana dalam anda. Ini adalah hal normal dan janganlah panik.

5. Idaman anda itu mungkin bukan makanan
Beberapa ibu hamil mungkin mengidamkan wangi-wangi daripada makanan. Belakangan kami di Ryan Collection Blog membahas arti 7 idaman yang aneh – mungkin anda mempunyai salah satunya?

6. Anda bisa berjerawatan parah
Again, ini karena hormone. Jerawat anda pada masa-masa hamil bisa jadi lebih parah daripada jerawat anda pada masa-masa remaja. Dan mereka bisa muncul dimana pun! Di muka, di belakang kuping – sampai di dada anda pun! Ada juga beberapa kasus ibu hamil yang mempunyai kulit yang sangat bersih dan sempurna sebelum hamil tapi tiba-tiba menjadi jerawatan setelah hamil.

7. Mulut anda berperilaku aneh
Kemungkinan besar anda tau bahwa di seorang ibu hamil, kadang-kadang tidak menyukai makanan-makanan yang dulu disukai karena makanan-makanan itu tiba-tiba terasa baru dan tidak enak. Tapi cuma bukan itu saja: dari ngorok ke ngiler – anda bisa merasa agak jorok dan tidak  elegant sama sekali dalam waktu kehamilan anda. Jangan khawatir, ini adalah hal yang normal.

Memang kehamilan itu bisa stress – tapi pikirkan saja tentang si kecil yang akan datang! Semangat bertahan!

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

7 Foto Seorang Kakak Menunggu Adiknya Lahir!

Walaupun ada waktu-waktu stresspun, kebanyakan masa hamil adalah waktu-waktu yang gembira untuk para orang tua yang sama-sama menanti anggota keluarga baru. Tapi dengan anak kedua atau ketiga ataupun ke-empat, ada anggota keluarga lain yang segembira para orang tua: seorang kakak yang menanti.

Berikut adalah foto-foto manis seorang kakak yang menanti adiknya yang masih ada di dalam mama mereka. Sudah pada tidak sabar untuk bisa bermain bersama adik baru nya nih!

1. Maaf kak, masih harus nunggu lama!
maternity sibling

Continue reading →

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather